Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Tangerang Serta Syarat & Tes Nya

SIM Tangerang – Pengendara yang ingin berkendara di jalan harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Seseorang yang telah memiliki SIM menandakan bahwa pengendara tersebut telah memiliki pemahaman dan ketrampilan dalam mengemudikan ranmor di jalan sesuai dengan peraturan.

Lalu berapa biaya pembuatan SIM di Tangerang?

Biaya pembuatan SIM motor Tangerang adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Tangerang adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polres Tangerang

Pembuatan atau perpanjangan SIM di Kota Tangerang bisa melalui Polres Metro Tangerang Kota yang alamatnya di Jl. Raya Daan Mogot No. 52, RT 001 RW 004 Sukarasa, Kec Tangerang, Banten. Polres Tangerang Kota ini letaknya 130 m ke utara dari SMAN 1 Tangerang.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat maps di bawah ini.

Untuk mempermudah Anda dalam pembuatan SIM nantinya, pastikan berkas yang Anda bawa lengkap semua.

Anda juga bisa melakukan tarik tunai di ATM Cimb Niaga dan ATM Bank Muamalat yang berada di sebelah selatan Polres Kota Tangerang. Berikut lokasinya.

polres tangerang ke ATM

Tes SIM Online Tangerang

Untuk bisa mendapatkan SIM, Anda harus melewati beberapa tahap tes, seperti tes teori ataupun tes ujian praktik. Pada tahap tes teori, petugas akan menyiapkan 30 soal yang harus Anda jawab dan memperoleh skor minimal 70 untuk dinyatakan lulus.

Untuk lulus tes teori, tentunya Anda harus mempersiapkan diri dengan baik, caranya adalah dengan mengerjakan latihan soal. Berikut ini kami menyediakan simulasi tes SIM online sebagai bahan untuk latihan Anda mengerjakan soal.

Untuk mulai simulasi tes SIM online, silahkan Anda klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Tangerang

Pembuatan SIM dan juga perpanjangan SIM di Kota Tangerang akan dikenakan biaya. Biaya tersebut sudah resmi ditetapkan oleh pemerintah, sehingga Anda hanya perlu membayar sesuai dengan tarif yang ditentukan.

Biaya Pembuatan SIM Baru Tangerang

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

Biaya Perpanjangan SIM Tangerang

Biaya perpanjangan SIM motor Tangerang adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan mobil Tangerang adalah Rp. 80.000. Berikut tabel biaya perpanjangan SIM di Tangerang:       

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

Baik biaya pembuatan ataupun perpanjangan SIM di atas masih belum termasuk biaya cek kesehatan sebesar Rp. 25.000 dan biaya asuransi sebesar Rp. 30.000

Syarat Pembuatan SIM Tangerang

Persyaratan pembuatan SIM di Kota Tangerang antara lain:

  • Fotocopy dan asli KTP 3 lembar
  • SIM asli (untuk perpanjangan SIM)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
Advertisements

Cara Pembuatan SIM Tangerang

Berikut adalah prosedur pembuatan SIM baru di Polres Metro Tangerang Kota.

  1. Datang ke Polres Kota Tangerang

    Masuk ke Satpas Polres Metro Tangerang Kota. Di sana adalah lokasi khusus yang digunakan untuk pembuatan SIM. Lokasinya masih satu area dengan Polres Metro Tangerang Kota.

  2. Lakukan cek kesehatan

    Silahkan menuju ke ruang cek kesehatan yang ada di lokasi pembuatan SIM tersebut. Di sana ada seorang dokter yang akan mengecek kesehatan dan memberikan surat keterangan kesehatan dengan dikenakan biaya.

  3. Pergi ke Loket Asuransi

    Setelah itu, Anda akan diarahkan menuju ke Loket Asuransi untuk membayar asuransi. Setelah melakukan pembayaran asuransi, nanti Anda akan diberi kartu Asuransi.

  4. Minta form permohonan pembuatan SIM

    Selanjutnya, silahkan menuju ke Loket BRI untuk minta formulir pembuatan SIM baru. Di loket tersebut Anda juga akan dikenakan biaya untuk pembuatan SIM.

  5. Serahkan formulir pembuatan SIM ke Loket Penyerahan Formulir

    Isi formulir yang Anda dapat dari Loket BRI tadi dengan benar, kemudian kumpulkan ke Loket Penyerahan Formulir.

  6. Pergi ke Ruang Verifikasi untuk verifikasi data dan foto

    Setelah mengumpulkan formulir, tunggu beberapa menit hingga nama Anda dipanggil untuk verifikasi data di Ruang Verifikasi. Setelah data dinyatakan benar, Anda akan diarahkan untuk foto SIM dan juga cap sidik jari.

  7. Lakukan uji teori di Loket 5 A

    Setelah petugas memberikan berkas kepada Anda, silahkan lakukan ujian teori di Loket 5 A. Pada ujian teori tersebut, akan disediakan 30 soal yang harus Anda jawab, dengan memperoleh nilai minimal 70 untuk dinyatakan lulus.

  8. Lakukan ujian praktik

    Setelah lulus dari ujian teori, silahkan menuju ke ruang tunggu ujian praktik untuk menunggu giliran Anda. Setelah nama Anda dipanggil, Anda akan diminta untuk melakukan ujian praktik berkendara dengan kendaraan yang sudah disiapkan oleh petugas.
    Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan tes tersebut.

  9. Ambil SIM di Loket 7

    Setelah dinyatakan lulus dari ujian praktik, maka Anda bisa mendapatkan SIM baru, dan dapat Anda ambil di Loket 7 untuk penyerahan SIM.

Aplikasi SIM Online Tangerang

Korlantas Polri kini telah membuat sebuah aplikasi untuk mempermudah layanan SIM di Tangerang. Pada aplikasi tersebut, banyak layanan yang disediakan termasuk pembuatan dan perpanjangan SIM online.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus download aplikasinya dulu melalui tombol di bawah ini.