Advertisements

Biaya SIM Purworejo Serta Syarat & Tes Nya

SIM Purworejo – Bagi setiap orang yang mengendarai kendaraan di jalanan, wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) terlebih dahulu. Pembuatan SIM Purworejo dilakukan di Satlantas Polres Purworejo dan tentunya akan dikenakan biaya PNBP SIM.

Advertisements

Lalu berapa biaya untuk pembuatan SIM di Purworejo?

Biaya pembuatan SIM C (motor) Purworejo adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM A (mobil) Purworejo adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain, seperti cek kesehatan jasmani dan rohani.

Berikut adalah daftar isi tentang SIM Purworejo yang akan dibahas pada artikel ini.

Lokasi Satlantas Polres Purworejo

Untuk membuat SIM di Purworejo, Anda harus menuju ke Satlantas Polres Purworejo yang beralamatkan di Plaosan, Purworejo, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Lokasi Satlantas Polres Purworejo ini berada di sebelah selatan alun-alun Kota Purworejo.

Untuk pembuatan SIM di Satlantas Purworejo, sebaiknya Anda datang pada pagi hari. Karena Anda harus mengurus Surat Sehat Jasmani dan Rohani dulu yang lokasinya tidak satu area dengan Satlantas Polres Purworejo.

Tes SIM Online Purworejo

Penerbitan SIM dilakukan jika Anda bisa melewati beberapa tahap ujian. Salah satu tahap ujian tersebut adalah ujian teori yang dilaksanakan di Satlantas Polres Purworejo. Anda harus memperoleh nilai minimal 70 agar bisa dinyatakan lulus.

Sebagai bahan pembelajaran, Anda bisa mengikuti simulasi tes SIM yang kami siapkan ini. Simulasi ini berisi soal-soal yang biasanya mucul pada saat ujian teori.

Silahkan tekan tombol berikut untuk memulai simulasi tes SIM online tersebut.

Biaya SIM Purworejo

Tarif pembuatan SIM yang berlaku di Satlantas Polres Purworejo adalah tarif resmi yang telah ditetapkan dalam peraturan pemerintah. Untuk rincian biaya pembuatan SIM A dan SIM C secara lengkap bisa Anda lihat tabel di bawah ini.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Purworejo adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Purworejo adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Syarat Pembuatan SIM Purworejo

Beberapa persyaratan yang harus Anda bawa saat melakukan pembuatan SIM A dan SIM C adalah sebagai berikut:

  • KTP asli yang sah
  • Fotocopy KTP
  • Surat Keterangan Dokter Sehat Jasmani
  • Surat Keterangan Sehat Rohani
  • SIM A dilengkapi hasil uji simulator

Cara Pembuatan SIM Purworejo

  1. Buat Surat Keterangan Kesehatan dari dokter dan psikolog.

    Sebelum menuju ke Satlantas Polres Purworejo, silahkan Anda lakukan tes psikologi dan tes kesehatan. Untuk tes psikolog dilakukan di sebelah barat Satlantas kurang lebih 100 meter, letaknya ada di utara jalan.
    Sedangkan untuk tes kesehatan dilakukan di Dr. Tia, letaknya berada di sebelah barat lokasi tes psikolog kurang lebih 50 meter.

  2. Pergi ke Satlantas Polres Purworejo.

    Kemudian, bawa semua berkas ke Satlantas Polres Purworejo. Datanglah sesuai dengan jam pelayanan Satlantas Polres Purworejo.

  3. Lakukan Pembayaran PNBP SIM di Loket BRI.

    Berikan berkas ke Loket BRI. Setelah berkas lengkap, Anda akan diminta untuk membayar biaya PNBP SIM sesuai dengan tarif resmi yang berlaku. Setelah pembayaran selesai, Anda akan diberi resi bank.

  4. Lakukan registrasi di Loket Pendaftaran.

    Kemudian, serahkan semua berkas ke Loket Pendaftaran. Setelah berkas lengkap, Anda akan diberikan map yang berisi formulir pendaftaran yang harus Anda isi.

  5. Ikuti Ujian Simulator untuk pemohon penerbitan SIM A.

    Bagi pemohon SIM A, Anda harus mengikuti ujian simulator terlebih dahulu sebelum mengikuti ujian teori. Hasil ujian simulator ini menjadi syarat untuk melanjutkan ke tahap tes berikutnya. Namun untuk pemohon SIM C tidak perlu mengikuti ujian simulator.

  6. Ikuti Ujian Teori di Ruang Uji Teori.

    Setelah itu, ikuti ujian teori di Ruang Uji Teori. Sebelum mengikuti ujian teori, petugas akan memberikan arahan dan tata cara untuk mengikuti ujian teori.

  7. Ikuti Ujian Praktik di Lapangan Uji Praktik.

    Setelah dinyatakan lulus dari ujian teori, Anda bisa melanjutkan ke tahap tes selanjutnya yaitu ujian praktik. Ujian praktik ini dilaksanakan di Lapangan Uji Praktik yang ada di belakang Gedung Satlantas Polres Purworejo.

  8. Ambil SIM di Loket Penyerahan SIM.

    Setelah lulus dari semua tes yang diujikan, silahkan Anda menuju ke Loket Penyerahan SIM yang berada di sebelah kanan Loket Pendaftaran. Tunggu proses pencetakan SIM Anda selesai. Nama Anda aka di panggil di Loket Penyerahan.

Aplikasi SIM Online Purworejo

Perpanjangan SIM bagi masyarakat Purworejo kini menjadi lebih mudah berkat adanya aplikasi SIM online yang dibuat oleh Korlantas Polri. Masyarakat tidak perlu antri di Satlantas, karena cukup menggunakan aplikasi tersebut, perpanjangan SIM secara online sudah bisa dilakukan di mana saja.

Untuk metode pembayaran perpanjangan online bisa dilakukan dengan cara transfer melalui rekening bank yang tersedia. Sedangkan untuk pengambilan SIM yang sudah jadi, Anda bisa mengambil langsung di Satlantas atau bisa juga dikirim ke alamat rumah Anda.

Untuk menggunakanan layanan perpanjangan SIM online Purworejo bisa dowload aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini.