Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Madiun Serta Syarat & Tes Nya

SIM Madiun – Sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku, setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan harus memiliki SIM. SIM tersebut bisa diperoleh dengan cara mengikuti beberapa tahap ujian yang dilaksanakan di Satpas.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat SIM Madiun?

Biaya pembuatan SIM motor Madiun adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Madiun adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan jasmani dan rohani.

Berikut ini beberapa pokok bahasan tentang SIM Madiun pada artikel ini:

Advertisements

Lokasi Satpas Polres Madiun

Lokasi pembuatan SIM di Madiun adalah di Satpas Polres Madiun yang beralamtkan di Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Satpas Polres Madiun ini letaknya berada di sebelah selatan Polresta Madiun.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda membawa uang tunai yang cukup. Anda bisa melakukan pengambilan uang di ATM BNI atau BRI terdekat Satpas.

atm terdekat dari polres madiun

Tes SIM Online Madiun

Tes teori adalah salah satu tahap ujian yang harus dilaksanakan bagi setiap orang yang ingin membuat SIM. Tes teori yang dilaksanakan di Satpas ini berisi 30 soal yang membahas tentang rambu-rambu dan juga cara berlalu lintas yang baik dan benar

Untuk memaksimalkan persiapan diri, Anda bisa mengerjakan simulasi tes teori yang kami siapkan ini. Anda bisa lulus simulasi ini jika berhasil menjawab minimal 21 soal dengan benar.

Untuk mengsimulasrjakan tes SIM online tersebut, Anda bisa tekan tombol berikut ini.

Advertisements

Biaya SIM Madiun

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat dan juga memperpanjang SIM Madiun telah ditetapkan di dalam Peraturan Pemerintah.

Untuk mengetahi rincian biaya SIM Madiun, silahkan Anda lihat pada tabel berikut ini.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan oleh dokter dan psikolog.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Madiun adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Madiun adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan oleh dokter dan psikolog.

Syarat Pembuatan SIM Madiun

Syarat bikin SIM C dan SIM A di Satpas Polres Madiun Kota, yaitu :

  • Fotocopy KTP
  • Surat Kesehatan
  • Hasil tes psikologi
Advertisements

Di dalam Satpas Polres Madiun Kota sudah diberi fasilitas mesin fotocopy yang bisa digunakan secara gratis bagi seluruh pemohon pembuatan atau perpanjangan SIM.

Untuk cek kesehatan jasmani bisa dilakukan di seberang jalan pintu masuk Polresta dengan biaya Rp. 30.000.

Sedangkan tes psikotes lokasinya ada di Jl. Nias depan Klinik Natasha. Rutenya adalah dari Polresta Madiun Anda menuju ke selatan sampai menemui petigaan pertama, kemudian belok ke timur kurang lebih 250 meter. Untuk tes psikotes tersebut dikenakan biaya Rp. 75.000.

Cara Pembuatan SIM Madiun

Prosedur pembuatan SIM di Satpas Madiun Kota adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Satpas Polres Madiun.

    Pertama, silahkan Anda menuju ke Satpas Polres Madiun dengan membawa syarat berkas pembuatan SIM. Kemudian ambil nomor antrian di mesin elektronik yang berada di samping kanan pintu masuk.

  2. Lakukan pendaftaran di Loket Pendaftaran.

    Setelah itu, kumpulkan berkas yang Anda bawa ke Loket Pendaftaran. Petugas akan melakukan registrasi data Anda. Kemudian isi formulir pengajuan SIM yang diberikan oleh petugas, dan kumpulkan lagi jika sudah selesai.

  3. Menuju ke Ruang Identifikasi untuk pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan.

    Kemudian, silahkan Anda menuju ke Ruang Identifikasi sesuai arahan dari petugas. Proses identifikasi terdiri dari scan E-KTP, pengambilan foto SIM, tanda tangan, dan rekam sidik jari.

  4. Ikuti pelaksanaan ujian teori di Ruang Ujian Teori.

    Setelah identifikasi selesai, silahkan Anda ikuti ujian teori yang dilaksanakan di Ruang Ujian Teori. Pengerjaan ujian teori menggunakan komputer berbasis online. Nilai Anda akan keluar setelah ujian selesai. Jika lulus, maka Anda bisa lanjut ke tes selanjutnya.

  5. Laksanakan ujian praktik berkendara.

    Setelah itu, silahkan menuju ke Lapangan Ujian Praktik samping Satpas. Anda akan diminta untuk berkendara melewati garis-garis jalan sesuai dengan intruksi dari petugas. Anda akan lulus ujian ini jika tidak melakukan kesalahan sama sekali.

  6. Lakukuan pembayaran SIM di Loket BRI.

    Setelah itu, silahkan Anda ke Loket BRI untuk membayar biaya PNBP SIM sesuai dengan jenis SIM dan tarif yang telah ditentukan.

  7. Menuju ke Loket Penyerahan untuk pengambilan SIM.

    Stelah pembayaran selesai, Anda bisa mengambil SIM yang telah dicetak di Loket Penyerahan.

Aplikasi SIM Online Madiun

Dengan perkembangan era digital ini, Korlantas Polri telah merilis sebuah aplikasi android untuk perpanjangan SIM online. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, Anda cukup download aplikasinya melalui handphone Anda.

Selain perpanjangan SIM, di dalam aplikasi ini juga tersedia metode pembayaran secara non tunai melalui transfer rekening. Anda juga bisa meminta SIM untuk dikirim sesuai dengan alamat Anda. Namun akan ada biaya tambahan.

Silahan Anda download aplikasi SIM online melalui tombol di bawah ini.