Biaya SIM Manado Serta Syarat dan Tes Nya

Advertisements

SIM Manado – Sebelum berkendara secara aktif di jalan raya, pastikan Anda telah memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Untuk membuat SIM, terdapat biaya, syarat, dan cara yang harus dilalui sesuai dengan ketentuan.

Lalu, berapa biaya pembuatan SIM Manado?

Biaya pembuatan SIM A Manado adalah Rp. 120.000. Biaya pembuatan SIM C Manado adalah Rp. 100.000. Besar biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan dan psikotes.

Daftar Isi :

Lokasi Satpas Polresta Manado

Akses menuju lokasi Satpas Polresta Manado tidaklah sulit. Lokasi Satpas berada tidak jauh dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kota Manado. Agar lebih jelasnya, Anda bisa melihat langsung lokasinya pada google map berikut :

Satpas Polresta Manado berlokasi di Jl. 17 Agustus No.64, Teling Atas, Kec. Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara

Simulasi Tes Online SIM Manado

Dalam proses pengajuan SIM, pasti ada namanya ujian teori. Ujian teori merupakan soal-soal tentang pemahaman Anda akan jalur jalan, teknis berkendara, dan rambu lalu lintas.

Untuk itu, pada halaman ini terdapat simulasi Tes Online SIM, supaya Anda bisa mengerjakannya dengan mudah tanpa harus mencari dimana dan apa saja contoh dari ujian teori SIM itu.

Langsung saja klik tombol berikut ini untuk memulai Simulasi Tes SIM.

Simulasi Tes Online SIM berisi 30 soal dengan pilihan jawaban BENAR dan SALAH. Usahakan supaya Anda dapat menjawab 21 soal dari 30 soal dengan benar (menyesuaikan dengan standar kelulusan).

Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Manado

Berikut ini merupakan tabel harga pembuatan dan perpanjangan SIM untuk wilayah Manado. Apabila dikalkulasi secara keseluruhan (termasuk biaya asuransi, tes kesehatan dan tes psikologi), maka biaya yang dikeluarkan bisa mencapai total kurang lebih Rp 150.000.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Pembuatan SIM CRp 100.000
Pembuatan SIM ARp 120.000

Biaya Perpanjangan SIM Manado

Untuk perpanjangan, akan memiliki besar biaya SIM C & SIM A yang berbeda-beda. Besarnya biaya untuk SIM C Manado adalah Rp 75.000 dan untuk SIM A Manado adalah Rp 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM CRp 75.000
Perpanjangan SIM ARp 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya psiko tes dan cek kesehatan.

Persyaratan Mengurus dan Perpanjangan SIM Manado

  • KTP asli yang sah
  • Fotocopy KTP
  • Surat Keterangan Sehat Dokter
  • Surat Hasil Psikotes
  • Surat Permohonan
  • Surat Keterangan Uji Keterampilan Mengemudi

Cara Membuat SIM Baru Manado

Menyesuaikan dengan Standar Pelayanan Penerbitan SIM oleh Satpas Polresta Manado, berikut prosedur membuat SIM yang perlu Anda perhatikan.

  1. Bawalah dokumen persyaratan utama.

    Anda cukup membawa KTP asli yang sah dan lembar fotocopy. Lampirkan sertifikat “Pelatihan dan Uji Mengemudi” bila Anda punya.

  2. Silahkan mencari surat keterangan sehat dari dokter dan tes psikologi.

    Untuk SKS Dokter dan Tes Psikologi bisa Anda cari di puskesmas atau Layanan Dokter terdekat. Nantinya surat-surat itu difotocopy (letak ruang fotocopy berada di luar pojok gedung).

  3. Lakukanlah pembayaran PNBP di loket BRI.

    Langsung saja masuk ke ruang antrean pengunjung, loket BRI terletak di muka. Anda akan mendapatkan struk pembayaran yang dipergunakan sebagai konfirmasi pengambilan berkas nantinya.

  4. Silahkan mengisi formulir registrasi.

    Setelah dokumen Anda lengkap, serahkan kepada petugas. Ambil formulir permohonan penerbitan SIM baru dan isilah.

  5. Ikuti proses identifikasi dan verifikasi data.

    Petugas akan meminta tanda tangan, 12 sidik jari dan foto pemohon SIM. Proses ini berlangsung selama 15 menit.

  6. Kemudian Anda diarahkan petugas untuk mengikuti ujian teori Avis.

    Ujian dilaksanakan di Ruang Uji Teori. Ujian Teori berbasis Komputer biasanya terdiri dari 30 pertanyaan dengan pilihan jawaban BENAR dan SALAH. Durasi yang ditetapkan dalam mengerjakan ujian yaitu selama 30 menit. Jika Anda lulus ujian teori, Anda bisa mengikuti ujian praktik.

  7. Setelah itu Anda melaksanakan ujian praktik 1 dan 11.

    Ujian praktik biasanya dilakukan di lapangan terbuka. Khususnya di Satpas Polresta Manado ini, arena pegujian kendaraan dapat dikatakan cukup luas.
    Durasi ujian praktik hanya selama 40 menit. Sedikit saran supaya Anda memilih motor yang mudah Anda kemudikan untuk ujian praktik. Hal ini disampaikan agar kemungkinan untuk lulus ujian praktik lebih tinggi.

  8. Kemudian tunggu SIM Anda dicetak.

    Pengambilan SIM yang sudah jadi dilakukan di luar gedung. Waktu untuk mencetak SIM tidak lama, hanya 5 menit.

Aplikasi Perpanjangan SIM Online Manado

Anda dapat melakukan perpanjangan SIM melalui Aplikasi SIM Online berikut ini. Cukup install aplikasi ini melalui hp Android Anda. Lalu siapkan dokumen untuk registrasi data. Perpanjangan SIM Anda akan jadi dalam 5 menit.

Untuk dapat menginstall aplikasi tersebut, tekan tombol berikut.

Aplikasi ini telah dilengkapi dengan metode pembayaran online berupa e-banking sehingga Anda tidak perlu ribet menyiapkan.

Perpanjangan SIM yang sudah jadi bisa Anda ambil langsung ke Satpas Polresta Manado atau dikirimkan oleh pengiriman terpercaya.