Advertisements

Biaya SIM Magetan Serta Syarat & Tes Nya

SIM Magetan – Pelayanan pembuatan dan perpanjangan SIM Magetan dapat dilakukan secara langsung di Polres Magetan. Untuk mengetahui bagaimana alur pembuatan, syarat, serta biaya yang diperlukan, silahkan simak artikel di bawah ini.

Biaya penerbitan SIM Magetan adalah Rp. 120.000 untuk jenis SIM A, dan Rp. 100.000 per penerbitan SIM C. Biaya ini tidak termasuk proses pembuatan surat keterangan sehat dan lainnya.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Polres Magetan

Pembuatan dan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) dapat dilakukan di bagian pelayanan SIM (Satpas) Polres Magetan.

Lokasi Polres Magetan berada di Jl. Raya Magetan – Maospati, Turus No. Km. 4, Purwosari, Magetan, Jawa Timur.

Lokasi Polres Magetan cukup dekat dengan Pasar Jengglong, karena hanya berjarak 550 meter. Apabila dari Pasar Jengglong maka Anda tinggal berjalan lurus, dan menemukan Kantor Polres Magetan di sebelah kiri jalan.

Simulasi Tes SIM Online Magetan

Sebelum pelaksanaan ujian praktik, Anda akan diarahkan petugas untuk mengikuti ujian teori. Biasanya soal – soal dalam ujian teori meliputi etika berkendara, cara menghadapi situasi lalu lintas, dsb.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan nilai ujian teori yang baik agar dapat dinyatakan “Lulus”, sebaiknya Anda berlatih dan belajar terlebih dahulu. Apabila nilai yang Anda peroleh di bawah batas minimal yang ditentukan (nilai minimal 70), maka Anda tidak dapat mengikuti ujian praktik.

Melalui Simulasi Tes SIM Online, pemohon SIM baru dapat dengan mudah berlatih mengerjakan soal ujian teori. Pada layanan ini tersedia 30 contoh soal ujian teori, dan Anda dapat mengetahui salah atau benar jawaban yang dipilih secara langsung.

Untuk dapat mengakses layanan Simulasi Tes SIM Online, silahkan tekan tombol “Simulasi Tes Online” di bawah ini.

Advertisements

Biaya Penerbitan dan Perpanjangan SIM Magetan

Pengendara mobil harus memiliki kartu SIM A, sedangkan SIM C untuk pengendara kendaraan bermotor roda dua. Biaya yang dikenakan untuk proses pembuatan SIM baru dan perpanjangan berbeda. Berikut daftar biaya penerbitan dan perpanjang SIM Magetan.

Biaya Penerbitan SIM

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

Biaya Perpanjangan SIM

Tidak hanya biaya penerbitan dan perpanjangan yang berbeda, tetapi biaya perpanjangan antara SIM A dan SIM C juga berbeda.

Biaya perpanjangan SIM A adalah Rp. 80.000, sedangkan biaya SIM C senilai Rp. 75.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjang SIM ARp. 80.000
Perpanjang SIM CRp. 75.000

*Biaya penerbitan dan perpanjangan yang tertera di atas belum termasuk cek kesehatan jasmani dan tes psikologi.

Dokumen Persyaratan Penerbitan SIM Baru Magetan

Berikut dokumen persyaratan untuk penerbitan SIM baru.

  • KTP asli dan fotokopi
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani
  • Surat Keterangan Sehat Rohani / Psikologi
Advertisements

Selain dokumen persyaratan di atas, jangan lupa untuk membawa kartu SIM yang lama, bagi Anda yang hendak melakukan proses perpanjangan SIM.

Cara Pembuatan SIM Baru Magetan

  1. Silahkan cek kesehatan di sebelah tempat parkir polres.

    Untuk membuat Surat Keterangan Sehat dari Dokter, silahkan Anda melakukan cek kesehatan di layanan cek kesehatan. Lokasi cek kesehatan berada di sebelah tempat parkir depan polres.

  2. Cari surat keterangan sehat rohani dengan ikut tes psikologi di barat Polres.

    Setelah melakukan cek kesehatan, silahkan Anda mengikuti tes psikologi yang berlokasi di sebelah barat Polres Magetan (samping angkringan D2).

  3. Kemudian, silahkan masuk ke gedung pelayanan SIM.

    Ketika masuk dalam gedung pelayanan SIM, silahkan untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir dari petugas sesuai identitas diri Anda.

  4. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket Pembayaran.

    Setelah proses pendaftaran Anda akan diarahkan untuk membayar PNBP SIM di loket pembayaran.

  5. Masuk ke Ruang identifikasi untuk rekam sidik jari & tanda tangan.

    Selain pengambilan foto, di dalam ruangan ini akan dilakukan proses perekaman sidik jari dan pengambilan tanda tangan.

  6. Setelah itu masuk ke ruangan ujian teori untuk mengikuti ujian teori SIM.

    Saat mengerjakan ujian teori, pastikan Anda mengerjakannya secara sungguh – sungguh, sehingga mendapatkan nilai di atas minimal dan dapat mengikuti ujian praktik.

  7. Ikuti ujian praktik mengemudi sesuai jenis SIM.

    Apabila Anda membuat SIM C, maka pada saat ujian praktik Anda akan diminta untuk mengendarai sepeda motor. Sedangkan, bagi pemohon SIM A akan diminta untuk mengendarai mobil melewati lintasan yang telah dipersiapkan.

  8. Ambil SIM baru di ruang pengambilan SIM.

    Apabila Anda telah dinyatakan “Lulus” pada ujian praktik, maka petugas akan mengarahkan Anda untuk mengambil SIM baru di ruang pengambilan SIM.

Perpanjangan SIM Magetan Secara Online

Secara online, proses perpanjangan SIM Magetan dapat dilakukan melalui Aplikasi SIM Online yang telah diluncurkan oleh Korlantas Polri beberapa waktu lalu.

Melalui aplikasi tersebut Anda dapat dengan mudah tanpa mengantri secara langsung untuk melakukan proses perpanjangan SIM.

Apabila Anda menggunakan layanan pada Aplikasi SIM Online, maka proses pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer bank dan SIM dapat dikirimkan ke alamat Anda melalui kurir pengiriman.

Untuk dapat mengakses Aplikasi SIM Online, silahkan download melalui tombol yang telah kami sediakan di bawah ini.