Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Ngawi Serta Syarat dan Tes Nya

SIM Ngawi – SIM merupakan tanda bukti bahwa pemegang kartu tersebut telah mampu berkendara dengan baik.

Jika Anda ingin mengurus SIM, simak penjelasan berikut untuk lokasi, biaya dan ketentuan mengenai SIM wilayah Ngawi.

Berapa biaya penerbitan SIM Ngawi?

Biaya penerbitan SIM C (Motor) Ngawi adalah Rp. 100,000 dan SIM A (Mobil) adalah sebesar Rp. 120,000. Biaya tersebut dijelaskan di Surat Keputusan Kapolri dengan Nomor Polisi : Skep/1008/XII/2004 tanggal 29 Desember 2004.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Pelayanan SIM Polres Ngawi

Penerbitan kartu SIM A (mobil) maupun SIM C (motor) Ngawi dapat dilaksanakan di tempat khusus Pelayanan SIM Polres Ngawi yang lokasinya dapat Anda temukan di Google Map berikut :

Alamat lengkap untuk Pelayanan SIM Polres Ngawi : HCXW+V9R, Kluncing, Ketanggi, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63211

Tes SIM Online Ngawi

Bagi Anda yang penasaran mengenai apa saja bagian yang perlu ditempuh untuk mendapatkan Kartu SIM, salah satu jawabannya adalah Ujian Teori.

Ujian Teori berisi tentang bagaimana Anda memahami rambu lalu lintas, sistem jaringan dan kelas jalan serta pelayanan angkutan umum.

Pada bagian ini kami berikan sebuah contohnya sekaligus untuk simulasi Tes SIM Online yang bisa Anda coba secara langsung dan gratis.

Anda dapat memulai simulasi tes SIM tersebut dengan menekan tombol berikut.

Simulasi ini telah mengikuti standard persyaratan untuk ujian teori yang sesungguhnya. Tes terdiri dari 30 soal dengan pilihan jawaban BENAR atau SALAH. Bila Anda dapat mengisi jawaban dengan presentase 70% (sekitar 21 soal terjawab dengan BENAR) maka Anda bisa lulus dengan lancar.

Biaya SIM Ngawi

Berikut penjelasan mengenai biaya pembuatan dan perpanjangan SIM wilayah Ngawi.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Advertisements
Jenis PembayaramBiaya
Pembuatan SIM CRp 100.000
Pembuatan SIM ARp 120.000

*biaya yang tertera belum mencakup kalkulasi untuk tes kesehatan, psikotes dan asuransi.

Biaya Perpanjangan SIM Ngawi

Sedangkan besarnya harga perpanjangan SIM C Ngawi adalah Rp 75.000 dan biaya perpanangan SIM A Ngawi adalah Rp 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM CRp 75.000
Perpanjangan SIM ARp 80.000

*biaya di atas belum mencakup kalkulasi untuk psikotes, tes kesehatan dan asuransi.

Syarat Pengurusan SIM Ngawi

  • Membawa E-KTP dan Fotocopy
  • Kartu SIM lama (untuk perpanjangan SIM)
  • Surat Keterangan Sehat (dari Puskesmas atau Dokter)
  • Surat Hasil Psikotes
  • Surat Permohonan
Advertisements

Cara Memperoleh SIM Baru Ngawi

  1. Lakukan Registrasi di Pelayanan SIM Polres Ngawi.

    Datanglah ke kantor Pelayanan dengan membawa KTP asli dan 2 lembar Fotokopi beserta surat permohonan bermaterai 6.000. Masuk ke ruang layanan SIM dan menuju ke loket 3.
    Serahkan KTP dan petugas akan memberikan Kartu Pengunjung (sudah disediakan). Kemudian isi formulir yang telah disediakan.

  2. Dapatkan Surat Kesehatan dan Psikotes di Area Terdekat.

    Setelah itu, Anda masuk gang dekat polres, ke timur untuk melakukan tes kesehatan dan psikotes dengan menyerahkan Fotocopy KTP 1 lembar.

  3. Segera Konfirmasi Berkas Anda Untuk Mengikuti Ujian Teori.

    Jika semua berkas sudah lengkap, Anda kembali ke ruang Pelayanan SIM untuk memberikan konfirmasi data. Setelah itu, Anda akan mendapatkan nomor urut untuk ujian teori.

  4. Selanjutnya Laksanakan Ujian Praktik di Lapangan Polres.

    Apabila pada ujian teori sebelumnya Anda lulus, petugas akan mengarahkan Anda untuk mempraktikkan kemampuan Anda dalam berkendara di lapangan terbuka. Tempat ujian praktik ini sudah menyesuaikan ketentuan fasilitas uji kendaraan.

  5. Hingga Bagian Terakhir, Ikuti Kegiatan Identifikasi dan Verifikasi Data Anda.

    Selanjutnya, petugas akan memberikan pengumuman hasil ujian Anda. Jika Anda dinyatakan lulus, maka tahap berikutnya mengikuti sesi pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan yang berlangsung di Ruang Foto.

  6. Lakukan Pembayaran dan Tunggu SIM Anda Dicetak.

    Kembalilah ke ruang Pelayanan SIM untuk melakukan pembayaran PNBP SIM di loket BRI (loket 2). Setelah itu, tunggu SIM Anda dicetak.

Aplikasi Perpanjangan SIM Online Ngawi

Era digitalisasi ini tentu memberikan banyak dampak yang positif terhadap pelayanan kehidupan masyarakat, salah satunya adalah aplikasi androit untuk Perpanjangan SIM Online.

Untuk dapat menggunakan layanan pada aplikasi ini, pastikan Anda sudah mendaftarkan diri dengan benar serta melakukan verifikasi data. Dalam waktu 15 menit perpanjangan SIM Anda sudah siap terima.

Untuk pembayaran, Anda dapat melakukan dengan transfer via bank. Sedangkan perpanjangan kartu SIM dapat dikirimkan ke alamat Anda oleh jasa pengiriman  atau dapat Anda ambil sendiri di Polres yang bersangkutan.