Advertisements

Biaya SIM Subang Serta Syarat & Tes Nya

Advertisements

SIM Subang – SIM menjadi salah satu surat kelengkapan yang harus dibawa oleh pengendara. Karena dengan memiliki SIM, menunjukkan bahwa pengendara tersebut telah memenuhi syarat berkendara sesuai dengan peraturan lalu lintas di Indoensia.

Untuk membuat SIM di Subang, Anda akan memerlukan beberapa biaya. Biaya pembuatan SIM motor Subang adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Subang adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya-biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polres Subang

Untuk membuat SIM di wilayah Subang, Anda perlu datang ke Polres Subang yang alamatnya ada di Jl. Mayjend Sutoyo No.29, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Untuk lokasi lebih tepatnya bisa Anda lihat pada maps berikut ini.

Sebelum menuju ke Polres, Anda bisa melakukan tarik tunai di ATM BRI yang berada di sebelah utara Polres Subang. Karena metode pembayaran pembuatan SIM dilakukan secara tunai, jadi usahakan Anda membawa uang yang cukup.

Tes SIM Online Subang

Untuk bisa memperoleh SIM di Subang, Anda perlu melewati beberapa tahapan tes. Salah satu tahapan tes yang perlu Anda lakukan adalah tes teori. Tes teori ini berupa soal-soal tentang lalu lintas dengan jumlah 30 soal dengan waktu pengerjaan 15 menit.

Skor terendah yang harus Anda peroleh untuk dinyatakan lulus pada tahap tes teori ini adalah 70. Untuk itu, kami telah menyediakan simulasi tes SIM online yang bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk belajar Anda.

Untuk mengikuti simulasi tes SIM online tersebut, Anda bisa tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Subang

Proses pembuatan SIM ataupun perpanjangan SIM di Subang tentu akan memerlukan biaya. Tarif untuk pembuatan SIM di Subang telah ditentukan oleh pemerintah, sehingga Anda cukup bayar sesuai dengan tarif yang telah ditentukan tersebut.

Untuk rincian biaya SIM di Subang bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Subang adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Subang adalah Rp. 80.000. Berikut rincian biaya perpanjangan SIM motor dan mobil di Subang:       

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Subang

Beberapa dokumen yang harus Anda bawa sebagai syarat buat SIM di Subang adalah sebagai berikut:

  • KTP asli yang sah
  • Fotocopy KTP
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter (sehat jasmani)
  • Surat Keterangan Sehat Rohani (Psikolog)
  • Hasil Uji Simulator (Untuk SIM A)

Cara Pembuatan SIM Subang

Langkah-langkah untuk membuat SIM di Subang, antara lain:

  1. Buat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani melalui dokter & psikiater.

    Untuk membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dari dokter, Anda bisa menggunakan Layanan Cek Kesehatan yang berada di klinik dekat Polres Subang. Sedangkan untuk tes psikologi, Anda bisa menggunakana layanan cek psikologi di klinik atau puskesmas terdekat.

  2. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket Bank.

    Setelah semua berkas lengkap, lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket Bank yang sudah disediakan. Setelah selesai membayar, simpan resi pembayaran yang diberikan oleh petugas di Loket Bank tersebut.

  3. Lakukan pendaftaran di Loket Pendaftaran untuk mengambil formulir.

    Bawa semua berkas dan resi bank ke Loket Pendaftaran. Jika berkas memenuhi syarat, Anda bisa mengisi formulir permohonan pembuatan SIM yang diberikan petugas.

  4. Lakukan regristrasi data berupa foto, tanda tangan, dan sidik jari di Ruang Foto.

    Setelah petugas menginput data Anda, silahkan menuju ke Ruang Foto untuk melakukan regristrasi SIM berupa foto, sidik jari, dan juga tanda tangan.

  5. Laksanakan ujian teori di Ruang Uji Teori Avis.

    Setelah regristrasi selesai, tahap selanjutnya adalah mengikuti ujian teori yang dilaksanakan di Ruang Uji Teori Avis. Di sini Anda akan diminta untuk mengerjakan 30 soal di komputer yang sudah disediakan.

  6. Laksanakan ujian simulator untuk pemohon SIM A.

    Bagi pemohon SIM A, Anda harus mengikuti ujian simulator di Ruang Uji Simulator terlebih dahulu. Setelah Anda lulus, Anda akan diberi Hasil Uji Simulator sebagai syarat untuk mengikuti ujian praktik.

  7. Pergi ke Lapangan Belakang Gedung Polres untuk melakukan ujian praktik.

    Setelah itu, silakan menuju ke lokasi ujian praktik yang berada di belakang Gedung Polres. Jika Anda bisa melewati rintangan yang ada di lokasi ujian praktik tanpa kesalahan, maka Anda bisa menyelesaikan proses pembuatan SIM ke tahapan selanjutnya.

  8. Lakukan pengambilan SIM di Loket Penyerahan SIM.

    Silahkan menuju ke Loket Penyerahan SIM. Tunggu beberapa menit hingga produksi SIM Anda  jadi. Petugas akan memanggil nama Anda di Loket tersebut jika SIM Anda telah selesai dicetak.

Aplikasi SIM Online Subang

Sekarang ini, Masyarakat Subang bisa dengan mudah melakukan perpanjangan SIM tanpa harus ke Polres, yaitu dengan menggunakan aplikasi SIM online dari Korlantas Polri.

Aplikasi SIM online ini memiliki beberapa fitur seperti perpanjangan SIM online dan juga tes teori online. Selain itu, SIM yang sudah jadi juga bisa langsung dikirim ke rumah Anda melalui jasa pengiriman yang sudah disediakan.

Jika Anda ingin menggunakan layanan SIM online tersebut, download dulu aplikasi SIM online tersebut melalui tombol di bawah ini.