Biaya SIM Tasikmalaya Serta Syarat & Tes Nya

SIM Tasikmalaya – Untuk bisa mendapatkan SIM di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Anda harus melalui beberapa tes yang dilakukan di Polres. Kepemilikan SIM sangat penting bagi pengendara kendaraan bermotor sebagai syarat bahwa ketrampilan dalam mengendarai kendaraan tersebut telah diakui.

Advertisements

Lalu berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya?

Biaya pembuatan SIM C (motor) Tasikmalaya adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM A (mobil) Tasikmalaya adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polres Tasikmalaya

Untuk melakukan proses pembuatan SIM di Tasikmalaya, Anda harus datang terlebih dulu ke Polres Tasikmalaya. Lokasinya berada di Jl. Letnan Harun, Sukarindik, Kec. Bungursari, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat.

Untuk pelayanan SIM, Anda bisa menuju ke Satpas Polres Tasikmalaya yang letak gedungnya berada di belakang Polres Tasikmalaya. Silahkan lihat peta di bawah ini untuk lokasi yang lebih jelasnya.

Tes SIM Online Tasikmalaya

Syarat untuk penerbitan SIM di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya adalah harus lulus ujian teori serta ujian praktik. Standar nilai minimal yang harus diperoleh untuk lulus ujian teori adalah 70. Jadi, persiapkan diri Anda secara maksimal dengan cara mengikuti simulasi tes SIM online yang kami sediakan berikut ini.

Simulasi tes SIM online ini berisi 30 soal yang kurang lebih hampir sama dengan tes teori pembuatan SIM di Polres. Untuk bisa menggunakan simulasi tes SIM online ini, silahkan klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Tasikmalaya

Biaya pembuatan SIM yang berlaku di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya adalah biaya resmi yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Sehingga Anda cukup membayar sejumlah tarif resmi tersebut untuk menghindari pungutan liar.

Untuk rincian biaya SIM di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, silahkan Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Tasikmalaya adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Tasikmalaya adalah Rp. 80.000. Berikut rincian biaya perpanjangan SIM motor dan mobil di Tasikmalaya.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Tasikmalaya

Beberapa syarat pembuatan SIM yang ada di Tasikmalaya antara lain:

  • KTP sah
  • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter

Cara Pembuatan SIM Tasikmalaya

Langkah – langkah untuk membuat SIM di Tasikmalaya antara lain:

  1. Buat Surat Keterangan Sehat oleh dokter.

    Silahkan Anda menuju ke klinik atau layanan kesehatan lainnya untuk melakukan cek kesehatan. Setelah selesai cek kesehatan, dokter akan memberikan Surat Keterangan Sehat kepada Anda sebagai syarat untuk pengajuan SIM baru.

  2. Datang ke Polres Tasikmalaya.

    Silahkan menuju ke Polres Tasikmalaya dengan membawa KTP dan juga Surat Keterangan Sehat dari dokter tersebut.

  3. Lakukan pendaftaran SIM baru di Loket Pendaftaran.

    Setelah itu, bawa semua berkas ke Loket 1 untuk melakukan pendaftaran SIM baru. Kemudian isi formulir yang diberikan oleh petugas.

  4. Pergi ke Bagian Identifikasi untuk melakukan registrasi.

    Bawa formulir tersebut ke Bagian Identifikasi. Berikan berkas-berkas dari loket sebelumnya ke bagian identifikasi tersebut. Tunggu petugas selesai melakukan proses regristrasi ke komputer.

  5. Ikuti Ujian Teori di Ruang Ujian Teori sebelah kiri Ruang Identifikasi.

    Setelah itu, silahkan masuk ke ruang ujian teori yang berada di sebelah kiri Bagian Identifikasi tadi. Sebelum mengikuti ujian teori, Anda akan diarahkan untuk masuk ke Ruang Pencerahan terlebih dahulu untuk diberi penjelasan secara ringkas mengenai ujian yang akan Anda ikuti.

  6. Ikuti Ujian Praktik di Lapangan.

    Setelah lulus ujian teori, silahkan menuju ke Lapangan Ujian Praktik untuk melakukan uji praktik.  Pada tahap ujian ini, Anda akan diminta untuk melewati beberapa rintangan yang ada pada lokasi ujian tersebut tanpa ada kesalahan apapun.

  7. Lakukan pembayaran di Loket BRI.

    Setelah lulus dari semua ujian pembuatan SIM, silahkan lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI yang sudah disediakan. Kemudian simpan resi bank sebagai bukti telah melakukan pembayaran.

  8. Kemudian, pergi ke Ruang Produksi/Foto untuk foto dan ambil SIM

    Setelah itu, silahkan lakukan foto, tanda tangan, dan sidik jari untuk data pada SIM di Ruang Produksi/Foto. Setelah selesai foto, tunggu beberapa saat hingga proses SIM Anda jadi dan bisa diambil di bagian penyerahan SIM yang ada di ruang yang sama.

Aplikasi SIM Online Tasikmalaya

Sekarang ini, masyarakat Tasikmalaya bisa dengan mudah memperpanjang SIM online hanya dengan aplikasi SIM online buatan Korlantas Polri. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan ujian teori SIM secara online juga.

Kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan melalui layanan aplikasi SIM online ini adalah metode pembayaran bisa menggunakan transfer bank serta tersedianya jasa pengiriman untuk mengirim SIM yang sudah jadi ke alamat Anda.

Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk datang ke Polres melakukan pengurusan SIM. Jika Anda ingin mengunakan layanan SIM online tersebut, silahkan Anda download aplikasinya melalui link di bawah ini.