Tidak Dapat SMS dari Samsat Jatim Setelah Bayar Pajak Kendaraan? Berikut Solusinya

Advertisements

Tidak Dapat SMS dari Samsat Jatim ~ Halo warga jawa timur, Ketika anda membayar pajak anda di Indomaret atau alfamart atau layanan lain, anda akan mendapatkan SMS dari samsat jatim berisi link download e-STNK, yang bisa anda download dan cetak sendiri.

Namun banyak kasus dimana setelah membayar pajak kendaraan, anda tidak menerima SMS berisi ink e-STNK. Tentu ini akan membuat anda khawatir bukan.

Lalu, apa yang harus dilakukan, berikut ini adalah solusinya :

Pastikan Pajak Kendaraan Sudah lunas dengan Cek Pajak Kendaraan

Setelah anda membayar pajak, anda harus memastikan bahwa pajak kendaraan anda sudah benar-bernar lunas, anda bisa mengecek pajak kendaraan anda melalui aplikasi cek pajak, layanan e-samsat jatim.

Hal ini untuk memastikan bahwa anda telah berhasil membayar pajak melalui indomaret, alfamart, atau layanan lain.

Simpan Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan

Advertisements

Jika anda sudah memastikan bahwa pajak kendaraan sudah terbayarkan, anda harus menyimpan bukti pembayaran anda.

Hal ini adalah karena jika e-STNK tidak dikirimkan, anda masih bisa mencetak ulang TBPKB (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) STNK anda di samsat dengan bukti pembayaran tersebut.

Tunggu SMS 1 x 24 Jam

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah anda harus menunggu SMS dari samsat jatim selama 1 x 24 jam, karena bisa saja SMS masih pending atau masih terjadi masalah di layanan SMS samsat.

Jika dalam waktu 1 x 24 jam anda tidak mendapatkan SMS, anda bisa mengguanakan cara selanjutnya, yaitu mencetak TBPKB anda di Samsat

Cetak STNK TBPKB di Samsat

Jika SMS dari samsat jatim tidak kunjung tiba, anda bisa langsung datang ke samsat terdekat untuk mencetak TBPKB anda di samsat, samsat keliling, atau samsat drive thru.

Syarat yang harus anda bawa antara lain adalah :

  • STNK Asli
  • KTP asli Sesuai STNK
  • Bukti pembayaran pajak kendaraan

Anda bisa langsung ke loket pendaftaran untuk meminta cetak TBPKB STNK.