Simpator KALTIM : Info Pajak Kendaraan Kalimantan Timur (2023)

Simpator kaltim kalimantan timur

Simpator Kaltim ~ Bapenda Kalimantan Timur menyediakan layanan e-samsat untuk mempermudah proses bayar dan cek pajak kendaraan bermotor. Simpator Kaltim. Melalui Simpator Kaltim, wajib pajak dapat mengetahui info tagihan pajak kendaraan Samarinda, Balikpapan, dan daerah lainnya di Kalimantan Timur secara online.

Apa itu layanan Simpator Kaltim? Simpator Kaltim adalah inovasi layanan e-samsat yang disediakan oleh Dinas Pendapatan Kalimantan Timur untuk cek pajak kendaraan bermotor dan mendapatkan kode bayar.

Layanan Simpator Kaltim dapat diakses dalam bentuk apk. Jika Anda ingin mencobanya, silahkan tekan tombol download di bawah ini.

Pada artikel Simpator Kaltim, kami akan membahas cara cek PKB Kalimantan Timur melalui Simpator, serta cara bayar pajak kendaraan tahunan secara online.

Daftar Isi :

Info Layanan Simpator Kalimantan Timur

Cek pajak kendaraan yang terdaftar di Samsat Provinsi Kalimantan Timur online melalui Simpator hanya memerlukan nomor plat kendaraan. Melalui website Simpator Kaltim, Anda akan memperoleh informasi seputar pajak dan pemilik kendaraan bermotor, seperti :

  • Nama dan alamat pemilik kendaraan
  • Tarif PKB
  • SWDKLLJ
  • Sanksi administrasi (denda pajak pokok dan denda SWDKLLJ)
  • PNBP plat kendaraan dan STNK
  • Kode bayar PKB tahunan, dsb.

Bagi Anda yang ingin mengakses Simpator Kaltim melalui handphone dalam bentuk aplikasi, silahkan download dan install Aplikasi Cek Pajak Kaltim berikut.

Pada Aplikasi Cek Pajak Kaltim terdapat menu Cek Pajak Kendaraan yang terhubung secara langsung dengan beberapa layanan e-samsat daerah. Namun, untuk cek pajak kendaraan asal Kaltim, silahkan pilih menu Cek Pajak Kendaraan > Kalimantan Timur.

Cara Cek Pajak Kendaraan Kaltim Via Simpator

Sebelum cek pajak kendaraan bermotor online melalui Simpator, pastikan Anda memiliki nomor plat kendaraan yang terdaftar di wilayah Kalimantan Timur.

Di bawah ini merupakan cara cek pajak kendaraan bermotor Kaltim melalui Simpator.

1. Silahkan tekan tombol Cek Pajak Kendaraan Kaltim

Untuk dapat cek pajak kendaraan Kaltim via Simpator, silahkan tekan tombol di bawah ini yang telah terhubung dengan layanan e-samsat Kaltim.

2. Masukkan nomor plat KT dan klik Proses

Layanan Simpator Kaltim hanya dapat digunakan untuk cek pajak kendaraan yang terdaftar di Samsat Provinsi Kalimantan Timur. Oleh karena itu, masukkan nomor plat kendaraan KT.

cek pajak kaltim
Masukkan Nomor Plat Kendaraan Kalimantan Timur

3. Baca detail informasi pajak dan data kendaraan lainnya

Melalui Simpator, wajib pajak akan mengetahui info jumlah pajak kendaraan, nama dan alamat pemilik, masa berlaku pajak, nomor rangka, nomor mesin, dsb, seperti gambar berikut.

cek pemilik kendaraan bermotor
Identitas Kendaraan
cek pajak motor kalimantan timur
Informasi Tarif Pajak Kendaraan Bermotor

Apabila kode bayar pajak kendaraan di layanan Simpator tidak muncul, ada kemungkinan belum memasuki waktu pembayaran pajak kendaraan bermotor atau harus melakukan ganti plat. Namun, untuk memastikan tersebut lihat masa berlaku STNK dan pajak kendaraan bermotor.

Bantuan Pelayanan Simpator Kalimantan Timur

Apabila anda mengalami kesulitan dalam pengecekan pajak kendaraan via Simpator atau proses pembayaran pajak Kaltim, silahkan hubungi Badan Pendapatan Provinsi Kalimantan Timur via telepon (0541)734969.

Jika data kendaraan Anda tidak muncul pada layanan Simpator terdapat kemungkinan, kendaraan telah diblokir atau nomor plat telah berubah. Oleh karena itu, untuk memastikannya, silahkan kunjungi pelayanan samsat terdekat.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Online Kaltim

Pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di Kalimantan Timur dapat dilakukan secara online, melalui layanan e-samsat bank dan e-commerce, seperti Bank Kaltim, BNI, Mandiri, Tokopedia, dan sebagainya.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Kaltim Melalui ATM Bank Kaltim

Berikut ini merupakan cara bayar pajak kendaraan tahunan melalui ATM Bank Kaltim.

  1. Pilih Layanan Umum
  2. Pilih Pembayaran Samsat
  3. Masukan “kode wilayah” (daftar kode wilayah tersedia pada menu ATM) + “kode bayar” (4 digit angka nopol dan huruf sesuai konversi)
  4. Selanjutnya, akan muncul tagihan pajak kendaraan
  5. Pilih Lanjutkan Pembayaran
  6. Transaksi berhasil
  7. Simpan bukti pembayaran pajak kendaraan Kaltim

Keterangan : Untuk kode bayar yang terdiri dari 4 digit angka dan konversi kode huruf belakang plat kendaraan Kaltim, dapat dicek melalui Simpator. Jika ingin mengonversi sendiri, lihat gambar di bawah ini.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Kaltim Via Tokopedia

Apabila Anda menggunakan Tokopedia, maka Anda hanya akan mendapatkan kode bayar dan untuk proses pembayaran melalui Gopay, transfer bank, atau kasir Indomaret.

Berikut ini cara bayar pajak kendaraan Kalimantan Timur Via Tokopedia.

  1. Pastikan Anda memiliki akun Tokopedia
  2. Buka Aplikasi Tokopedia
  3. Pilih E-Samsat
  4. Pilih Samsat Kaltim
  5. Masukkan nomor plat Kalimantan Timur
  6. Klik Cek Tagihan
  7. Baca detail info pajak kendaraan Kaltim
  8. Pilih metode pembayaran
  9. Bayar pajak kendaraan Kaltim sesuai tagihan
  10. Simpan bukti pembayaran pajak kendaraan.

Cara Pengesahan STNK Kalimantan Timur

Setelah melakukan pembayaran pajak kendaraan Kaltim secara online, silahkan lakukan pengesahan STNK di layanan samsat terdekat Kalimantan Timur.

Berikut syarat dan cara pengesahan STNK di Kalimantan Timur.

Syarat Pengesahan STNK di Kalimantan Timur

  • KTP asli
  • STNK dan SKPD asli
  • Bukti pembayaran pajak kendaraan

Cara Pengesahan STNK Setelah Bayar Pajak Kendaraan Kaltim Online

  1. Kunjungi layanan samsat Kaltim terdekat
  2. Silahkan ambil nomor antrian (jika diperlukan)
  3. Berikan berkas persyaratan kepada petugas samsat Kaltim
  4. Petugas akan melakukan pengesahan STNK dan mencetak SKPD baru
  5. Ambil STNK yang telah disahkan dan SKPD baru.

Jika terdapat samsat keliling Kaltim yang sedang beroperasi di sekitar Anda, silahkan lakukan pengesahan STNK melalui layanan tersebut.