Biaya SIM Wonogiri Serta Syarat & Tes Nya

SIM Wonogiri – Ketika mengemudi pastikan Anda telah memiliki kartu SIM sesuai jenis kendaraan bermotor. Namun, jika Anda belum memiliki SIM, silahkan simak artikel berikut untuk mendapatkan informasi mengenai syarat, biaya, serta cara pembuatan SIM Wonogiri.

Advertisements

Biaya penerbitan SIM A Wonogiri adalah Rp. 120.000, sedangkan SIM C senilai Rp. 100.000 per penerbitan. Biaya ini tidak termasuk biaya tes psikologi dan cek kesehatan.

Daftar Isi :

Advertisements

Alamat Satlantas Polres Wonogiri    

Penerbitan SIM baru dan perpanjangan SIM di wilayah Wonogiri dapat dilakukan secara langsung pada pelayanan SIM di Satlantas Polres Wonogiri.

Satlantas Polres Wonogiri berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No. 214, Giritirto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah 57612.

Satlantas Polres Wonogiri lokasinya berada di pinggir jalan raya, berjarak sekitar 92 meter dari lapangan Sukorejo. Apabila Anda ingin memproses pembuatan SIM lebih cepat, sebaiknya Anda datang lebih pagi untuk mendapatkan antrian awal.

Simulasi Tes SIM Wonogiri Online

Dikarenakan pada pembuatan SIM di Satlantas Polres Wonogiri pemohon harus mengikuti ujian teori dan mendapatkan score di atas minimal, maka sebaiknya Anda berlatih mengerjakan soal – soal ujian teori di rumah.

Seiring berkembangnya teknologi, maka semakin mudah menemukan informasi di dunia maya. Untuk mengetahui seperti apa soal ujian teori pembuatan SIM, Anda dapat membuka layanan “SImulasi Tes SIM Online” yang telah kami sediakan di bawah ini.

Advertisements

Pada “Simulasi Tes SIM Online”, Anda akan menemukan contoh soal ujian teori yang dapat Anda gunakan sebagai sarana berlatih sebelum megerjakan ujian teori di Satlantas.

Biaya Penerbitan dan Perpanjang SIM Wonogiri

Di bawah ini tarif biaya penerbitan SIM baru dan memperpanjang SIM Wonogiri.

Biaya Penerbitan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM ARp. 120.000
Penerbitan SIM CRp. 100.000

*Daftar biaya pembuatan dan perpanjang SIM pada tabel tidak termasuk biaya cek kesehatan jasmani dan rohani (tes psikologi).

Biaya Perpanjang SIM

Pada proses perpanjang SIM Wonogiri, biaya perpanjang SIM A dan SIM C berbeda. Biaya perpanjang sim A adalah Rp. 80.000, sedangkan SIM C senilai Rp. 75.000.

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM ARp. 80.000
Penerbitan SIM CRp. 75.000

*Daftar biaya pembuatan dan perpanjang SIM pada tabel tidak termasuk biaya cek kesehatan jasmani dan rohani (tes psikologi).

Syarat Dokumen Penerbitan SIM Baru Wonogiri

Untuk dapat memproses pembuatan SIM aru di Satlantas Polres Kediri, silahkan Anda lengkapi dokumen persyaratan, sebagai berikut.

  • KTP asli & fotokopi
  • Surat Keterangan Sehat Rohani
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani
  • Surat Keterangan Lulus Uji Ketrampilan Mengemudi
  • Bukti Pembayaran Resi BRI
Advertisements

Alur Penerbitan SIM Baru di Satlantas Polres Wonogiri

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan jasmani.

    Dengan melakukan cek kesehatan, Anda akan memperoleh Surat Keterangan Sehat Dokter untuk melengkapi syarat administrasi pembuatan SIM baru. Untuk lokasi cek kesehatan, silahkan Anda bertanya kepada petugas Satlantas.

  2. Lakukan cek kesehatan rohani / ikuti ujian psikologi.

    Untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat Rohani, Anda harus mengikuti tes psikologi terlebih dahulu. Dalam tes psikologi, Anda harus menjawab pertanyaan sesuai kepribadian Anda.

  3. Lakukan pendaftaran di loket pelayanan bagian depan.

    Pada saat melakukan proses pendaftaran, Anda akan mendapatkan formulir yang harus diisi.

  4. Lakukan pembayaran pembuatan SIM di Loket Pembayaran.

    Proses pembayaran pembuatan SIM dilakukan di loket pembayaran. Kemudian Anda akan mendapatkan resi pembayaran BRI.

  5. Kumpulkan berkas persyaratan kepada petugas di Loket Pendaftaran.

    Setelah formulir terisi dan mendapatkan bukti pembayaran, gabungkan dengan dokumen persyaratan lainnya, dan berikan kepada petugas untuk proses entry data ke komputer.

  6. Silahkan masuk ke tempat foto / identifikasi untuk rekam foto, tanda tangan, & sidik jari.

    Apabila proses penginputan data ke komputer dan verifikasi telah selesai, Anda akan diarahkan untuk masuk ke dalam ruang foto.
    Di dalam ruang foto tidak hanya proses pengambilan foto diri, tetapi juga pengambilan tanda tangan, dan sidik jari

  7. Silahkan ikuti ujian teori AVIS.

    Sebelum mengikuti ujian teori, biasanya Anda akan diminta masuk terlebih dahulu ke ruang pencerahan. Saat mengerjakan ujian teori, kerjakan secara sungguh – sungguh, karena waktu yang diberikan cukup sedikit biasanya sekitar 15 menitan.

  8. Selanjutnya, ikuti ujian praktik.

    Apabila pada ujian teori Anda mendapatkan score melebihi batas minimal, maka Anda dapat mengikuti ujian praktik berkendara.
    Pada saat ujian praktik berkendara, Anda harus berkonsentrasi dan tenang agar dapat melewati jalur lintasan yang telah disediakan pihak Satlantas Polres Wonogiri.

  9. Tunggu proses pencetakan SIM baru, ambil SIM baru di loket penyerahan SIM.

    Setelah lulus pada ujian praktik, Anda dapat mengambil SIM baru pada loket penyerahan SIM.

Perpanjangan SIM Wonogiri Via Aplikasi SIM Online

Aplikasi SIM Online merupakan sebuah aplikasi yang telah diluncurkan Korlantas Polri yang dapat melayani proses perpanjangan SIM secara online, sehingga Anda tidak perlu berlama – lama untuk mengantri.

Dengan mengakses aplikasi tersebut, pembayaran perpanjangan SIM dapat dilakukan secara transfer bank, dan SIM baru akan diantar ke alamat Anda menggunakan jasa pengiriman.

Apikasi SIM Online dapat Anda download secara gratis di smartphone dengan menekan tombol “Download” berikut.

Namun, sebelum mengakses Aplikasi SIM Online, silahkan Anda bertanya ke pihak Satlantas Wonogiri apakah telah melayani proses perpanjangan SIM secara online seperti daerah lainnya.