Biaya SIM Sidoarjo Serta Syarat & Tes Nya

SIM Sidoarjo – SIM menjadi salah satu bukti bahwa seseorang telah memenuhi syarat administrasi dan memiliki pemahaman tentang peraturan lalu lintas. SIM ini bisa diperoleh dengan melewati beberapa tes. Untuk membuat SIM itu sendiri akan dikenakan beberapa biaya.

Advertisements

Lalu berapa biaya membuat SIM di Sidoarjo?

Biaya pembuatan SIM motor Sidoarjo adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Sidoarjo adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti biaya asuransi, cek kesehatan, dan juga tes psikotes.

Artikel ini berisi tentang biaya, syarat, & tata cara pembuatan SIM Sidoarjo. Berikut penjelasannya.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Satpas Polresta Sidoarjo

Pembuatan SIM di Kabupaten Sidoarjo adalah Satpas Polresta Sidoarjo yang lokasinya berada satu area dengan Polresta Sidoarjo. Alamatnya ada di Jl. Raya Cemeng Kalang No.12, Cemengkalang, Cemeng Kalang, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Untuk pengurusan SIM, sebaiknya Anda datang di pagi hari karena harus melakukan cek kesehatan dan tes psikotes dulu yang antriannya semakin panjang jika di siang hari.

Di area Polresta Sidoarjo ini juga ada fotocopyan, sehingga Anda tidak perlu keluar area Polres. Selain itu ada juga Bank BRI yang berada di dalam Polresta Sidoarjo yang bisa digunakan untuk membayar keperluan pengurusan SIM dan juga untuk umum.

Tes SIM Online Sidoarjo

Salah satu syarat untuk membuat SIM adalah lulus ujian teori yang dilaksanakan di Satpas. Ujian teori ini berisi 30 soal yang membahas tentang bagaimana cara berkendara yang baik dan benar.

Agar memiliki persiapan yang lebih matang, Anda bisa mencoba mengerjakan beberapa contoh soal ujian teori. Atau Anda bisa juga mengikuti simulasi tes teori SIM yang sudah kami siapkan ini.

Simulasi ini berupa 30 soal yang kurang lebih sama seperti pada ujian teori di Satpas. Anda harus mampu menjawab 21 soal dengan benar jika ingin lulu.

Anda bisa mencoba simulasi tes SIM online tersebut dengan cara klik link di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Sidoarjo

Pembuatan SIM Sidoarjo baik motor atau mobil telah ditetapkan tarifnya tersendiri. Tarif yang berlaku tersebut merupakan tarif resmi yang sudah diatur di dalam peraturan pemerintah.

Berikut adalah biaya SIM A dan SIM C terbaru di Sidoarjo secara lengkap:

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Sidoarjo adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Sidoarjo adalah Rp. 80.000. Berikut rincian biaya perpanjangan SIM motor dan mobil di Sidoarjo.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Syarat Pembuatan SIM Sidoarjo

Beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan SIM di Satpas Polresta Sidoarjo, antara lain:

  • KTP asli dan fotocopy
  • Surat Keterangan Sehat
  • Hasil tes psikotes
Advertisements

Tes kesehatan dan tes pasikotes bisa dilakukan dilakukan di layanan kesehatan Polresta Sidoarjo.

Untuk biaya tes kesehatan di Polresta Sidoarjo adalah Rp.30.000. Sedangkan untuk biaya tes psikotes di Polresta Sidoarjo adalah Rp. 50.000.

Cara Pembuatan SIM Sidoarjo

Prosedur yang harus Anda lakukan dalam pembuatan SIM di Satpas Polresta Sidoarjo adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pendaftaran melalui Aplikasi E-SIM Sidoarjo.

    Pertama, Anda harus melakukan booking terlebih dahulu melalui aplikasi E-SIM Sidoarjo. Aplikasi tersebut berfungsi untuk melakukan pendaftaran sebelum datang ke Satpas. Anda juga bisa memilih jadwal kehadiran untuk datang ke Satpas.

  2. Siapkan Surat Keterangan Sehat dan Psikotes.

    Kemudian, silahkan Anda menuju ke layanan kesehatan untuk cek kesehatan dan tes psikotes. Lokasinya ada di sebelah kanan gedung Polresta Sidoarjo.

  3. Datang ke Polresta Sidoarjo.

    Silahkan Anda bawa semua dokumen persyaratan ke Polresta Sidoarjo. Untuk membuat SIM baru, Anda bisa langsung membawa motor Anda masuk untuk ujian praktik. Sebelum masuk ke dalam gedung, Anda akan diminta untuk menunjukkan kode booking dari apilkasi E-SIM.

  4. Lakukan regristrasi dan cetak formulir di Loket I.

    Silahkan Anda melakukan regristrasi pendaftaran ke petugas Loket I. Kemudian serahkan berkas ke petugas Loket untuk dicek. Setelah itu, Anda akan diberi formulir yang sudah dicetak oleh petugas.

  5. Kumpulkan berkas ke Loket 2.

    Setelah semua berkas lengkap, silahkan kumpulkan berkas ke Loket 2 untuk penginputan ke sistem database Korlantas.

  6. Ambil berkas di Loket 3.

    Setelah penginputan data selesai, Anda akan diminta untuk mengecek kembali data Anda di Loket 3. Setelah data benar, petugas akan menyerahkan berkas kepada Anda.

  7. Lakukan identifikasi dan foto SIM di Ruang Foto.

    Setelah itu, Anda akan diarahkan masuk ke Ruang Foto untuk proses identifikasi SIM. Proses tersebut meliputi pengambilan foto dan juga sidik jari.

  8. Menuju ke Ruang S.A.R untuk pengarahan.

    Sebelum mengikuti ujian pembuatan SIM, Anda akan diminta menuju ke Ruang S.A.R untuk diberikan arahan. Di ruang ini, Anda akan diberi arahan untuk mempelajari materi yang akan diujikan nantinya.

  9. Laksanakan ujian teori di Ruang Uji Teori.

    Setelah itu, Anda bisa mengikuti ujian teori yang dilaksanakan di Ruang Uji Teori. Ujian teori tersebut dilaksanakan berbasis audio visual. Untuk syarat kelulusan ujian teori adalah memperoleh nilai minimal 70.

  10. Laksanakan ujian praktik di Lapangan Satpas.

    Setelah lulus ujian teori, Anda bisa melakukan ujian praktik di Lapangan Satpas. Di Lapangan Ujian Praktik tersebut sudah menggunakan vibration sensor yang akan berbunyi jika Anda melakukan kesalahan.

  11. Lakukan pembayaran di Loket BRI.

    Setelah mendapatkan surat lulus ujian praktik, Anda akan diminta untuk menyelesaikan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI sesuai tarif yang berlaku.

  12. Ambil SIM di Loket Penyerahan SIM.

    Setelah menyelesaikan proses pembayaran, Anda bisa mengambil SIM Anda di Loket Penyerahan SIM.

Aplikasi SIM Online Sidoarjo

Seiring dengan berkembangnya era digital, Korlantas Polri juga memperluas pelayanan SIM dengan membuat sebuah aplikasi android untuk perpanjangan SIM secara online.

Aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui smartphone dan bisa digunakan oleh seluruh masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM. Selain itu, Anda tidak perlu datang ke Satpas untuk mengambil SIM, karena SIM bisa langsung dikirim ke alamat rumah Annda menggunakan jasa pengiriman.

Jika Anda ingin memperpanjang SIM secara online, silahkan Anda download aplikasi SIM online dengan klik tombol di bawah ini.