Biaya SIM Metro Serta Syarat & Tes Nya

SIM Metro – SIM menjadi salah satu kelengkapan surat yang harus dimiliki bagi setiap pengendara. Seseorang yang mengendarai kendaraan tanpa memiliki SIM bisa saja ditilang oleh polisi, karena dianggap belum memenuhi persyaratan yang berlaku.

Advertisements

Lalu berapa biaya pembuatan SIM Metro?

Biaya pembuatan SIM C (Motor) Metro adalah Rp. 100,000, dan biaya pembuatan SIM A (Mobil) Metro adalah Rp. 120,000. Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikologi.

Berikut ini kami sajikan informasi mengenai lokasi, persyaratan, biaya dan berbagai ketentuan lainnya untuk Anda yang sudah siap mengurus SIM.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Satpas Polres Metro

Apabila Anda ingin mengurus SIM di Kota Metro, Anda harus menuju ke Satpas Polres Metro yang beralamatkan di Imopuro, Kec. Metro Pusat, Kota Metro, Lampung.

Rute menuju ke Satpas Polres Metro jika dari Polresta Metro Lampung adalah menuju ke utara, kemudian ada perempatan Anda belok ke timur kurang lebih 150 meter.

Anda bisa melihat langsung peta berikut ini untuk akses menuju lokasi Satpas Polresta Metro.

Tes SIM Online Metro

Pembuatan SIM bisa dilakukan jika Anda telah memenuhi syarat administratif serta lolos beberapa ujian pembuatan SIM. Ujian tersebut terdiri dari ujian praktik dan ujian teori.

Untuk persiapan ujian teori tersebut, kami telah membuat simulasi tes SIM yang berfungsi untuk menguji pemahaman Anda tentang lalu lintas saat berkendara. Simulasi ini bisa Anda gunakan sebagai bahan belajar Anda.

Biaya SIM Metro

Tarif pembuatan dan perpanjangan SIM Metro sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 60 Tahun 2016 tentang PNBP SIM.

Berikut ini adalah biaya resmi yang akan Anda keluarkan saat pembuatan dan perpanjangan SIM Metro.

Advertisements

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM C (motor) Metro adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM A (mobil) Metro adalah Rp. 80.000. Berikut adalah tarif perpanjangan SIM A & SIM C di Metro:

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Syarat Pembuatan SIM Metro

Berikut ini beberapa syarat yang dibutuhkan untuk membuat SIM di Kota Metro adalah:

  • KTP sah asli dan fotocopynya
  • SKD (Surat Keterangan Dokter)
  • Bukti pembayaran PNBP SIM
  • Mengisi formulir permohonan pengajuan SIM

Untuk pembuatan Surat Keterangan Dokter, silahkan Anda pergi ke Layanan Kesehatan yang ditunjuk oleh Satpas.

Cara Pembuatan SIM Metro

Advertisements

Langkah-langkah untuk membuat SIM di Satpas Polres Metro, Provinsi Lampung antara lain:

  1. Datang ke Satpas Polres Metro.

    Siapkan terlebih dahulu semua berkas yang dibutuhkan dalam pembuatan SIM. Kemudian, bawa semua berkas tersebut ke Polres Metro. Sebaiknya datanglah pagi hari agar antrian tidak panjang.

  2. Minta formulir di Loket Pendaftaran.

    Masuk ke gedung Satpas, kemudian minta formulir pendaftaran di Loket Pendaftaran. Loket tersebut berada di sebalah kanan pintu masuk. Kemudian isi formulir tersebut di meja yang sudah disediakan. Kemudian, kumpulkan lagi formulir tersebut ke Loket Pendaftaran.

  3. Bayar biaya SIM di Loket BRI.

    Kemudian, silahkan lakukan pembayaran untuk biaya PNBP SIM di Loket BRI. Bayarlah sesuai dengan biaya resmi yang sudah ditentukan.

  4. Ikuti pelaksanaan ujian teori di Ruang Ujian Teori.

    Setelah pembayaran selesai, silahkan Anda ikuti pelaksanaan ujian teori di Ujian Teori di Ruang Uji Teori. Ruang tersebut berada di sebelah kiri meja pengisian formulir tadi. Durasi pengerjaan ujian teori tersebut adalah 15 menit.

  5. Laksanakan ujian praktik berkendara di Lapangan Satpas.

    Setelah lulus ujian teori, Anda bisa mengikuti ujian praktik di Lapangan Satpas. Lapangan Satpas ini berada di belakang Gedung Satpas. Di lapangan tersebut sudah ada garis-garis dan juga rintangan yang harus Anda lewati untuk ujian praktik.

  6. Menuju ke Ruang Identifikasi untuk pengambilan foto dan sidik jari.

    Setelah lulus dari ujian praktik, silahkan Anda masuk ke Gedung Satpas lagi untuk menuju ke Ruang Identifikasi. Di ruang tersebut, proses identifikasi dilakukan dengan cara pengambilan sidik jari, foto, dan juga tanda tangan.

  7. Ambil SIM yang sudah dicetak di Loket Penyerahan SIM.

    Setelah itu, Anda bisa ambil SIM Aanda di Loket Penyerahan.

Aplikasi SIM Online Metro

Di era perkembangannya, sekarang Anda bisa melakukan perpanjangan SIM online menggunakan aplikasi android yang diluncurkan oleh Korlantas Polri. Anda perlu download terlebih dahulu aplikasinya melalui smartphone Anda.

Melalui aplikasi SIM online tersebut, seluruh prosedur perpanjangan SIM dilakukan di rumah tanpa harus datang ke Kantor Satpas. Selain itu, di dalam aplikasi tersebut juga ada layanan untuk mengirim SIM yang sudah jadi langsung ke alamat rumah Anda.

Oleh sebab itu, silahkan download aplikasinya melalui link di bawah ini.