Advertisements

Biaya SIM Malang Serta Syarat & Tes Nya

SIM Malang – SIM adalah salah satu surat yang diberikan oleh Polri kepada seseorang karena telah memenuhi syarat mendapatkan SIM sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk membuat SIM, Anda akan dikenakan sejumlah biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Biaya pembuatan SIM motor Malang adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Malang adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti biaya asuransi, cek kesehatan, dan juga tes psikotes.

Untuk informasi lebih detail seputar cara, syarat, & biaya SIM Malang, simak artikel berikut.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM Malang

Terdapat dua tempat yang bisa digunakan untuk membuat SIM di Malang, yaitu Satpas Polres Malang untuk domisili Malang kabupaten dan Satpas Polres Malang Kota untuk masyarakat domisili Malang Kota.

Berikut adalah alamat lengkap kantor Satpas di Malang:

Nama SatpasAlamat
Satpas Polres MalangPangetan, Pagentan, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Satpas Polres Malang KotaJl. Dokter Wahidin No.56, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.

Datanglah ke kantor Satpas sesuai jam pelayanannya. Untuk Satpas Polres Malang buka hari Senin s.d Sabtu jam 08.00 – 14.00.

Sedangkan untuk Satpas Polres Malang Kota buka hari Senin s.d Kamis jam 08.00 – 12.00 dan Jum’at s.d Sabtu jam 08.00 – 11.00.

Tes SIM Online Malang

Jika ingin lulus tes teori dalam pembuatan SIM di Satpas, Anda harus memiliki persiapan yang cukup baik. Standar kelulusan ujian teori di Satpas adalah mendapatkan skor paling rendah 70.

Untuk itu, kami telah menyediakan simulasi tes teori SIM yang bisa digunakan sebagai latihan Anda. soal yang terdapat dalam simulasi ini berisi cara-cara berkendara yang baik dan juga rambu lalu lintas yang kurang lebih hampir sama seperti soal yang ada pada tes teori di Satpas.

Silahkan Anda ikuti simulasi tes SIM tersebut dengan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Malang

Untuk mengetahui berapa jumlah biaya yang dikeluarkan baik saat membuat SIM baru ataupun perpanjangan di Kota dan Kabupaten Malang, silahkan Anda lihat tabel di bawah ini:

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Biaya Perpanjangan SIM Malang

Biaya perpanjangan SIM motor Malang adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Malang adalah Rp. 80.000. Berikut rincian biaya perpanjangan SIM C dan SIM A di Malang.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan psikotes.

Syarat Pembuatan SIM Malang

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk membuat SIM Kota dan Kabupaten Malang, antara lain:

  • KTP sah asli dan fotocopynya
  • Hasil tes kesehatan
  • Hasil tes psikologi
Advertisements

Untuk tes kesehatan bisa Anda lakukan di Ruang Tes Kesehatan yang berada di utara kantor Satpas Polres Malang. Untuk biaya tes kesehatan adalah Rp.20.000.

Setelah itu, Anda bisa antri lagi untuk tes psikologi yang letaknya berada di sebelah Ruang Tes Kesehatan tersebut. Biaya tes psikologi ini adalah Rp.50.000.

Sedangkan untuk fotocopy berkas dan pembelian map, Anda bisa lakukan di fotocopyan belakang Satpas Polres Malang.

Cara Pembuatan SIM Malang

Berikut ini langkah-langkah pembuatan SIM di Satpas Polres Malang:

  1. Datang ke Satpas Polres Malang.

    Silahkan bawa berkas-berkas Anda ke Satpas Polres Malang. Kemudian ambil nomor antrian di mesin yang berada di depan pintu masuk.

  2. Lakukan pendaftaran di Ruang Pendaftaran.

    Setelah itu, silahkan Anda masuk ke Ruang Pendaftaran. Berikan berkas ke petugas untuk dicek kelengkapannya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang diberikan.

  3. Bayar PNBP SIM di Loket Pembayaran.

    Setelah itu, silahkan lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket Pembayaran yang masih satu ruangan dengan pendaftaran tadi. Bayarlah sesuai dengan tarif yang sudah ditetapkan.

  4. Menuju ke Ruang Identifikasi untuk verifikasi dan foto

    Setelah itu, Anda bisa menuju ke Ruang Identifikasi dan Verifikasi untuk melakukan foto SIM, pengambilan sidik jari, dan tanda tangan.

  5. Ikuti pelaksanaan tes teori di Ruang Ujian Teori

    Silahkan Anda laksanakan uji teori di Ruang Uji Teori. Ujian teori menggunakan Sistem Aplikasi Ujian SIM, dimana pengerjaannya menggunakan komputer touchscreen. Untuk standar nilai kelulusan ujian teori itu sendiri adalah 70 yang akan keluar sesaat setelah ujian selesai.

  6. Laksanakan ujian praktik di Lapangan Satpas

    Jika Anda lulus dari ujian teori, Anda bisa mengikuti ujian praktik yang dilaksanakan di Lapangan Satpas. Ujian praktik ini diperbolehkan menggnakan kendaraan Anda sendiri. Untuk tata cara ujian praktik akan dijelaskan oleh petugas sebelum ujian dimulai.

  7. Lakukan pengambilan SIM di Loket Pengambilan SIM

    Setelah lulus dari ujian teori, Anda bisa mengambil SIM Anda di Loket Pengambilan SIM.

Tambahan : Untuk perpanjangan SIM Malang Kabupaten, Anda bisa menggunakaan aplikasi SIM online ataupun layanan Drive Thru dari Satpas Polres Malang yang bernama “SIM Salabim”. Sedangkan untuk pembuatan SIM baru, Anda harus datang ke Kantor Satpas Polres Malang.

Aplikasi SIM Online Malang

Sekarang ada cara lebih mudah yang bisa Anda gunakan untuk memperpanjang SIM, yaitu menggunakan aplikasi yang hanya dapat diakses di android yaitu SIM online.

Dengan menggunakan layanan SIM online tersebut, masyarakat tidak perlu datang ke Satpas karena seluruh proses perpanjangan mulai dari pendaftaran, pembayaran, hingga pengambilan SIM bisa dilakukan di rumah.

Untuk menggunakan layanan aplikasi SIM online tersebut, silahkan Anda download aplikasinya melalui link di bawah ini.