Biaya SIM Sulawesi Serta Syarat & Tes Nya

Advertisements

SIM Sulawesi ~ Pembuatan SIM baru di Sulawesi dapat dilakukan di Kantor Pelayanan SIM yang biasanya terletak satu lokasi dengan Polres. Untuk mengetahui apa saja syarat, biaya, dan prosedur penerbitan SIM Sulawesi, silahkan simak artikel berikut.

Biaya penerbitan SIM Sulawesi adalah Rp. 120.000 per penerbitan SIM A, sedangkan untuk penerbitan SIM C senilai Rp. 100.000.

Pada artikel “SIM Sulawesi”, kami membahas tentang :

Tes SIM Sulawesi Secara Online

Salah satu tes yang harus dilewati oleh pemohon SIM baru Sulawesi yaitu ujian teori yang dilakukan sebelum ujian praktik.

Dalam ujian teori, pemohon SIM akan diminta untuk mengerjakan soal mengenai tata cara menghadapi situasi lalu lintas, dan cara berkendara. Saat mengerjakan ujian teori, usahakan untuk memilih jawaban yang benar sebanyak – banyaknya sesuai waktu yang telah ditentukan.

Hal tersebut dikarenakan, untuk “Lulus” dari ujian teori Anda harus mendapatkan score minimal 70 atau terdapat 21 soal dengan jawaban benar.

Untuk membantu Anda berlatih mempelakari soal – soal yang biasa terdapat pada ujian teori, di bawah ini telah kami sediakan Simulasi Tes SIM Online.

Pada layanan Simulasi Tes SIM Online, Anda dapat mengerjakan beberapa contoh soal ujian teori, dan setelah menjawab 1 pertanyaan, Anda dapat mengetahui benar atau salah jawaban yang telah Anda pilih.

Biaya Penerbitan dan Perpanjangan SIM Sulawesi

Berikut daftar tarif penerbitan dan perpanjangan SIM Sulawesi.

Tarif Penerbitan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Biaya diatas belum termasuk biaya tambahan, berupa biaya tes kesehaan dan biaya psikotes.

Tarif Perpanjangan SIM

Tarif perpanjangan SIM Sulawesi adalah Rp. 80.000 untuk SIM A, sedangkan perpanjangan SIM C senilai Rp. 75.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjang SIM ARp. 80.000
Perpanjang SIM CRp. 75.000

*Biaya diatas belum termasuk biaya tambahan, berupa biaya tes kesehaan dan biaya psikotes.

Syarat Dokumen Penerbitan SIM Baru Sulawesi

Sebelum mengetahui cara membuat SIM C & SIM A penerbitan SIM bari di wilayah Sulawesi ada beberapa dokumen persyaratan yang perlu Anda siapkan, sebagai berikut :

  • KTP asli yang sah dan fotokopi
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani
  • Surat Keterangan Sehat Rohani / Tes Psikotes

Cara Pembuatan SIM Baru Sulawesi

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan

    Untuk melengkapi dokumen persyaratan, silahkan Anda melakukan pengecekan kesehatan dengan dokter yang ditunjuk pihak kepolisian. Lokasi pemeriksaan kesehatan biasanya berada di sekitar Satpas.

  2. Selanjutnya, ikuti tes psikotes

    Setelah mendapatkan hasil cek kesehatan jasmani, silahkan Anda mengikuti ujian psikotes. Dalam tes psikotes Anda hanya perlu menjawab pertanyaan denganya atau tidak sesuai kepribadian.

  3. Silahkan masuk ke kantor Satpas SIM dengan membawa dokumen persyaratan

    Masuk ke dalam kantor Satpas dengan membawa seluruh dokumen persyaratan, dan tunjukkan kepada petugas.

  4. Lakukan pengisian formulir pendaftaran

    Saat Anda masuk ke dalam kantor Satpas, petugas akan memberikan formulir pendaftaran pembuatan SIM baru kepada Anda, dan harus diisi sesuai dengan data diri.

  5. Lakukan pembayaran PNBP SIM

    Setelah itu, silahkan Anda untuk melakukan pembayaran PNBP SIM di loket pembayaran. Apabila pembayaran dilakukan secara tunai, maka siapkan uang pas.

  6. Selanjutnya, tunggu antrian untuk masuk ke ruang foto untuk proses identifikasi

    Di dalam ruang foto akan dilakukan proses identifikasi pemohon SIM yang meliputi pengambilan tanda tangan, foto, dan rekam sidik jari.

  7. Masuk ke ruang ujian teori

    Setelah proses identifikasi selesai, petugas akan mengarahkan Anda masuk ke dalam ruang ujian teori. Biasanya sekali masuk dalam ruang ujian teori akan dipanggil beberapa pemohon SIM.

  8. Silahkan menuju area ujian praktik berkendara yang ada di luar gedung Satpas

    Apabila Anda dinyatakan “Lulus” pada ujian teori, maka Anda akan diarahkan untuk menuju area ujian praktik berkendara dan akan diuji bagaimana cara berkendara Anda.

  9. Silahkan ambil SIM baru di loket penyerahan SIM

    Setelah selesai mengikuti ujian praktik, dan Anda dinyatakan “Lulus”, Anda dapat mengambil SIM baru yang telah dicetak di loket pengambilan SIM.

Lokasi Pembuatan SIM Sulawesi

Berikut daftar lokasi pelayanan pembuatan SIM baru di wilayah Sulawesi.

Nama TempatAlamat
Polresta MamujuJl. KS Tubun No. 46, Rimuku, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat.
Satlantas Polres ManadoJl. 17 Agustus, Teling Atas, Kec. Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara.
Polrestabes MakassarJl. Ahmad Yani No. 09, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Polres Kendari (Kantor Layanan  Satpas SIM)Jl. DI Panjaitan No. 01, Bonggoeya, Wua – Wua, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.
Satlantas Polres PaluJl. Teratai No. 12A, Besusu Tengah, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah

Untuk beberapa lokasi lain pembuatan SIM di wilayah Sulawesi dapat Anda cek secara langsung melalui aplikasi google maps.

Sebelum Anda pergi menuju lokasi pembuatan SIM baru, silahkan mencari informasi jam buka pelayanan di masing – masing Satlantas atau Satpas.

Perpanjangan SIM Sulawesi Secara Online

Berbeda dengan proses pembuatan SIM baru, pkini perpanjangan SIM dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi SIM Online.

Pada aplikasi tersebut terdapat layanan proses perpanjangan SIM secara online, sehingga untuk pendaftaran dapat Anda lakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Kemudian, untuk pembayarannya dapat dilakukan via transfer.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan SIM baru yang telah diperpanjang?

SIM baru yang telah diperpanjang akan dikirimkan melalui jasa pengiriman yang telah Anda pilih saat melakukan pendaftaran proses perpanjangan SIM melalui Aplikasi SIM Online.

Untuk dapat menginstal Aplikasi SIM Online di smartphone yang dimiliki, silahkan download melalui tombol di bawah ini.