Ukuran Ban Ayla dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban AylaBan merupakan salah satu komponen yang penting agar mobil dapat berjalan dengan mudah. Oleh sebab itu, penggunaan ukuran ban Ayla harus tepat demi kenyaman dan keselamatan. Untuk itu, pemilik Ayla perlu mengetahui ukuran ban standar yang dipakai pada mobilnya.

Advertisements

Berapa ukuran ban Ayla? Ukuran ban Ayla adalah 175/65 R-14 82T.

Jika ingin mengetahui informasi secara lengkap tentan ban Daihatsu Ayla, silahkan Anda baca penjelasannya di bawah ini.

  • Ukuran Ban Daihatsu Ayla
  • Modifikasi Ukuran Ban Mobil Ayla
  • Rekomendasi Merk Ban Daihatsu Ayla Terbaik
  • Penyebab Ban Mobil Daihatsu Ayla Rusak
  • Waktu Ganti Ban Mobil Ayla yang Tepat
  • Tips Perawatan Ban Mobil Ayla Agar Lebih Awet

Ukuran Ban Ayla

Ukuran standar ban Daihatsu Ayla adalah 175/65 Ring – 14 82T. Ukuran ban tersebut bisa saja diupgrade menjadi lebih besar namun dengan spesifikasi tertentu.

Anda bisa membeli ban Daihatsu Ayla berbagai macam tipe di Shopee. Ada banyak promo menarik dan juga gratis ongkir untuk pengiriman ke seluruh Indonesia. Anda bisa memilih produknya di toko Shopee melalui link berikut ini.

Advertisements

Modifikasi Ukuran Ban Mobil Ayla

Modifikasi ukuran ban Daihatsu Ayla tidak bisa dilakukan asal – asalan. Karena jika ukurannaya tidak sesuai maka berkendara menjadi tidak nyaman.

Ukuran yang ideal untuk modifikasi ban Ayla adalah 185/60 atau 185/65. Karena jika ukuran dan tinggi ban yang dipakai terlalu tinggi, maka membuat tarikan mobil akan semakin berat. Selain itu mobil akan terasa mudah limbung saat melewati jalan berbelok sehingga kurang nyaman dikendarai.

Namun penggunaan ban yang tinggi juga memiliki kelebihan, yaitu membuat bantingan mobil akan terasa lebih empuk.

Agar berkendara menjadi lebih nyaman, sebaiknya Anda gunakan ukuran modifikasi ban yang sudah disarankan saja.

Rekomendasi Merk Ban Mobil Ayla Terbaik

Ada banyak merk ban aftermarket yang dijual untuk mobil Daihatsu Ayla. Anda tinggal sesuaikan ukuran ban serta budget yang Anda miliki.

Untuk ban standarnya, Daihatsu Ayla menggunakan ban dengan merk Bridgestone Ecopia EP 150 ukuran 175/65 R-14 82T. Ban ini dijual di toko sparepart dengan harga Rp. 900.000.

Ban ini memiliki kelebihan mampu mengurangi resiko tergelincir serta meningkatkan efsiensi dalam penggunaan bahan bakar. Selain itu, daya cengkram yang tinggi membuat pengendalian mobil menggunakan ban ini menjadi lebih mudah meski di kondisi jalan yang basah ataupun kering.

Selain Brodgestone Ecopia EP 150, ada beberapa merk ban untuk Daihatsu Ayla lain yang kualitasnya juga bagus. Merk ban Daihatsu Ayla tersebut antara lain:

Advertisements
  • Hankook Kinergy Eco 2 (Rp. 505.000)
  • Dunlop SP Touring (Rp. 500.000)
  • Dunlop Enasave EC 300 (Rp. 520.000)
  • GT Radial Champiro Ecotec (Rp. 452.000)
  • Achilles (Rp. 465.000)

Penyebab Ban Mobil Daihatsu Ayla Rusak

Sebagai pemilik mobil Ayla, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai agar ban mobil Anda tidak rusak. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan ban mobil Daihatsu Ayla bisa rusak:

  • Permukaan ban sudah mulai aus.
  • Penggunan ukuran ban yang tidak sesuai standar.
  • Tekanan angin ban mobil Ayla tidak stabil.
  • Gaya berkendara yang tidak baik.
  • Mobil Ayla mengangkut beban yang terlalu berat.
  • Velg mobil sudah rusak.
  • Mobil sering digunakan melewati jalan yang rusak.

Waktu Ganti Ban Mobil Ayla yang Tepat

Ban Ayla memiliki jangka waktu pemakaian yang terbatas. Jika ditemukan gejala ban mobil mulai rusak, maka Anda wajib memeriksakan ke bengkel.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk ganti ban mobil Ayla?

Advertisements

Waktu ganti ban mobil  Ayla yang ideal adalah setiap 2 – 3.5 tahun atau setiap jarak tempuh mobil mencapai 40 ribu km.

Anda bisa melakukan pemeriksaan sendiri dengan mengamati perubahan fungsi serta bentuk ban. Jika permukaan ban terlihat halus atau ban terasa goyang saat mobil dikendarai, maka bawalah mobil HRV Anda ke bengkel untuk pemeriksaan yang lebih lanjut.

Tips Perawatan Ban Mobil Ayla Agar Lebih Awet

Pemilik mobil Ayla perlu melakukan beberapa hal untuk menjaga kondisi ban agar lebih awet. Berikut ini beberapa tips untuk merawat ban mobil Ayla.

Lakukan pengecekan ban Ayla secara rutin

Anda bisa mengecek kondisi ban sendiri dengan melihat permukaan ban depan dan belakang. Jika permukaan ban  sudah halus dan terasa tidak nyaman saat digunakan, maka segera bawa ke bengkel untuk mengganti ban yang baru. Jangan lupa gunakan ban original yang kualitasnya baik.

Ubah kebiasaan berkendara yang buruk

Mengendarai motor dengan hati – hati mampu mengurangi resiko mobil Ayla menabrak batu dan lubang di jalan. Selain itu, jangan sering melakukan rem mendadak jika tidak ingin ban mobil Ayla Anda cepat halus.

Gunakan ukuran ban yang sesuai

Mobil Ayla memiliki ukuran standar untuk ban dan velgnya. Ukuran tersebut sudah disesuaikan dengan desain mobil agar kinerjanya lebih maksimal.

Jika ingin mengganti ukuran ban Ayla, Anda perlu konsultasi dulu ke mekanik yang lebih ahli. Jangan sampai ganti ukuran ban tersebut membuat mobil Ayla Anda menjadi tidak stabil dan kurang nyaman saat dikendarai.

Periksa tekanan angin ban Ayla sebelum digunakan

Sebelum digunakan, sebaiknya Anda periksa dulu tekanan angin bannya. Jika dirasa tekanan angin kurang, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel untuk pengisian angin ban. Sebaiknya gunakan nitrogen untuk menjaga tekanan angin ban agar tetap stabil.