Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Pekanbaru Serta Syarat & Tes Nya

SIM Pekanbaru – Seseorang yang mengendrai kendaraan di jalan, maka harus memiliki SIM terlebih dahulu. Karena jika tidak memiliki SIM, maka pengendara tersebut dikatakan belum memenuhi persyaratan yang diwajibkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Untuk membuat SIM di Pekanbaru tentu ada biayanya.

Biaya pembuatan SIM motor Pekanbaru adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Pekanbaru adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti biaya asuransi, cek kesehatan, dan juga tes psikotes.

Untuk syarat dan cara pembuatan SIM Pekanbaru bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Advertisements

Lokasi Satlantas Polrestabes Pekanbaru

Untuk pembuatan SIM di Kota Pekanbaru, Anda harus menuju ke Satlantas Polrestabes Pekanbaru yang letaknya ada di Meranti Pandak, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

Satlantas Polrestabes Pekanbaru ini berada kurang lebih 2.5 km dari Polresta Pekanbaru, atau lebih tepatnya berada di sebelah utara Sungai Siak. Jika Anda dari arah selatan, Anda harus menyebrangi Jembatan Siak terlebih dahulu.

Anda bisa melihat peta di bawah ini untuk lokasi lebih spesifiknya.

Untuk jam pelayanannya Satpas Polrestabes Pekanbaru adalah Senin – Jum’at jam 08.00 – 15.00 dan Sabtu jam 08.00 – 12.00.

Tes SIM Online Pekanbaru

Syarat untuk membuat SIM adalah harus bisa lulus dari tahapan tes yang diujikan di Satlantas. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki persiapan yang cukup matang dengan cara mengikuti simulasi tes yang sudah kami siapkan ini.

Simulasi tes SIM ini terdiri dari 30 soal berupa pilihan ganda tentang rambu lalu lintas dan juga tata cara berkendara yang baik dan benar. Dengan mengerjakan simulasi ini, Anda akan mengetahui gambaran soal yang akan Anda kerjakan pada saat tes teori di Satlantas nantinya.

Untuk itu, silahkan ikuti simulasi tes SIM online tersebut dengan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Pekanbaru

Berikut adalah biaya pembuatan dan perpanjangan SIM motor dan Mobil Pekanbaru:

Biaya Pembuatan SIM Baru Pekanbaru:

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Biaya Perpanjangan SIM Pekanbaru

Biaya perpanjangan SIM motor Pekanbaru adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Pekanbaru adalah Rp. 80.000. Berikut adalah tarif perpanjangan SIM C dan SIM A di Pekanbaru.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Syarat Pembuatan SIM Pekanbaru

Advertisements

Beberapa syarat untuk membuat SIM di Pekanbaru adalah sebagai berikut:

  • KTP asli
  • Pengisian formulir permohonan SIM
  • Rumusan Sidik Jari
  • Surat Sehat Jasmani dari dokter
  • Surat Sehat Rohani dari psikolog

Cara Pembuatan SIM Pekanbaru

Berikut ini cara pembuatan SIM di Satlantas Polres Pekanbaru:

  1. Datang ke Satlantas Polrestabes Pekanbaru.

    Bawa semua persyaratan ke Satlantas Polresta Pekanbaru. Datanglah ke kantor Satlantas sesuai dengan jam pelayanannya.

  2. Cek kelengkapan berkas di Loket Informasi dan Verifikasi.

    Setelah itu, Anda masuk ke Gedung Satlantas Polrestabes Pekanbaru. Kemudian berikan berkas Anda ke petugas Loket Informasi dan Verifikasi untuk dicek kelengkapannya.

  3. Lakukan tes kesehatan di Layananan Kesehatan Satlantas Polrestabes Pekanbaru.

    Kemudian, petugas akan mengarahkan Anda untuk melakukan tes kesehatan di Layanan Kesehatan yang berada di luar Gedung Satlantas sebelah kanan. Tes kesehatan tersebut terdiri dari tes kesehatan jasmani dan rohani.

  4. Lakukan pembayaran di Loket BRI.

    Setelah melakukan tes kesehatan, silahkan menuju ke Loket BRI yang berada di belakang Layanan Kesehatan untuk membayar PNBP SIM.

  5. Menuju ke Loket Informasi dan Verifikasi untuk minta formulir.

    Setelah berkas persyaratan lengkap, silahkan Anda masuk ke Gedung Satlantas lagi dan menuju ke Loket Informasi dan Verifikasi. Kemudian petugas akan memberikan formulir yang harus Anda isi di meja pengisian formulir yang telah disediakan.

  6. Lakukan pendaftaran SIM baru di Loket 1.

    Setelah itu, petugas akan memberikan arahan untuk melakukan pendaftaran di Loket 1. Loket ini berada di depan Loket Infomrasi dan Verifikasi. Kemudian serahkan berkas Anda ke Loket 1 untuk diinput data.

  7. Menuju ke Ruang Identifikasi untuk foto dan rekam sidik jari.

    Setelah nomor antrian Anda dipanggil, silahkan Anda masuk ke Ruang Foto sesuai arahan petugas untuk melakukan identifikasi berupa foto SIM, sidik jari, dan tanda tangan.

  8. Ikuti pelaksanaan ujian teori di Ruang Uji Teori.

    Sambil menunggu giliran Anda mengikuti ujian teori, petugas akan memberikan arahan kepada seluruh peserta ujian teori di Ruang Edukasi. Jika sudah tiba giliran Anda untuk ujian, maka nomor Anda akan dipanggil untuk masuk ke Ruang Uji Teori.

  9. Laksanakan Ujian Praktik di Lapangan Satlantas.

    Setelah lulus dari ujian teori, Anda bisa melanjutkan ke tahap tes yang selanjutnya yaitu ujian praktik yang dilaksanakan di Lapangan Satlantas Polrestabes Pekanbaru. Kemudian Anda akan diminta untuk mengendarai kendaraan Anda sesuai dengan arahan petugas.

  10. Menuju ke Loket 4 Penyerahan SIM untuk mengambil SIM.

    Jika lulus ujian praktik, maka Anda bisa menerima SIM di Loket 4 Penyerahan SIM.

Aplikasi SIM Online Pekanbaru

Sekarang, Anda bisa melakukan perpanjangan SIM secara online menggunakan aplikasi yang dapat diakses melalui android. Aplikasi SIM online tersebut bisa digunakan dengan cara didownload melalui smartphone Anda.

Selain bisa melakukan perpanjangan SIM secara online, proses pembayaran juga dilakukan secara transfer melalui rekening bank. Aplikasi tersebut juga menyediakan pilihan untuk mengirim SIM yang sudah jadi ke rumah Anda, sehingga Anda tidak perlu ke Polres untuk pengurusan perpanjangan SIM.

Jika Anda ingin melakukan perpanjangan SIM secara online, silahkan Anda download aplikasinya dengan tekan tombol di bawah ini.