Advertisements

Biaya Turun Mesin NMAX dan Penyebab Nya

Turun mesin NMAX – Ada banyak hal yang bisa menyebabkan motor NMAX turun mesin seperti jarang ganti oli ataupun ada komponen yang mulai aus. Turun mesin NMAX membutuhkan biaya ratusan hingga jutaan rupiah tergantung pada jenis kerusakannya.

Berapa biaya turun mesin NMAX? Biaya turun mesin NMAX di bengkel resmi adalah Rp. 150.000 – Rp. 250.000. Sedangkan biaya turun mesin NMAX di bengkel umum adalah Rp. 150.000 – Rp. 200.000. Biaya tersebut belum termasuk harga sparepart NMAX yang harus diganti

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang biaya turun mesin NMAX, silahkan Anda baca pembahasan berikut ini.

Daftar Isi :

  • Biaya Turun Mesin NMAX
  • Penyebab NMAX Turun Mesin
  • Ciri – Ciri Motor Yamaha NMAX Perlu Turun Mesin

Anda bisa membeli berbagai jenis sparepart motor NMAX dengan harga yang murah di Shopee. Selain itu ada juga gratis ongkir untuk setiap pembelian produk sparepart. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke link tokonya.

Advertisements

Biaya Turun Mesin NMAX

Motor Yamaha NMAX yang memiliki masalah seperti mesin terdengar kasar atau bahkan ngebul bisa jadi merupakan ciri motor NMAX harus turun mesin.

Turun mesin NMAX bisa dilakukan di bengkel resmi Yamaha ataupun dengan bengkel umum dengan biaya jasa servis yang berbeda. Berikut ini rincian biaya turun mesin Yamaha NMAX.

Biaya Turun Mesin NMAX di Bengkel Resmi Yamaha

Jenis PerbaikanBiaya
Ongkos servis turun mesinRp. 150.000 – Rp. 250.000
GasketRp. 26.000
Klep InRp. 36.000
Klep OutRp. 61.000
Valve rocker arm asRp. 414.000
Camshaft AssyRp. 260.000
Seal Valve StemRp. 23.500
BearingRp. 19.000
Noken asRp. 200.000
PistonRp. 400.000
Bearing connectingRp. 150.000
Advertisements

Biaya Turun Mesin NMAX di Bengkel Umum

Jenis PerbaikanBiaya
Ongkos servis turun mesinRp. 150.000 – Rp. 200.000
Gasket SetRp. 45.000
Seal klepRp. 23.000
Valve rocker arm asRp. 200.000
Camshaft AssyRp. 200.000
BearingRp. 20.000
Noken asRp. 130.000
PistonRp. 195.000
Ring PistonRp. 75.000
Bearing connectingRp. 150.000

Penyebab Motor NMAX Turun Mesin

Usia motor NMAX akan membuat banyak komponennya mulai aus. Selain itu, penyebab motor NMAX bisa turun mesin adalah karena jarang di servis secara berkala.

Karena biaya yang dibutuhkan untuk turun mesin NMAX tergolong mahal, Anda sebagai pemilik motor NMAX harus menghindari hal – hal yang menyebabkan motor NMAX turun mesin.

Berikut adalah beberapa penyebab motor Yamaha NMAX turun mesin.

Advertisements

Jarang ganti oli mesin

Oli memiliki fungsi penting sebagai pelumasan agar tidak terjadi gesekan yang berlebihan antar komponen mesin. Jika oli mesin jarang diganti, maka gesekan yang terjadi lebih tinggi dan mengakibatkan komponen menjadi cepat aus.

Kerusakan salah satu komponen mesin juga bisa menjadi pemicu kerusakan pada komponen mesin yang lainnya juga. Jika sudah seperti itu, maka motor NMAX bisa mengalami turun mesin.

Oleh sebab itu, ganti oli mesin motor NMAX Anda secara rutin paling tidak 3000 km sekali.

Motor NMAX tidak pernah diservis

Servis rutin pada motor NMAX bertujuan untuk memastikan kondisi mesin dalam keadaan baik. Servis rutin tidak hanya berupa ganti oli saja, namun servis berupa pengecekan seluruh komponen mesin.

Dengan melakukan servis rutin pada motor NMAX, maka komponen yang sudah mulai rusak bisa segera diganti. Sehingga turun mesin Yamaha NMAX tidak perlu dilakukan.

Melakukan modifikasi mesin NMAX yang Tidak Sesuai

Seringkali banyak orang ingin menaikkan tenaga mesin motorNMAX agar lebih besar dengan cara Bore Bp. Bore Up dilakukan dengan memperbesar diameter piston.

Perbesar ukuran piston harus dilakukan sesuai standar. Karen ajika ukuran yang digunakan tidak sesuai bisa membuat kinerja mesin jadi lebih berat, sehingga kemungkinan aus akan semakin tinggi.

Motor sering menerobos banjir

Saat masuk musim penghujan, seringkali terjadi banjir terutama di kota – kota besar. Air banjir tersebut mengandung kotoran yang bisa menyebabkan beret sehingga berbahaya jika sampai masuk ke mesin

Selain itu, air banjir juga bisa menimbulkan karat pada mesin. Akibatnya, mesin akan mogok dan susah hidup.

Perilaku berkendara yang buruk

Kebiasaan berkendara juga bisa mempengaruhi umur mesin motor NMAX. Kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan mesin cepat rusak antara lain penarikan gas yang terlalu keras, sering menggeber motor, serta gaya berkendara yang ugal – ugalan.

Jika Anda masih memiliki kebiasaan buruk dalam berkendara, sebaiknya Anda rubah kebiasaan tersebut agar mesin NMAX tetap lebih awet.

Ciri – Ciri Motor Yamaha NMAX Perlu Turun Mesin

Saat motor NMAX akan turun mesin, motor akan menunjukkan beberapa gejala. Berikut ini adalah ciri – ciri motor NMAX yang perlu turun mesin:

  • Motor NMAX sulit menyala saat distarter.
  • Keluar asap putih dari knalpot.
  • Suara mesin terdengar kasar dan berisik dari biasanya.
  • Performa mesin motor NMAX berkurang.
  • Oli mesin cepat habis.

Jika menemukan ciri – ciri di atas pada motor Anda, maka segera bawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.