Biaya SIM Mataram Serta Syarat dan Tes Nya

SIM Mataram – SIM atau Surat Izin Mengemudi adalah bukti persyaratan yang harus dimiliki seseorang dalam berkendara. Hal ini sesuai dengan pasal 77 ayat 1 UU No. 22 Tahun 2009.

Advertisements

Bagi Anda yang ingin melakukan pengurusan SIM di Mataram, Silahkan simak ulasan lengkap mengenai lokasi, syarat dan juga biaya pembuatan SIM di Mataram

Berapa harga pembuatan SIM A dan SIM C di Mataram?

Harga pembuatan SIM A (Mobil) Mataram adalah Rp. 120.000. Harga pembuatan SIM C (Motor) Mataram adalah Rp. 100.000. Harga ini belum termasuk tambahan biaya lainnya.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM Mataram

Bagi Anda yang ingin melakukan proses pembuatan SIM di Mataram, silahkan datang ke Satlantas Polresta Mataram di alamat Jalan Langka No. 17 Taman Sari, Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kode pos 83125. Nomor telp. (0370) 631225.

Silahkan datang ke Satlantas Polres Mataram dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pastikan Anda datang di jadwal operasional berikut ini:

HariWaktu
Senin s/d Kamis08.00 s/d 12.00 Wita
Jumat s/d Sabtu08.00 s/d 11.00 Wita

Simulasi Tes SIM Online Mataram

Dalam melakukan pembuatan SIM, terdapat beberapa tahapan tes yang harus Anda lakukan. Salah satunya adalah ujian teori yang dilakukan menggunakan komputer dengan jumlah soal 30.

Oleh karena itu disini kami menyediakan layanan “Simulasi Tes SIM Online”, yang dapat Anda pergunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi tes pembuatan SIM. Simulasi ini menggunakan model soal yang sama persis dengan soal ujian teori  sebenarnya.

Silahkan untuk mengakses layanan “Simulasi Tes SIM Online” secara gratis dengan menekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Mataram

Berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016, berikut ini  informasi terkait biaya pembuatan dan perpanjangan SIM Mataram.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis LayananBiaya
Pembuatan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Pembuatan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Biaya ini belum termasuk biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat dan Tes Psikologi

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM A (Mobil) Mataram adalah Rp. 80.000 dan  biaya perpanjangan SIM C (Motor) sebesar Rp. 75.000.

Jenis LayananBiaya
Perpanjangan SIM A (Mobil)Rp. 80.000
Perpanjangan SIM C (Motor)Rp. 75.000

*Biaya ini belum termasuk biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat dan Tes Psikologi

Advertisements

Dokumen Persyaratan Pembuatan dan Perpanjang SIM Mataram

Dokumen Persyaratan Pembuatan SIM

Bagi Anda yang ingin melakukan proses pembuatan SIM di Mataram, berikut ini dokumen persyaratan yang harus dilengkapi:

  • Ktp (asli dan fotocopy)
  • Dokumen keiimigrasian bagi WNA
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Hasil tes psikologi
  • Map

Dokumen Persyaratan Perpanjangan SIM

Bagi Anda yang ingin melakukan proses perpanjangan SIM di Mataram, berikut ini dokumen persyaratan yang harus dilengkapi:

  • Ktp (asli dan fotocopy)
  • SIM (asli dan fotocopy)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Hasil tes psikologi
  • Map

Tata Cara Pembuatan SIM Mataram

Berikut ini tata cara melakukan pembuatan SIM di Satlantas Polresta Mataram

  1. Datanglah ke Satlantas Polresta Mataram dan berpakaian rapi.

    Lengkapi dokumen persyaratan Anda dan datang ke Satlantas Polresta Mataram dengan mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupa untuk memakai masker, mencuci tangan dan menerapkan physical distancing.

  2. Lakukan pengecekan kesehatan di tempat yang disediakan.

    Berikutnya silahkan melakukan tes kesehatan untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat. Disini tes kesehatan meliputi pengukuran tekanan darah dan tes penglihatan

  3. Lanjutkan dengan melakukan tes psikologi.

    Setelah melakukan tes kesehatan, berikutnya Anda dapat menjalani tes psikologi untuk mendapatkan hasil uji psikologi.

  4. Lakukan pengisian formulir di loket “Pendaftaran”.

    Berikutnya Anda dapat menuju loket “Pendaftaran” untuk mengisi formulir pendaftaran, sekaligus menyerahkan berkas pendaftaran. Pastikan untuk menyusunnya secara rapi dalam stop map. Disini Anda akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses registrasi

  5. Tunggu nomor antrian Anda dipanggil untuk melakukan registrasi.

    Setelah nomor antrian dipanggil, Anda dapat melakukan proses registrasi berupa pengecekan berkas oleh petugas Satpas. Sekaligus melakukan proses input data pada sistem komputer.

  6. Lanjutkan melakukan identifikasi diri bersama petugas.

    Setelahnya Anda dapat melakukan identifikasi diri yang meliputi pengambilan sidik jari, tanda tangan dan foto pemohon SIM dengan dibantu oleh petugas Satlantas.

  7. Pergi ke ruang ujian teori untuk tahap selanjutnya.

    Silahkan menuju ruang ujian teori untuk melakukan uji teori menggunakan komputer. Silahkan untuk menyimak pengarahan petugas dengan seksama. Setelah selesai pengerjaan ujian teori, Anda bisa langsung mengetahui lulus atau tidaknya.

  8. Lakukan ujian praktik di lapangan ujian praktik.

    Setelah itu petugas akan mengarahkan Anda menuju lapangan ujian praktik untuk melakukan uji praktek berkendara. Tunggulah giliran Anda untuk lakukan uji praktek. Setelah selesai petugas akan mengumumkan peserta yang lolos dan gagal, sekaligus jadwal pengulangan ujian praktik.

  9. Ambil SIM Anda di loket “Pengambilan SIM”.

    Setelah semua tahapan Anda lakukan dengan lancar, silahkan menuju ke loket “Pengambilan SIM” untuk mengambil SIM baru Anda. Proses cetak SIM memerlukan estimasi waktu kurang lebih 10 menit tergantung ketersediaan blangko SIM. Jika blangko SIM habis, petugas akan mengumumkan untuk datang pada keesokan harinya.

Aplikasi Perpanjangan SIM Online Mataram

Untuk proses perpanjangan SIM saat ini Anda tidak perlu datang jauh-jauh dan mengantri. Kini Anda dapat melakukan perpanjangan secara online melalui salah satu aplikasi android.

“Aplikasi SIM Online” merupakan aplikasi yang dapat membantu memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin melakukan perpanjangan SIM. Silahkan download “Aplikasi SIM Online” secara gratis pada tombol di bawah ini

Proses pembayaran untuk SIM perpanjangan dapat dipilih sesuai dengan cara yang ingin Anda lakukan, yaitu melalui internet banking atau pun transfer bank. Sedangkan untuk pengambilan SIM perpanjangan dapat diambil sendiri ke Satlantas Polresta Mataram atau dapat menggunakan jasa pengiriman.