Advertisements

Biaya SIM Tulungagung Serta Syarat & Tes Nya

SIM Tulungagung – Salah satu surat penting yang harus dimiliki bagi setiap pengendara adalah SIM. Cara untuk membuat SIM di Tulungagung adalah dengan memenuhi dokumen persyaratan dan melakukan beberapa ujian pembuatan SIM.

Lalu berapa biaya pembuatan SIM Tulungagung?

Biaya pembuatan SIM C (motor) Tulungagung adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM A (mobil) Tulungagung adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain, seperti biaya asuransi, cek kesehatan, dan juga psikotes.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara, syarat,biaya, & tes SIM online Tulungagung, simak artikel berikut.

Daftar Isi

Advertisements

Lokasi Satpas Polres Tulungagung

Proses pembuatan SIM di Tulungagung dilakukan di Satpas Polres Tulungagung, yang alamatnya ada di Jalan Mayjend Suprapto No.21, Kepatihan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Lokasi Satpas Polres Tulungagung ini tidak satu area dengan Polres Tulungagung, atau lebih tepatnya dari Polres Tulungagung ke timur kurang lebih 230 meter. Anda bisa lihat lokasinya pada maps berikut.

Untuk pelayanan Satpas Polres Tulungagung itu sendiri adalah Senin s.d Sabtu pukul 08.00 – 12.00, namun khusus untuk hari Jum’at pelayanan Satpas hanya sampai jam 11.00.

Jangan lupa untuk melengkapi semua berkas dan juga bawa uang cash agar lebih mudah nantinya.

Untuk fotocopy berkas bisa dilakukan di fotocopyan area Satpas, agar berkas Anda bisa langsung di tata oleh petugas fotocopy sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Satpas. Biaya untuk fotocopy sekaligus map ini adalah Rp.10.000.

Tes SIM Online Tulungagung

Untuk mendapatkan SIM di Tulungagung, akan ada beberapa tes yang harus Anda ikuti, salah satunya adalah tes teori. Tes teori Yang dilaksanakan di Polres berupa soal-soal tentang tata cara berkendara di jalan.

Jika kurang persiapan, Anda bisa gagal pada tahap tes ini dan harus mengulang lagi. Oleh sebab itu, kami sudah menyiapkan simulasi tes SIM yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Melalui simulasi ini, Anda akan mengetahui soal seperti apa nanti yang akan diujikan saat tes teori di Satpas.

Anda bisa klik tombol berikut untuk mulai simulasi tes SIM.

Biaya SIM Tulungagung

Berikut ini adalah tarif buat SIM C dan SIM A baik baru atau perpanjangan yang berlaku di Tulungagung:

Biaya Pembuatan SIM Baru Tulungagung:

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Tulungagung

Biaya perpanjangan SIM motor Tulungagung adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Tulungagung adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Oleh sebab itu, bawalah uang cash yang cukup agar transakasi pembayaran Anda lebih mudah nantinya. Anda bisa tarik tunai dulu di ATM Bank Jatim dan CMB Niaga terdekat sebelum datang ke Satpas.

Syarat Pembuatan SIM Tulungagung

Berikut ini persyaratan untuk membuat SIM Tulungagung:

  • E-KTP asli dan fotocopy (rangkap 2)
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  • Hasil tes psikologi
  • SIM asli (untuk perpanjangan SIM)

Lokasi pelaksanaan tes psikolog ada di selatan Satpas Polres Tulungagung, atau lebih tepatnya di samping parkiran. Biaya tes psikologi ini adalah Rp. 50.000.

Sedangkan untuk tes kesehatan dilakukan di Ruang Kesehatan yang berada di sebelah ruang tes psikolog dengan biaya sebesar Rp. 30.000.

Advertisements

Cara Pembuatan SIM Tulungagung

Jika Anda ingin membuat SIM baru di Satpas Polres Tulungagung, silahkan Anda ikuti langkah di bawah ini:

  1. Datang ke Satpas Polres Tulungagung

    Bawa semua berkas yang sudah lengkap ke Satpas Polres Tulungagung. Datanglah sesuai dengan jam pelayanan Satpas.

  2. Menuju ke Loket Formulir untuk mengambil formulir

    Silahkan Anda menuju ke Loket Formulir yang berada lurus setelah Anda masuk Gedung Satpas. Jika persyaratan lengkap, Anda akan mendapatkan formulir yang harus Anda isi secara lengkap. Setelah selesai diisi, kumpulkan lagi ke Loket Formulir.

  3. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket Pembayaran

    Setelah itu, silahkan Anda melakukan pembayaran PNBP SIM di Loket Pembayaran sesuai dengan nomor antrian yang telah diberikan oleh petugas.

  4. Kumpulkan berkas ke Loket Registrasi

    Setelah itu, kumpulkan berkas Anda ke Loket Regristrasi untuk diinput oleh petugas. Kemudian silahkan Anda tunggu hingga nama Anda dipanggil untuk melakukan proses yang selanjutnya.

  5. Lakukan proses identifikasi di Ruang Identifikasi

    Kemudian, silahkan Anda menuju ke Ruang Identifikasi untuk melaksanakan proses identifikasi. Tahap identifikasi tersebut antara lain pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan juga foto.

  6. Menuju ke Ruang Ujian Teori SIM untuk pelaksanaan ujian teori

    Pertama, Anda menuju ke Loket Ujian Teori dulu untuk daftar. Loket ini berada di samping kiri Ruang Ujian Teori SIM. Setelah daftar, Anda bisa mengikuti ujian teori sesuai dengan panggilan petugas. Jika lulus, Anda akan mendapatkan hasil ujian teori.

  7. Ikuti ujian praktik di Lapangan Satpas

    Setelah itu, bawa berkas Anda ke Loket Ujian Praktik untuk dicek petugas. Kemudian Anda akan diarahkan untuk melaksanakan ujian praktik di lapangan. Jika lulus, Anda bisa melakukan pengambilan SIM. Namun jika gagal, Anda bisa ikut ujian ulang 1 minggu setelahnya.

  8. Menuju Loket BRI untuk pembayaran

    Setelah lulus tes, Anda bisa langsung menuju ke Loket BRI untuk membayar biaya PNBP SIM sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  9. Ambil SIM di Loket Penyerahan SIM

    Bawa bukti pembayaran dari bank dan serahkan ke petugas Loket Penyerahan SIM untuk mengambil SIM Anda yang sudah jaidi.

Aplikasi SIM Online Tulungagung

Sekarang, perpanjang SIM bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi android. Aplikasi SIM online ini dibuat oleh Korlantas Polri untuk memperluas layanan SIM sehingga masyarakat menjadi lebih mudah.

Melalui aplikasi ini, semua proses perpanjangan SIM mulai dari pendaftaran hingga pembayaran bisa Anda lakukan rumah. Selain itu, aplikasi ini juga tersedia pengiriman SIM yang sudah jadi ke alamat rumah Anda.

Jika Anda ingin menggunakan layanan tersebut, silahkan Anda download aplikasinya melalui link di bawah ini.