Advertisements

Biaya SIM Sleman Serta Syarat & Tes Nya

SIM Sleman – Salah satu surat yang harus dimiliki setiap pengendara kendaraan adalah Surat Izin Mengemudi (SIM). Terdapat biaya yang akan Anda keluarkan pada saat proses pembuatan SIM.

Advertisements

Lalu berapa biaya SIM di Kabupaten Sleman?

Biaya pembuatan SIM motor Sleman adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Sleman adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan jasmani dan rohani.

Untuk dapat mengetahui seputar tata cara pembuatan SIM, biaya perpanjangan & pembuatan SIM, serta syarat pembuatan SIM wilayah Kabupaten Sleman, simak artikel berikut.

Daftar Isi:

Lokasi Polres Sleman

Bagi Anda yang ingin melakukan proses pembuatan SIM di Kabupaten Sleman, bisa langsung menuju ke Polres Sleman yang letaknya di Jl. Magelang KM.12,5, Krapyak, Triharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pelayanan Polres Sleman ini mulai hari Senin – Sabtu jam 08.00 – 14.00. Namun untuk hari Sabtu, pelayanan Polres Sleman tutup lebih awal yaitu jam 11.00.

Sebaiknya Anda datang ke Polres pada pagi hari, karena Anda harus melakukan tes kesehatan dan psikotes terlebih dahulu yang lokasinya sedikit jauh dari Polres Sleman dan antriannya pun cukup panjang.

Tes SIM Online Sleman

Prosedur pembuatan SIM di Sleman adalah Anda harus mengikuti ujian teori dan ujian praktik. Untuk ujian teori, syarat kelulusannya adalah harus mendapatkan nilai paling rendah 70, atau Anda harus bisa menjawab 21 soal dengan benar dari 30 soal yang diujikan.

Oleh sebab itu, kami telah menyediakan simulasi tes yang dapat digunakan sebagai persiapan Anda dalam mengikuti ujian teori di Polres. Soal-soal yang ada pada simulasi tes SIM online ini berisi tentang cara berkendara dan juga rambu lalu lintas yang berlaku di Indonesia.

Untuk memulai simulasi SIM online, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Biaya SIM Sleman

Tarif PNBP SIM yang berlaku di Wilayah Sleman merupakan tarif yang sudah diatur dalam PP No. 60 Tahun 2016.

Berikut ini adalah rincian biaya pembuatan dan perpanjangan SIM terbaru di Sleman:

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Sleman adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Sleman adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Syarat Pembuatan SIM Sleman

Beberapa persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk membuat SIM baru di Polres Sleman, antara lain:

  • Fotocopy KTP yang sah
  • Surat Keterangan Dokter yang direkomendasikan oleh Polri
  • Hasil tes psikotes

Cara Pembuatan SIM Sleman

Langkah-langkah untuk membuat SIM di Polres Sleman, antara lain:

  1. Lakukan cek kesehatan di Depan Polres Sleman.

    Pertama, Anda harus menuju ke lokasi cek kesehatan yang berada di depan Polres Sleman. Persyaratan untuk cek kesehatan tersebut adalah fotocopy KTP. Setelah cek kesehatan, Anda akan mendapatkan Hasil Tes Kesehatan. Cek kesehatan tersebut akan dikenakan biaya.

  2. Lakukan tes psikotes di Selatan Polres Sleman.

    Setelah itu, lakukan tes psikotes di Psikolog. Lokasinya berada di sebelah Selatan Polres Sleman kurang lebih 30 meter, lebih tepatnya ada di ruko cat hijau sebelah barat jalan. Untuk mendapatkan hasil tes psikotes tersebut Anda juga dikenakan biaya.

  3. Menuju ke Polres Sleman.

    Bawa dokumen persyaratan yang sudah lengkap ke Polres Sleman. Sebelum masuk, akan ada petugas yang memeriksa kelengkapan berkas Anda.

  4. Lakukan Pembayaran di Bank BRI.

    Setelah itu, petugas akan mengarahkan Anda untuk membayar PNBP SIM sesuai tarif yang berlaku di Loket Bank BRI yang sudah tersedia.

  5. Masukkan berkas ke Loket 1 Pendaftaran.

    Serahkan semua berkas yang sudah lengkap ke Loket 1 Pendaftaran. Dari loket tersebut, Anda akan mendapatkan formulir yang harus diisi.

  6. Menuju ke Loket 2 untuk input data identitas.

    Setelah itu, berikan formulir yang sudah Anda isi tersebut ke Loket 2 untuk diinput data sesuai dengan identitas. Setelah selesai input data, Anda akan diberikan nomor antrian.

  7. Lakukan identifikasi data di Loket 3.

    Kemudian, masuk ke dalam Loket 3 untuk melakukan identifikasi berupa pengambilan foto SIM, rekam sidik jari, dan tanda tangan digital sesuai dengan nomor antrian.

  8. Laksanakan tes teori di Ruang Ujian Teori.

    Setelah identifikasi selesai, silahkan Anda masuk ke Ruang Ujian Teori untuk melaksanakan ujian teori. Ujian teori tersebut dilaksanakan menggunakan komputer dan berbasis online.

  9. Menuju ke Lapangan Ujian Praktik untuk melaksanakan ujian praktik.

    Bagi yang dinyatakan lulus dari ujian teori, Petugas akan mengarahkan Anda untuk melaksanakan ujian praktik. Ujian praktik akan dilaksanakan sesuai dengan nomor urut Anda. Jika lulus ujian praktik, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

  10. Ambil SIM di Ruang Pengambilan SIM.

    Setelah itu, silahkan menuju ke Ruang Pengambilan SIM. Jika proses cetak SIM selesai, nama Anda akan dipanggil untuk mengambil SIM yang sudah jadi.

Aplikasi SIM Online Sleman

Sekarang, masyarakat Kabupaten Sleman bisa melakukan perpanjangan SIM dengan mudah secara online melalui sebuah aplikasi. Aplikasi SIM online tersebut telah resmi diluncurkan oleh Korlantas Polri dan bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Sleman.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk mengirim SIM yang sudah jadi ke alamat rumah Anda melalui jasa pengiriman SIM. Namun tentunya akan ada tambahan biaya administrasi untuk pengiriman SIM tersebut.

Bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM online, silahkan download aplikasinya terlebih dahulu dengan tekan tombol di bawah ini.