Biaya SIM Makassar Serta Syarat & Tes Nya

SIM Makassar – SIM adalah dokumen resmi yang harus dimiliki oleh seluruh pengendaraan kendaraan bermotor di Indonesia.  SIM tersebut diberikan oleh kepolisian dengan syarat administrasi dan prosedur tes yang telah ditetapkan.

Advertisements

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat SIM Makassar?

Biaya pembuatan SIM C (motor) Makassar adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM A (mobil) Makassar adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain, seperti biaya asuransi, cek kesehatan, dan juga psikotes.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Satpas Polrestabes Makassar

Lokasi pembuatan SIM di Kota Makassar adalah Satpas Polrestabes Makassar. Alamatnya berada di Tello Baru, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Lokasi Satpas ini memang jauh dari Polrestabes Makassar, kurang lebih 8.5 km.

Untuk menuju ke Satpas Polrestabes Makassar, Anda bisa melihat peta berikut ini.

Untuk jam pelayanan Satpas Polres Makassar adalah Senin s.d Jum’at pukul 09.00 – 14.00, dan hari Sabtu jam 09.00 – 12.00. Jangan lupa untuk membawa uang cash yang cukup agar keperluan transaksi nantinya lebih mudah.

Tes SIM Online Makassar

Salah satu ujian yang harus Anda laksanakan untuk membuat SIM di Kantor Satpas adalah tes teori. Syarat untuk lulus ujian teori adalah harus mendapatkan nilai minimal 70. Jadi, Anda harus belajar terlebih dahulu dengan cara mengerjakan simulasi yang telah kami siapkan ini.

Simulasi tes SIM ini berisi soal-soal pilihan ganda tentang rambu lalu lintas dan juga etika berkendara di jalan. Melalui simulasi ini, Anda bisa mengetahui gambaran soal yang akan Anda kerjakan nanti saat ujian teori di Satpas.

Untuk itu, silahkan Anda ikuti simulasi tes SIM tersebut dengan menekan tombol ini.

Biaya SIM Makassar

Pembuatan SIM Makassar akan memerlukan sejumlah biaya. Biaya yang dikeluarkan tersebut merupakan tarif resmi PNBP SIM yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Berikut ini adalah rincian biaya SIM A dan SIM C Makassar.

Biaya Pembuatan SIM Baru Makassar:

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Makassar

Biaya perpanjangan SIM motor Makassar adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Makassar adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Syarat Pembuatan SIM Makassar

Syarat pembuatan SIM di Makassar adalah sebagai berikut:

  • KTP
  • Surat Sehat Jasmani
  • Surat Sehat Rohani (Psikologi)

Untuk pembuatan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani bisa Anda lakukan di layanan fasilitas kesehatan yang telah direkomendasikan oleh kepolisian.

Cara Pembuatan SIM Makassar

Berikut adalah beberapa cara untuk pembuatan SIM di Satpas Polrestabes Makassar:

  1. Datang ke Satpas Polrestabes Makassar.

    Bawa semua kelengkapan persyaratan ke Satpas Polrestabes Makassar. Datanglah dengan memakai pakaian yang rapi dan bersepatu.

  2. Ambil formulir di Loket Pengambilan Formulir.

    Berikan berkas Anda kepada petugas Loket Pengambilan Formulir untuk dicek. Setelah lengkap, Anda akan diberi map berisi formulir pendaftaran. Isi formulir tersebut sesuai dengan contoh yang ada di meja pengisian formulir.

  3. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI.

    Setelah itu, Anda bisa menuju ke Loket BRI yang telah disediakan untuk melakukan pembayaran biaya SIM. Setelah membayar SIM, Anda akan mendapatkan resi bank dan barcode untuk masuk ke loket selanjutnya.

  4. Silahkan menuju ke Loket Identifikasi untuk pengambilan foto.

    Kemudian, petugas akan mengarahkan Anda menuju ke Loket Identifikasi. Di loket tersebut akan dilaksanakan pengambilan foto, rekam sidik jari, dan juga tanda tangan.

  5. Laksanakan ujian teori pembuatan SIM di Ruang Ujian Teori.

    Setelah identifikasi selesai, Anda bisa mengikuti ujian teori di Ruang Ujian Teori. Namun sebelum mengikuti ujian, Anda akan diminta untuk mengikuti pencerahan ujian teori untuk mempermudah saat ujian nantinya.

  6. Menuju Ruang Pencerahan Ujian Praktik.

    Sebelum mengikuti ujian praktik, silahkan Anda menuju ke Ruang Pencerahan Ujian Praktik SIM untuk memberikan arahan dan tata cara ujian praktik tersebut.

  7. Laksanakan Ujian Praktik di Lapangan Ujian Praktik.

    Setelah mengikuti pencerahan ujian praktik, petugas akan memanggil Anda untuk melaksanakan ujian praktik di lapangan yang berada di belakang Satpas Polrestabes Makassar.

  8. Menuju Ruang Produksi SIM untuk pengambilan SIM.

    Jika lulus Ujian Praktik, Anda bisa menuju ke Ruang Produksi SIM untuk mengambil SIM.

Advertisements

Aplikasi SIM Online Makassar

Sekarang ini, ada layanan aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk perpanjangan SIM, yaitu menggunakan aplikasi SIM dari Korlantas Polri.

Aplikasi tersebut sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk datang ke Satpas, karena kesibukan pekerjaan atau hal lainnya.

Selain itu, ada juga layanan untuk pengiriman SIM langsung ke alamat rumah Anda. Untuk itu, silahkan Anda download aplikasinya melalui tombol ini.