Advertisements

Biaya SIM Surabaya Serta Syarat dan Tes Nya

Advertisements

SIM Surabaya – Sebelum menjadi seorang pengemudi aktif pastikan Anda memenuhi persyaratan utama dalam mengemudi, yaitu memiliki kartu SIM (Surat Izin Mengemudi).

Adapun persyaratan, biaya, ketentuan dan cara mengurus kartu SIM Surabaya yang terperinci kami sampaikan sebagai berikut.

Berapa biaya pembuatan SIM Surabaya?

Biaya pembuatan SIM C (Motor) Surabaya adalah 100,000, dan biaya pembuatan SIM A (Mobil) sebesar 120,000. Rincian biaya tersebut belum termasuk biaya untuk pemeriksaan kesehatan, asuransi, dsb.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM di Wilayah Surabaya

Anda dapat mengurus kartu SIM Surabaya pada gerai-gerai Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) yang sudah ditetapkan oleh Pihak Kepolisian kota Surabaya. Berikut daftar beberapa gerai dan alamat yang bisa anda kunjungi :

GeraiAlamat
Pelayanan Keliling Polrestabes SurabayaJl. Raya Darmo No.113-115, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY,
Satpas Colombo SIMJl. Ikan Kerapu N0.2-4, kota SBY
SIM Corner BG JunctionBG Junction Surabaya, Jl. Bubutan No.1, kota SBY

Disamping pengurusan kartu SIM baru, gerai-gerai yang terlampir dapat melayani berbagai keperluan Anda yang berhubungan dengan SIM.

Tes Online SIM Surabaya

Sebelum pihak kepolisian mengeluarkan kartu SIM Anda, ada sebuah ujian teori dimana secara hukum (wajib) dilaksanakan terlebih dahulu. Ujian teori merupakan ujian tulis yang di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan mengenai tingkat pengetahuan dan wawasan Anda tentang Lalu Lintas.

Pada simulasi ujian teori disajikan berbagai pertanyaan yang bisa Anda gunakan untuk meningkat pemahaman Anda sebelum melaksanakan ujian teori yang sebenarnya. Sehingga, akan membuat Anda memiliki persiapan yang lebih matang.

Untuk dapat mengakses simulasi tes SIM Online yang kami sediakan, silakan klik tombol di bawah ini.

Dalam “Tes Online SIM A (Mobil) dan SIM C (Motor) “  diberikan (contoh) soal sejumlah 30 pertanyaan yang terdapat 4 pilihan jawaban. Untuk dapat lulus ujian teori SIM ini, setidaknya Anda memperoleh nilai minimal 70 atau mengerjakan 21 soal dengan benar dan tepat.

Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Surabaya

Untuk mengurus kartu SIM Baru serta perpanjangan masa berlaku di wilayah Surabaya, Anda perlu menyiapkan sejumlah nominal yang sudah ditentukan berdasarkan pada PP Nomor 60 Tahun 2016, tentang biaya penerbitan SIM Baru dan Perpanjangan.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Untuk Anda yang ingin membuat SIM baru, berikut daftar harga bikin SIM baru.

Jenis PembayaranBiaya
Pembuatan SIM ARp. 120,000
Pembuatan SIM CRp. 100,000

*nominal tersebut belum mencakup biaya tes kesehatan, psikotes, & fotocopy.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan kartu SIM C (Motor) Surabaya sebesar 75,000 dan SIM A (Mobil) 80,000. Rincian biaya diatas belum termasuk biaya untuk pemeriksaan kesehatan, asuransi, dsb.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM A (Mobil)Rp. 80,000
Perpanjangan SIM C (Motor)Rp. 75,000
Advertisements

*nominal tersebut belum mencakup biaya tes kesehatan, psikotes, & fotocopy.

Keterangan : Pengendara diwajibkan melakukan perpanjangan SIM setiap 5 tahun sekali dan selambat-lambatnya 1 hari setelah jatuh tempo.

Dokumen Persyaratan Pembuatan dan Perpanjangan SIM Surabaya

Disamping menyiapkan nominal tertentu dalam pencetakan SIM baru, Anda perlu membawa berbagai dokumen persyaratan, yaitu :

  • E-KTP asli WNI dan Fotokopi
  • Surat Keterangan Sehat
  • Surat Hasil Tes Psikologi
  • Kartu SIM lama (untuk perpanjangan SIM)

Persyaratan Diri Dalam Membuat SIM Surabaya

Mengikuti peraturan pemerintah (Pasal 217 (1)) dan (Pasal 44/93) ada beberapa kriteria pengendara yang dapat melakukan pengurusan kartu SIM yaitu :

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak buta huruf
  • Membuat surat permohonan
  • Terampil dalam berkendara
  • Memiliki pengetahuan dasar dan teknik berkendara
  • Batas usia minimal 17 tahun
  • Biaya tersedia
Advertisements

Cara Mengurus SIM Baru Surabaya

Untuk Anda khususnya yang ingin mengurus SIM baru di Satpas Colombo SIM, berikut langkahnya:

  1. Siapkan dokumen Anda.

    Buatlah terlebih dahulu surat permohonan (baik secara manual dan ketik). Kemudian persiapkan E-KTP dan beberapa lembar fotokopi (untuk perpanjangan SIM, Anda dapat menyiapkan SIM lama).

  2. Lakukan tes kesehatan fisik dan psikologi.

    Anda bisa mendapatkan SKS dari dokter dengan biaya Rp.50.000 atau dari puskesmas dengan biaya Rp.5.000. Tempat periksa kesehatan berada di gang seberang Satpas Colombo SIM.
    Untuk surat hasil tes psikologi bisa didapatkan dari biro yang beralamat Jl Perak Timur no 25 (bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Satpas Colombo SIM) dengan biaya sebesar Rp. 75,000.

  3. Datanglah ke Satpas Colombo SIM.

    Setelah semua berkas lengkap, barulah Anda pergi menuju Satpas Colombo SIM untuk memulai pendaftaran. Saat ke Satpas, kenakan pakaian berkerah dan pakailah sepatu. Dilarang membawa tas dan jaket saat memasuki ruangan.
    *Sebaiknya anda tiba lebih awal (sebelum pukul 07.00) di lokasi jika ingin menghindari antrean panjang.

  4. Lakukan pengisian formulir pendaftaran & serahkan ke Petugas CS.

    Setiba di area, segera masuklah ke ruangan Satpas untuk mendapatkan nomor panggil. Nanti dipersilahkan masuk untuk antrean 1-30 terdahulu. Disana ada pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas, kemudian mengisi dokumen.
    Setelah diisi, diserahkan ke petugas bagian CS, diinput datanya hingga mendapatkan barcode antrian.

  5. Silahkan mengikuti proses identifikasi di Ruang Foto.

    Silahkan langsung menuju ruang foto untuk mengikuti verifikasi data diri. Verifikasi ini meliputi sidik jari, tanda tangan, dan foto.

  6. Laksanakan ujian teori di Ruang Uji Teori.

    Untuk proses pembuatan baru, setelah dari ruang foto, berkas diserahkan ke petugas di ruang ujian teori, jika lolos baru lanjut ke praktek dan pembayaran jika lolos semuanya.

  7. Ikuti Ujian Praktik Berkendara di Lapangan Satpas.

    Ujian ini berlangsung singkat untuk menguji kemampuan Anda dalam teknik dasar dalam berkendara. Ujian dilakukan di tempat terbuka dimana sudah dirancang secara khusus dan berada dibawah pengawasan petugas kepolisain.

  8. Ambil Kartu SIM Anda di Loket Lantai 2.

    Sesudah melaksanakan ujian teori dan praktik, Anda akan menunggu pengumuman dari petugas di ruang tunggu. Jika sudah dinyatakan lulus, Anda dapat mengambilnya dengan naik ke Lantai 2 untuk cetak.
    Disini Anda diharuskan membayar dulu sebesar 75.000 di loket BRI yang tersedia. Dokumen diantrikan ke belakang loket BRI untuk di cetak. Dan, kartu SIM jadi.

Perpanjangan SIM secara online

Saat ini proses perpanjangan kartu SIM lebih mudah dan sederhana. Anda tidak perlu keluar rumah atau mengambil jam kerja, cukup daftarkan diri Anda melalui aplikasi SIM Online dan perpanjangan kartu SIM Anda langsung jadi dalam satu ketukan.

Melalui aplikasi SIM Online Anda dapat melakukan pembayaran via transfer bank. Pengambilan perpanjangan kartu SIM bisa langsung datang ke kantor atau dikirimkan oleh petugas via grab, oke-jek, go-jek dst.