Ukuran Ban Beat dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran ban Beat – Banyak pemilik motor Honda Beat yang ingin memodifikasi ban motor Beat agar tampilannya lebih keren. Namun modiifikasi ukuran ban Beat tidak boleh dilakukan sembarangan, karena perlu disesuaikan dengan standarnya agar tidak mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban Beat? Ukuran ban Beat semua tipe adalah 80/90 – 14 untuk ban depan, dan 90/90 – 14 untuk ban belakang.

Berikut adalah beberapa hal tentang ukuran ban Beat yang akan dibahas pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Honda Beat Semua Tipe
  • Upgrade Ukuran Ban Motor Beat dengan Velg Bawaan
  • Merek Ban Honda Beat yang Bagus
  • Penyebab Ban Motor Honda Beat Rusak
  • Cara Merawat Ban Honda Beat agar Lebih Awet
Advertisements

Ukuran Ban Beat Semua Tipe

Honda Beat memiliki beberapa varian, antara lain Honda Beat, Beat Pop, dan Beat Street. Namun semua motor Honda Beat series baik injeksi (FI) ataupun Beat Karbu memiliki ukuran standar ban yang sama, yaitu 80/90 – 14 untuk ban depan dan 90/90 – 14 untuk ban belakang.

Jika Anda berkeinginan mengganti ban Honda Beat, Anda bias membelinya melalui Shopee. Ada banyak pilihan serta voucher gratis ongkir yang bisa Anda peroleh. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk masuk ke link tokonya.

Upgrade Ukuran Ban Motor Beat dengan Velg Bawaan

Upgrade ukuran ban Beat bisa menjadi pilihan Anda jika ingin mendapatkan tampilan motor yang keren. Namun modifikasi ukuran ban tersebut seringkali harus diikuti dengan perubahan ukuran velgnya.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, karena Anda masih tetap bisa melakukan upgrade ukuran ban Honda Beat menggunakan velg bawaan. Namun ada batasan maksimal ukuran ban agar tidak mempengaruhi kinerja ban tersebut.

Upgrade ukuran ban Honda Beat dengan velg bawaan yang ideal adalah naik satu ukuran dari ukuran awal ban. Sehingga upgrade ukuran ban Beat menjadi 90/80 ring 14 untuk ban depan dan 100/90 –ring 14.

Ukuran upgrade ban tersebut dirasa yang paling cocok, karena ban tidak akan mentok di spakbor motor

Rekomendasi Merk Ban Honda Beat yang Bagus

Jika ingin ganti ban motor Beat, sebaiknya gunakan ban original yang berkualitas bagus. Ada banyak pilihan merk ban Honda Beat yang bisa Anda gunakan untuk motor Anda, antara lain:

Advertisements
  • Aspira Premio Sportivo Tubeless (Rp. 418.000)
  • Aspira Premio Terreno (Rp. 300.000)
  • Michellin Pilot Street (Rp. 335.000)
  • Mmichellin City Grip Pro (Rp. 310.000)
  • Ppirelli Diablo Rosso Sport (Rp. 390.000)

Penyebab Ban Motor Honda Beat Rusak

Sebagai pemilik motor, Anda  perlu mengetahui beberapa hal yang bisa membuat ban motor Anda cepat rusak. Beberapa hal yang menjadi penyebab ban motor Beat cepat rusak antara lain:

  • Ban sepeda motor Beat sudah aus sehingga perlu diganti
  • Penggunaan velg yang tidak sesuai dengan spesifikasi ban
  • Tekanan angin di dalam ban motor Beat tidak stabil
  • Kualitas ban yang dipakai buruk
  • Gaya berkendara yang buruk
  • Motor Beat sering digunakan melewati jalan yang rusak dan tidak rata
  • Velg motor Beat yang sudah aus atau peyang

Tips Merawat Ban Honda Beat agar Lebih Awet

Pengecekan secara rutin perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi ban apakah perlu diganti atau belum. Agar kondisi ban motor Beat lebih tahan lama, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Advertisements

Periksa tekanan ban Beat sebelum digunakan

Anda perlu memeriksa terlebih dahulu ban motor Beat sebelum digunakan. Jika tekanan angin ban kurang, Anda bisa menuju ke bengkel untuk mengisi angin ban. Sebaiknya Anda isi angin ban motor  Beat dengan nitrogen untuk menjaga tekanan angin agar tetap stabil.

Ubah kebiasaan buruk dalam berkendara

Kendarai motor Beat Anda dengan perlahan dan hati – hati. Hal tersebut untuk menghindari motor menghantam lubang atau batu yang ada di jalan. Karena hantaman yang terlalu keras bisa menyebabkan ban rusak bahkan yang paling parah velg Beat pun menjadi peyang.

Selain itu, berkendara dengan hati – hati juga mampu mengurangi resiko rem mendadak. Karena pengeraman mendadak yang dilakukan terlalu sering bisa membuat tapak ban menjadi cepat tipis.

Gunakan ukuran velg dan ban Beat sesuai aturan

Setiap motor memiliki spesifikasi ukuran ban dan velg yang berbeda – beda, begitupun juga motor Beat. Ukuran velg dan ban tersebut sudah disesuaikan dengan desain motor agar setiap komponennya berfungsi dengan normal.

Oleh sebab itu, gunakan velg dan ban dengan ukuran yang sesuai. Jika ingin upgrade ukuran ban Beat, maka konsultasi terlebih dahulu dengan mekanik agar tidak terjadi masalah.

Lakukan servis rutin pada motor Beat

Motor Beat yang jarang diservis bisa menjadi penyebab ban motor bisa cepat rusak. Hal tersebut karean kerusakan ban bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada velg motor ataupun komponen lainnya.

Jika dilakukan servis rutin, kerusakan akan segera terdeteksi dan bisa diatasi sehingga kerusakan yang terjadi belum parah.