Biaya SIM Tangerang Selatan Serta Syarat & Tes Nya

SIM Tangerang Selatan – Surat Izin Mengemudi menjadi salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh pengendara kendaraan bermotor di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya adalah wilayah Tangsel.

Advertisements

Hal ini dikarenakan dengan memiliki SIM, maka pengendara tersebut telah dinyatakan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam berkendara sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas.

Pembuatan SIM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tentu memerlukan biaya.

Biaya pembuatan SIM motor Tangerang Selatan adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Tangerang Selatan adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Untuk lebih jelas tentang syarat, cara, dan tes pembuatan SIM di Tangsel, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM di Tangerang Selatan

Ada beberapa lokasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembuatan atau memperpanjang SIM di Tangerang Selatan.

Lokasi untuk pembuatan SIM di Tangsel sesuai dengan wilayah hukum Polres Tangerang Selatan, antara lain:

NamaAlamat
Satpas SIM Pembantu Polres Tangerang Selatan (SIM A/C baru dan perpanjang)Kelurahan Cilenggang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan
SIM Corner SDC Gading Serpong (SIM A/C baru dan perpanjang)Curug Sangereng, Kec. Kelapa. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten
SIM Keliling di ITC BSD Serpong (perpanjang SIM A dan SIM C)Itc, Lengkong Wetan, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten

Anda bisa melakukan pembuatan atau perpanjangan SIM sesuai dengan wilayah terdekat Anda.

Tes SIM Online Tangsel

Untuk bisa mendapatkan SIM, Anda harus lulus dari semua tahapan ujian. Salah satu tahap ujian untuk SIM adalah tes teori. Tes teori ini berisi 30 soal yang dikerjakan di komputer. Agar dinyatakan lulus, Anda harus bisa menjawab dengan benar minimal 21 soal dan memperoleh nilai minimal 70.

Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik dengan cara banyak mengerjakan soal-soal teori untuk ujian SIM. Untuk itu, kami telah menyiapkan simulasi tes SIM online yang bisa Anda gunakan untuk media pembelajaran Anda.

Simulasi tes online ini cukup mudah, Anda tinggal klik jawaban yang menurut Anda benar, dan skor Anda nanti akan muncul.

Untuk mulai simulasi tes sim online, Anda bisa mulai simulasinya melalui klik tombol berikut ini.

Biaya SIM Tangerang Selatan

Tarif untuk perpanjangan dan pembuatan SIM di Tangerang Selatan telah ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2016.

Berikut adalah rincian biaya pengurusan SIM di wilayah Tangerang Selatan.

Biaya Pembuatan SIM Baru Tangsel

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat tes kesehatan

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Tangsel

Biaya perpanjangan SIM motor Tangerang Selatan adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Tangerang Selatan adalah Rp. 80.000.

Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM motor dan mobil di Tangsel.       

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat tes kesehatan

Syarat Pembuatan SIM Tangerang Selatan

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda bawa pada saat pembuatan SIM di wilayah Tangerang Selatan.

  • KTP asli dan fotocopy 5 lembar
  • SIM asli (perpanjang SIM)
  • Surat keterangan kesehatan dari dokter
Advertisements

Cara Pembuatan SIM Tangerang Selatan

  1. Datang ke Satpas Polres Tangerang Selatan.

    Bawa semua berkas persyaratan ke Satpas Polres Tangerang Selatan. Nanti akan ada petugas di dekat pintu masuk yang mengecek kelengkapan berkas Anda.

  2. Lakukan Tes Kesehatan.

    Pertama, lakukan tes kesehatan SIM di area Satpas Polres Tangerang. Tes kesehatan ini meliputi tes mata, tinggi badan, dan juga berat badan. Setelah selesai tes kesehatan, Anda akan diberi surat keterangan sehat oleh dokter.

  3. Lakukan pembayaran PNBP.

    Selanjutnya, lakukan pembayaran PNBP untuk pembuatan SIM ke petugas pembayaran. Tarif yang berlaku untuk penerbitan SIM sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

  4. Isi formulir pendaftaran.

    Setelah melakukan pembayaran, Anda bisa minta formulir permohonan ke petugas untuk pembuatan SIM. Isi formulir tersebut dengan benar sesuai dengan data diri Anda.

  5. Kumpulkan formulir di Loket Regristasi.

    Setelah formulir terisi, kumpulkan formulir ke petugas Loket Regristasi. Kemudian Anda akan diberi nomor antrian untuk proses identifikasi.

  6. Pergi ke Ruang Foto untuk identifikasi diri.

    Setelah sampai di nomor antrian Anda, silahkan menuju ke Ruang Foto untuk identifikasi data. Identifikasi tersebut meliputi pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.

  7. Lakukan Ujian Teori.

    Setelah identifikasi selesai, Anda akan diarahkan untuk mengikuti ujian teori. Ujian teori tersebut berisi  30 soal dan berisi 30 soal dan dikerjakan melalui komputer. Untuk dinyatakan lulus ujian teori, Anda harus memperoleh skor minimal 70.

  8. Lakukan Ujian Praktik.

    Setelah lulus dari ujian teori, tes selanjutnya adalah ujian praktik. Pada tes ini, Anda harus melewati rintangan berupa marka jalan yang telah disipakan oleh petugas dengan menggunakan kendaraan. Agar lulus ujian praktik, Anda tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun.

  9. Ambil SIM baru di loket pengambilan SIM.

    Setelah lulus dari semua tahapan tes, Anda bisa menuju ke Loket Pengambilan SIM untuk mengambil SIM baru Anda yang sudah dicetak. Namun jika dinyatakan tidak lulus, maka Anda bisa datang lagi 7 hari ke depan.

Aplikasi SIM Online Tangsel

Sekarang ini Korlantas Polri telah membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan SIM.

Terdapat banyak fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut, seperti pembuatan dan perpanjangan SIM online. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti ujian teori pembuatan SIM di rumah.

Untuk menggunakan layanan aplikasi SIM online tersebut, silahkan download aplikasinya melalui tombol di bawah ini.