Resiko Membeli Kendaraan STNK Only dan Cara Menghindari Nya

STNK Only – STNK adalah salah satu syarat dokumen kendaraan baik itu mobil atau motor, yang memiliki kekuatan hukum dan harus dimiliki oleh pemilik kendaraan.

Advertisements

Bagi Anda yang mencari informasi mengenai resiko membeli motor/mobil STNK only, Silahkan untuk menyimak artikel berikut.

Apa itu STNK only?

STNK only adalah penyebutan untuk motor bekas yang hanya memiliki STNK saja sebagai pelengkap identitas motornya. Motor STNK only juga sering disebut motor gelap.

Jika Anda ingin mengetahui data kendaraan yang tertera di surat kendaraan sesuai dengan data yang terdaftar di samsat yang terkait, Anda dapat mengecek melalui Aplikasi Cek Pajak.

Advertisements

Daftar Isi:

  • Resiko Beli Kendaraan STNK Only
  • Cara Membeli Motor Second
  • Pengertian STNK Only
  • Asal Mula Kendaraan STNK Only

Resiko Beli Kendaraan STNK Only

Berikut ini adalah resiko beli kendaraan STNK only, yaitu:

  • Melanggar UU pada KUHP
  • Kondisi unit kendaraan STNK only kadang tidak sesuai dengan body luarnya
  • Dapat dikenakan hukuman penjara
  • Rasa tidak nyaman saat berkendara menggunakan kendaraan STNK only
  • Rawan terkena tilang atau razia
  • Resiko mendapatkan kendaraan curian
  • Rawan terkena jebakan penjual motor bodong
  • Rawan mendapatkan motor STNK palsu
  • Transaksi kendaraan STNK only lawan terkena penipuan
  • Rawan jadi korban pemerasan
  • Rawan diambil pihak leasing
Advertisements

Cara Menghindari Kendaraan STNK Only

Berikut ini adalah cara membeli kendarana second secara aman, yaitu:

  1. Carilah Informasi Mengenai Penjual Kendaran Second yang Diinginkan

    Pertama Anda harus memiliki informasi penjual kendaran second yang terpercaya. Untuk lebih amannya, Anda bisa membeli kendaran second melalui penjual yang sudah memiliki dealer fisik.
    Usahakan meminimalisir membeli kendaraan second melalui aplikasi jika belum yakin sepenuhnya.

  2. Datanglah Ke Penjual Kendaraan Second

    Selanjutnya Anda bisa datang ke dealer ataupun orang yang menjual kendaraan yang diinginkan. Cek kondisi kendaraan yang ingin Anda beli.

  3. Pastikan Kondisi Fisik Kendaraan yang Anda Pilih

    Setelah selesai memilih kendaraan yang diinginkan. Anda harus benar-benar mengecek kondisi fisik dari kendaraan tersebut.
    Periksalah kondisi luar kendaraan, mesin kendaraan dan juga ada tidaknya komponen motor yang sudah tidak original atau diganti.

  4. Pastikanlah Surat Berharga dari Kendaraan Tersebut

    Anda juga harus memastikan bahwa kelengkapan dokumen yang Anda miliki sudah benar-benar lengkap dan asli.
    Jangan sampai Anda membeli kendaraan STNK only. Selain itu Anda juga bisa memastikan data pada STNK dan surat lainnya sama dengan data kendaraan yang sebenarnya.

  5. Lakukan Pembayaran Jika Kendaraan Sudah Dipastikan Tidak Bermasalah

    Jika Anda sudah memastikan keabsahaan pada STNK dan BPKB, Anda dapat melanjutka transaksi pembayaran.

  6. Bawalah Pulang Kendaraan Anda

    Begitu selesai dengan pengecekan dan sudah sesuai dengan harga. Anda bisa membawa kendaraan Anda pulang ke rumah.

Advertisements

Keuntungan membeli kendaraan second adalah selain harganya yang cenderung murah, Anda juga bisa memberikan penawaran kepada penjual.

Untuk mengetahui keabsahan (keaslian) data kendaraan pada surat STNK dan BPKB dengan data kendaraan yang terdaftar di samsat, Anda dapat menggunakan Aplikasi Cek Pajak. Aplikasi ini akan memberikan informasi kendaraan sesuai dengan data samsat.

Penting !!! Jika aplikasi cek pajak tidak menampilkan data kendaraan yang sama dengan di surat, jangan melanjutkan transaksi jual beli, karena kemungkinan besar kendaraan tersebut adalah kendaraan bodong.

Informasi Seputar STNK Only

Keberadaan kendaraan STNK only ini sudah cukup lama ada di tengah masyarakat. STNK only adalah penyebutan untuk kendaraan bermotor bekas yang hanya mempunyai STNK saja sebagai dokumen kendaraannya.

Sehingga jika Anda membeli kendaraan STNK only, Anda tidak akan mendapatkan dokumen Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

Baik BPKB atau STNK merupakan surat berharga dari kendaraan tersebut. Jadi jika salah satu diantaranya tidak ada, tentu saja status kendaran second yang Anda beli akan sangat mencurigakan dan mengkhawatirkan.

Asal Mula Kendaraan STNK Only

Kendaraan STNK only akan banyak Anda jumpai jika membeli kendaraan second atau bekas. Namun darimanakah kendaran STNK only ini berasal?

Kendaraan STNK only bisa Anda beli dengan harga murah jauh dari harga pasaran. Kendaraan ini berasal dari orang yang membeli kendaraan dengan mencicil dari leasing atau  lembaga keuangan, yang menunggak pembayaran cicilan.

Sedangkan terdapat beberapa oknum nakal yang akan menjual kendaraan tersebut kepada makelar sehingga dapat ditemui kendaraan STNK only tersebut.