Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Serang Serta Syarat & Tes Nya

SIM Serang – Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh pengendara motor maupun mobil. Karena pengendara yang tidak memiliki SIM bisa menyebabkan terkena tilang saat mengoperasikan kendaraannya di jalan.

Pembuatan SIM di Kota Serang tentunya akan memerlukan biaya.

Biaya pembuatan SIM motor Serang adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Serang adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan biaya asuransi.

Berikut ini, kami akan membahas beberapa hal mengenai SIM di Serang, antara lain:

Advertisements

Lokasi Polresta Serang

Pembuatan SIM di Kota Serang dilakukan di Jl. Ahmad Yani No.64, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Untuk menuju ke sana, Anda bisa melihat map di bawah ini.

Sebelum menuju ke Polresta Serang, siapkan dulu semua berkas yang diperlukan. Dan juga jangan lupa bawa uang tunai yang cukup. Anda bisa tarik tunai di ATM terdekat Polresta. Berikut lokasinya.

Tes SIM Online Serang

Untuk melakukan pembuatan SIM, Anda harus melalui beberapa tahapan tes salah satunya adalah ujian teori. Pada tes teori ini, Anda diminta untuk menjawab beberapa soal dengan waktu yang terbatas. Sehingga jika Anda tidak memiliki persiapan, bisa jadi Anda gagal dalam tes ini.

Untuk itu, sering-seringlah latihan mengerjakan tes teori SIM, salah satunya adalah mengikuti simulasi ujian tes SIM. Dengan mengikuti simulasi tes sim online ini, Anda bisa mengetahui gambaran umum soal yang akan diujikan nanti.

Untuk mulai mengikuti simulasi tes SIM online tersebut, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Biaya SIM di Serang

Biaya untuk pembuatan SIM baru ataupun memperpanjang SIM di Kota Serang sudah ditetapkan secara resmi oleh pemerintah. Berikut ini biaya pembuatan dan perpanjang SIM untuk motor dan juga mobil di Kota Serang.

Biaya Pembuatan SIM Baru Serang

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

Biaya di atas hanya biaya untuk penerbitan SIM dan belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan dan juga asuransi jika ada.

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Serang

Biaya perpanjangan SIM motor Serang adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan mobil Serang adalah Rp. 80.000.

Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM di Serang. 

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

Biaya di atas hanya biaya untuk penerbitan SIM dan belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan dan juga asuransi jika ada.

Syarat Pembuatan SIM di Serang

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa membuat SIM di Serang, antara lain:

  • Usia minimal pembuatan SIM A  dan SIM C adalah 17 tahun
  • Memiliki KTP
  • Mengisi formulir permohonan
  • Lulus ujian teori, ujian praktik, dan ujian ketrampilan simulator
Advertisements

Cara Pembuatan SIM di Serang

Langkah – langkah pembuatan SIM di Kota Serang, antara lain:

  1. Siapkan fotocopy KTP.

    Pertama, datang ke tempat fotocopy, kemudian fotocopy KTP Anda menjadi beberapa lembar dan masukkan ke dalam map.

  2. Buat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani.

    Datang ke klinik kepolisian atau pusat kesehatan lainnya untuk mengurus surat keterangan jasmani dan rohani dari dokter dan psikolog.

  3. Ambil formulir permohonan di loket pendaftaran

    Datang ke Loket Pendaftaran SIM baru untuk pengisian formulir pendaftaran pembuatan SIM. Di loket tersebut, Anda juga akan diminta melakukan pembayaran SIM sesuai tarif resmi yang berlaku

  4. Ikuti ujian tes teori di ruang ujian.

    Setelah itu, Anda diarahkan ke ruang ujian untuk mengikuti ujian tes teori. Sebelum ujian, petugas akan memberikan instruksi terlebih dulu tentang ujian yang akan Anda kerjakan.

  5. Ikuti ujian simulator ketrampilan.

    Setelah lulus ujian teori, Anda akan diarahkan untuk mengikuti simulasi ujian ketrampilan mengemudi sesuai dengan instruksi dari petugas.

  6. Ikuti ujian praktik pembuatan SIM di lokasi ujian praktik.

    Setelah lulus ujian teori dan ketrampilan, selanjutnya adalah ujian praktik yang dilaksanakan di lokasi ujian praktik. Ujian praktik tersebut berupa rintangan dan juga marka yang harus Anda lewati dengan menggunakan kendaraan.

  7. Identifikasi data dengan tanda tangan, pengambilan sidik jari, dan foto.

    Setelah dinyatakan lulus dan tidak ada kesalahan dari ujian-ujian sebelumnya, Anda akan diminta menuju ke ruang foto untuk tanda tangan, pengambilan sidik jari, dan juga foto untuk data SIM baru Anda.

  8. Ambil SIM

    Setelah identifikasi selesai, silahkan tunggu hingga nama Anda dipanggil untuk mengambil SIM baru Anda.

Aplikasi SIM Online Serang

Jika Anda tidak memiliki waktu datang ke Polres untuk mengurus pembuatan atau perpanjang SIM, Anda bisa mengurusnya secara online melalui aplikasi yang dibuat oleh Korlantas Polri. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengurus pembuatan atau perpanjang SIM online.

Aplikasi ini bisa Anda download di smartphone Anda dengan sangat mudah. Untuk mendapatkan informasi mengenai layanan SIM online, silahkan download aplikasinya di bawah ini.