Advertisements

Biaya SIM Salatiga Serta Syarat & Tes Nya

Advertisements

SIM Salatiga – Sebelum memproses pembuatan SIM Salatiga, Anda dapat menemukan informasi meliputi lokasi, syarat, biaya, dan prosedur pembuatannya pada artikel berikut.

Biaya pembuatan SIM Salatiga adalah Rp. 120.000 untuk penerbitan SIM A, dan Rp. 100.000 untuk penerbitan SIM C. Biaya tersebut belum termasuk tarif tambahan lainnya.

Pada artikel “SIM Salatiga”, kami akan membahas tentang :

Advertisements

Alamat Satlantas Polres Salatiga

Pembuatan SIM baru di Salatiga berada di Satlantas Polres Salatiga yang beralamat Jl. Diponegoro No. 82, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, 50714.

Untuk lokasi Satlantas Salatiga dengan Taman Lalu Lintas yang berada di Jl, Diponegoro hanya sekitar Rp. 130 meter lurus, kemudian belok ke arah kiri.

Tes SIM Salatiga Online

Dikarenakan pada saat ujian teori pembuatan SIM baru terdapat nilai batas minimal, maka Anda sebaiknya berlatih mengerjakan soal – soal ujian teori terlebih dahulu.

Berlatih dalam mengerjakan ujian teori dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan Simulasi Tes SIM Online di bawah ini.

Pada “Simulasi Tes SIM Online” Anda dapat mengerjakan secara online 30 contoh soal ujian. Di setiap contoh soal terdapat 4 pilihan jawaban, dan Anda secata langsung mengetahui pilihan jawaban Anda salah atau benar.

Biaya Penerbitan SIM Baru dan Perpanjangan SIM Salatiga

Untuk proses pembuatan dan perpanjangan SIM Salatiga, Anda juga harus mempersiapkan sejumlah dana. Berikut penjelasannya.

Biaya Penerbitan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Biaya yang tertera pada daftar tabel di atas tidak termasuk proses penerbitan surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Salatiga

Ada perbedaan antara biaya perpanjang SIM C dan SIM A. Biaya perpanjangang SIM C adalah Rp. 75.000, sedangkan SIM A sebesar Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM ARp. 80.000
Perpanjangan SIM CRp. 75.000

*Biaya yang tertera pada daftar tabel di atas tidak termasuk proses penerbitan surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Syarat Dokumen Penerbitan SIM Baru Salatiga

Sebelum melakukan proses pendaftaran pembuatan SIM di Satlantas Polres Salatiga, Anda harus menyiapkan beberapa berkas persyaratan, yaitu :

  • KTP asli yang sah dan fotokopi
  • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter
  • Surat Keterangan Lulus Psikologi

Catatan : Untuk Surat Keterangan Kesehatan yang berlaku hanya dari klinik atau dokter yang ditunjuk.

Proses Pembuatan SIM Salatiga

Advertisements

  1. Cek kesehatan jasmani di klinik kesehatan belakang Satlantas.

    Pada saat cek kesehatan akan dilakukan pengecekan tekanan darah, penglihatan, tinggi, dan berat badan. Lokasi pelayanan cek kesehatan berada di belakang Satlantas Salatiga sekitar 100 meter.

  2. Lakukan tes psikologi di dekat Ruang Kesehatan.

    Lokasi untuk tes psikologi dari ruang cek kesehatan jalan lurus, kemudian belok ke arah kanan. Pada saat mengerjakan soal tes psikologi, biasanya hanya menjawab pertanyaan ya/tidak sesuai kepribadian.

  3. Bayar PNBP SIM di loket pembayaran

    Setelah mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan dan hasil tes psikologi, masukkan jadi satu dengan dokumen persyaratan lainnya, dan lakukan pembayaran PNBP SIM di loket pembayaran.

  4. Isi formulir pendaftaran pembuatan SIM baru

    Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran. Lalu, Anda akan diminta untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran. Kemudian, kumpulkan dokumen persyaratan tersebut ke bagian pendaftaran.

  5. Tunggu dipanggil untuk masuk ruang foto untuk pengambilan foto, tanda tangan, & sidik jari.

    Setelah proses pengecekan berkas, dan penginputan data selesai, selanjutnya Anda akan dipanggil untuk masuk ke ruang foto. Di dalam ruang ini akan dilakukan pengambilan foto, tanda tangan, & sidik jari.

  6. Silahkan ikuti ujian teori di Ruang Ujian Teori Avis.

    Apabila proses identifikasi di ruang foto telah selesai, Anda akjan dipersilahkan untuk mengikuti ujian teori.

  7. Selanjutnya, ikuti ujian praktik berkendaran sesuai dengan jenis golongan SIM

    JIka Anda dinyatakan “Lulus” pada ujian teori, maka Anda akan dipersilahkan untuk mengikuti ujian praktik berkendara.
    Jika pada praktik mengemudi pertama Anda belum “Lulus”, Anda dapat mengulanginya kembali paling lama 7 hari kemudian.

  8. Kemudian, ambil SIM baru Anda di loket penyerahan SIM

    Setelah “Lulus” dari ujian praktik, silahkan untuk mengambil SIM yang telah dicetak di loket penyerahan SIM.

Perpanjangan SIM Salatiga Online

Apabila Anda memiliki keterbatasan waktu dalam mengurus perpanjangan SIM secara langsung, kini Anda dapat melakukannya secara online via Aplikasi SIM Online yang diluncurkan oleh Korlantas Polri.

Pada Aplikasi SIM Online tersedia layanan perpanjangan SIM secara online, sehingga Anda tidak perlu mengantri di tempat secara langsung.

 Untuk proses poembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank, dan SIM baru atau yang telah selesai proses perpanjang akan dikirimkan ke alamat Anda menggunakan jasa pengiriman yang telah Anda pilih pada saat pendaftaran melalui Aplikasi SIM Online.

Bagi Anda yang ingin memiliki Aplikasi SIM Online dan mngisntalnya di smartphone, silahkan tekan tombol “Download” di bawah ini.