Takaran Oli Shock Depan Honda CB 150 R Dan Rekomendasi Nya

Takaran Oli Shock Depan CB 150 R – Oli shock memiliki fungsi untuk meredam getaran ketika motor melewati jalan yang tidak rata. Karena ukuran shock depan setiap motor tidaklah sama, maka takaran oli shock yang digunakan juga memiliki takaran yang berbeda.

Advertisements

Lalu berapa takaran oli shock depan CB 150 R? Takaran oli shock depan CB 150 R adalah 180 ml per satu shocknya. Takaran oli shock depan CB 150 R untuk sepasang shocknya adalah 360 ml.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya silahkan baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Takaran Oli Shock Depan Honda CB 150 R
  • Rekomendasi Oli Shock Depan Motor CB 150 R
  • Permasalahan yang Diakibatkan Oli Shock Depan Motor CB 150 R
  • Waktu Ganti Oli Shock Depan Honda CB 150 R
Advertisements

Takaran Oli Shock Depan Honda CB 150 R

Motor yang memliki kapasitas 149,2 cc ini membutuhkan oli shock yang lebih banyak jika dibandingkan dengan motor Honda lainnya.

Takaran oli shock depan motor CB150R adalah 180 ml untuk satu buah shocknya. Jadi untuk satu pasang shock depan CB150R membutuhkan oli shock sebanyak 360 ml.

Penggunaan oli shock pada CB 150 R harus dengan takaran yang pas. Jika tidak akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Rekomendasi Oli Shock Depan Motor CB 150 R

Berikut adalah beberapa rekomendasi merk oli shock yang cocok untuk motor CB 150 R:

  • Genuin oil shock AHM (Rp. 30.000)
  • Aspira Shock Absorber Oil (Rp. 12.000)
  • Top 1 Fork Oil (Rp. 17.000)
  • Petro Shock Absorber Oil (Rp. 7.000)
  • Pikoli Shock Absorber Oil (Rp. 10.000)

Oli shock di atas memiliki volume yang berbeda – beda setiap botolnya. Oleh sebab itu, silahkan beli dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan CB 150 R.

Jika Anda ingin membeli oli shock depan motor CB 150 R, Anda dapat mengunjungi toko otomotif terpercaya di Shopee. Buat pesanan Anda dan dapatkan gratis ongkir melalui tombol berikut ini.

Advertisements

Permasalahan yang Diakibatkan Oli Shock Depan Motor CB 150 R

Penggunaan oli shock yang tidak tepat bisa menimbulkan masalah pada motor Anda. Jika masalah tersebut dibiarkan maka bisa menyebabkan komponen pada motor rusak, sehingga akan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

Berikut adalah beberapa masalah yang sering ditemui pada oli shock depan motor CB 150 R:

Oli shock depan bocor

Oli shock depan juga bisa mengalami kebocoran yang diakibatkan oleh seal oli yang rusak. Biasanya banyak kotoran atau debu yang menempel di seal, sehingga lama – lama akan sobek dan oli shock pun jadi merembes keluar.

Oleh sebab itu, pastikan agar area shock depan selalu bersih dan tidak ada kotoran. Segera cari penyebab oli shock tersebut bocor agar bisa segera diperbaiki. Karena oli shock yang bocor bisa menyebabkan rem cakram blong.

Suspensi motor terlalu keras

Ada juga permasalahan lain yang sering ditemukan adalah suspensi yang terlalu keras setelah penggantian oli shock. Hal tersebut bisa disebabkan karena volume oli shock yang terlalu tinggi atau oli shock yang digunakan terlalu kental.

Oleh sebab itu, pengisian oli shock depan CB 150 R harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Motor sulit dikendalikan akibat takaran oli yang tidak seimbang

Salah satu komponen shock depan yang paling rawan mengalami kerusakan adalah seal shock. Jika seal shock sudah aus dan tidak segera diganti bisa menyebabkan oli shock bocor.

Kebocoran oli shock tersebut membuat oli merembes keluar, sehingga takaran oli yang ada di dalam shock akan berkurang.

Hal tersebut tentunya sangat berbahaya karena akan mempengaruhi keseimbangan motor, terutama pada saat melewati jalan yang menikung. Motor bisa saja sulit dikendalikan dan resiko jatuh pun jadi lebih besar

Untuk itu, oli shock yang bocor harus segera diisi ulang. Caranya adalah dengan mengganti oli shock baru dengan takaran sesuai standar motor CB 150 R.

Waktu Ganti Oli Shock Depan Honda CB 150 R

Advertisements

Setiap komponen pada motor memiliki masa pemakaian dalam jangka waktu tertentu. Begitupun dengan oli shock depan.

Lalu berapa lama oli shock depan harus diganti? Idealnya, oli shock depan dilakukan penggantian selama 2 tahun sekali, atau setiap jarak tempuh mencapai 20.000 km.

Jika ingin lebih baik, ganti oli shock depan juga bisa dilakukan setiap setahun sekali terutama untuk motor CB 150 R yang sering digunakan untuk berpergian jauh.

Karena oli shock yang tidak diganti dalam waktu yang lama bisa berubah menjadi hitam dan kapasitasnya akan menurun, sehingga kinerja shock tidak akan maksimal.