Biaya SIM Sukoharjo Serta Syarat & Tes Nya

SIM Sukoharjo – Sebelum membuat SIM Sukoharjo ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain syarat, biaya, serta prosedurnya. Untuk mengetahui hal tersebut, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Berapa biaya pembuatan SIM Sukoharjo?

Biaya pembuatan SIM A Sukoharjo adalah Rp. 120.000, dan biaya penerbitan SIM C senilai Rp. 100.000. Biaya ini belum termasuk cek kesehatan dan tes psikologi.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM Satlantas Sukoharjo

Bagi Anda yang hendak membuat SIM Sukoharjo, silahkan Anda mengunjungi Kantor Satlantas Sukoharjo yang berada di Jl. Jend. Sudirman, Jombor Bendosari, Larangan Kulon, Gayam, Kec. Sukoharjo, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah.

Apabila Anda ingin lebih awal untuk proses pembuatan SIM di Kantor Satlantas Sukoharjo, silahkan untuk datang lebih pagi.

Berikut jadwal buka pelayanan Kantor Satlantas Sukoharjo.

HariPukul
Senin – Kamis08.00 – 14.00
Jum’at08.00 – 11.00
Sabtu08.00 – 13.00

Simulasi Tes SIM Sukoharjo Online

Dalam proses pembuatan SIM Sukoharjo, Anda harus mengikuti dan lulus pada ujian teori sebelum melakukan ujian praktik. Apabila nilai yang Anda peroleh pada ujian teori lebih rendah dari batas minimal, maka Anda tidak dapat mengikuti ujian praktik berkendara.

Untuk itu, silahkan berlatih mengerjakan ujian teori terlebih dahulu sebelum mengikuti ujian teori. Pada layanan “Simulasi Tes SIM Online” di bawah ini, Anda dapat berlatih menjawab beberapa soal ujian teori secara gratis.

Advertisements

Di dalam layanan “Simulasi Tes SIM Online” terdapat 30 contoh soal ujian teori yang dapat Anda kerjakan. Setiap soal pertanyaan terdapat 4 pilihan jawaban, dan setelah menjawab akan ada pemberitahuan salah atau benar jawaban yang Anda pilih.

Biaya Pembuatan & Perpanjangan SIM Sukoharjo

Berikut daftar biaya pembuatan dan perpanjangan SIM Sukoharjo.

Biaya Pembuatan SIM Sukoharjo

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Biaya pembuatan dan perpanjangan SIM Sukoharjo di atas, belum termasuk biaya cek kesehatan, dan tes psikologi.

Biaya Perpanjangan SIM Sukoharjo

Tarif perpanjangan SIM lebih murah, jika dibandingkan dengan penerbitan SIM. Biaya perpanjangan SIM A Sukoharjo adalah Rp. 80.000, dan perpanjangan SIM C senilai Rp. 75.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjang SIM A (Mobil)Rp. 80.000
Perpanjang SIM C (Motor)Rp. 75.000

*Biaya pembuatan dan perpanjangan SIM Sukoharjo di atas, belum termasuk biaya cek kesehatan, dan tes psikologi.

Advertisements

Dokumen Persyaratan Pembuatan SIM Sukoharjo

Berikut persyaratan pembuatan SIM di Satlantas Sukoharjo.

  • KTP asli dan fotokopi
  • KIR dokter
  • Hasil tes psikologi

Cara Pembuatan SIM Sukoharjo

  1. Silahkan menuju ruang KIR Dokter.

    Lokasi untuk ruang KIR dokter berada di komplek Apotek Calen / sebelah utara lampu merah kejaksaan. Setelah itu, silahkan untuk mengikuti tes psikologi.

  2. Ikuti tes psikologi.

    Selain mendapatkan KIR dokter, silahkan Anda mengikuti tes psikologi. Lokasi untuk tes psikologi berada di Jl. Kresna No, 2, Jogobayan, Gayam, Kec, Sukoharjo, Jawa Tengah.
    Untuk patokannya, silahkan Anda masuk ke dalam gang kecil antara Mitra Swalayan dan Satlantas hingga melewati rel kereta api, kemudian perempatan lurus ±50 meter.

  3. Ambil formulir pendaftaran pembuatan SIM.

    Setelah mendapatkan Surat Keterangan Sehat dari dokter (KIR dokter), dan hasil tes psikologi, silahkan Anda masuk ke dalam Satlantas Sukoharjo. Kemudian, silahkan ambil dan isi fornulir pendaftaran.

  4. Lakukan pembayaran PNBP SIM di loket BRI.

    Apabila seluruh dokumen persyaratan telah lengkap, maka untuk pembayaran PNBP SIM dapat Anda lakukan di loket BRI.

  5. Kumpulkan berkas persyaratan di loket pendaftaran.

    Gabungkan seluruh dokumen persyaratan dan bukti pembayaran dalam satu map. Kemudian, kumpulkan pada petugas loket pendaftaran.

  6. Silahkan masuk ke ruang foto dan pengambilan identitas.

    Di dalam ruangan ini akan dilakukan proses pengambilan foto, tanda tangan, dan rekam sidik jari. Setelah selesai, Anda akan diarahkan untuk mengikuti ujian teori.

  7. Silahkan ikuti ujian teori (AVIS) di Ruang Uji Teori.

    Saat mengikuti ujian teori, jawab pertanyaan dengan sungguh – sungguh untuk mendapatkan nilai di atas batas minimal agar dinyatakan lulus dan dapat mengikuti ujian praktik berkendara.

  8. Selanjutnya, ikuti ujian praktik berkendara di Lapangan Lintasan.

    Dalam ujian praktik berkendara, Anda akan diminta berkendara di lintasan yang telah disiapkan oleh petugas Satlantas Sukoharjo.

  9. Ambil SIM baru Anda di loket pengambilan SIM.

    Apabila pada ujian praktik berkendara Anda telah dinyatakan “Lulus”, silahkan untuk mengambil SIM baru di loket pengambilan SIM.

Perpanjangan SIM Sukoharjo Online

Dalam proses perpanjangan SIM Sukoharjo dapat Anda lakukan secara online menggunakan Aplikasi SIM Online. Aplikasi ini dapat membantu Anda lebih mudah untuk memproses perpanjangan SIM tanpa harus mengantri terlalu lama.

Dengan mengakses Aplikasi SIM Online, proses pembayaran dapat dilakukan dengan metode transfer. Untuk SIM baru yang telah diperpanjang akan dikirimkan ke alamat Anda melalui jasa pengiriman yang dipilih.

Untuk mengakses Aplikasi SIM Online, Anda dapat mendownload dan menginstalnya di smartphone melalui tombol di bawah ini.