Advertisements

Biaya SIM Kulonprogo Serta Syarat & Tes Nya

SIM Kulonprogo – Bagi Anda yang berkeinginan untuk membuat SIM baru di Kulonprogo, Anda harus datang dulu ke Satpas Polres Kulonprogo. Karena SIM ini wajib dimiliki jika Anda berkendara kendaraan bermotor di jalanan. Untuk membuat SIM tersebut tentu akan dikenakan biaya.

Advertisements

Lalu berapa biaya SIM Kulonprogo?

Biaya pembuatan SIM motor Kulonprogo adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Kulonprogo adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain, seperti cek kesehatan jasmani dan rohani.

Berikut adalah daftar isi untuk pembahasan SIM Kulonprogo:

Lokasi Satpas Polres Kulonprogo

Jika ingin membuat SIM di Kulonprogo, Anda harus membawa seluruh persyaratan untuk buat SIM ke Satpas Polres Kulonprgo. Letaknya ada di Ngramang, Kedungsari, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Satpas ini berada satu lokasi dengan Polres Kulonprogo.

Jam buka Satpas Polres Kulonprogo adalah setiap hari Senin s.d Sabtu jam 08.00 – 16.00.

Tes SIM Online Kulonprogo

Agar bisa mengikuti ujian teori dengan baik, Anda harus mempersiapkan diri dulu dengan cara mengikuti simulasi tes teori yang kami siapkan ini.

Simulasi tes SIM ini berisi 30 soal pilihan ganda tentang rambu lalu lintas dan juga tata cara berkendara. Anda bisa mencoba mengerjakan simulasi tes SIM ini untuk latihan sebelum mengikuti tes teori SIM yang sebenarnya di Satpas Polres Kulonprogo.

Silahkan Anda klik tombol berikut ini untuk memulasi simulasi tes SIM online tersebut.

Biaya SIM Kulonprogo

Berikut ini tarif pembuatan dan tarif perpanjangan SIM A dan SIM C di Satpas Polres Kulonprogo:

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan dan tes psikotes.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Kulonprogo adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Kulonprogo adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan dan tes psikotes.

Syarat Pembuatan SIM Kulonprogo

Persyaratan yang harus Anda bawa pada saat pembuatan SIM A dan SIM C di Kulonprogo adalah sebagai berikut:

  • KTP asli yang sah
  • Fotocopy KTP
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani
  • Untuk pemohon SIM A dilengkapi dengan hasil uji simulator.

Untuk mengurus Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani, Anda bisa datang ke layanan tes kesehatan dan psikolog yang berada di sebelah barat Polres, atau lebih tepatnya ada di sisi selatan jalan raya.

Cara Pembuatan SIM Kulonprogo

Bagi Anda yang ingin membuat SIM di Satpas Polres Kulonprogo, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Menuju ke Satpas Polres Kulonprogo.

    Lengkapi semua dokumen persyaratan dan bawa ke Satpas Polres Kulonprogo. Petugas akan terlebih dulu mengecek kelengkapan berkas Anda sebelum masuk ke Gedung Satpas.

  2. Bayar PNBP SIM di Loket Bank.

    Setelah itu, silahkan lakukan pembayaran untuk PNBP SIM di Loket Bank yang sudah disediakan. Jika pembayaran selesai, Anda akan menerima resi bank.

  3. Lakukan pendaftaran SIM di Loket Pendaftaran.

    Bawa semua dokumen ke Loket Pendaftaran. Setelah itu, isi formulir permohonan pengajuan SIM yang diberikan oleh petugas.

  4. Lakukan proses identifikasi data di Ruang Identifikasi.

    Setelah mengisi formulir, silahkan Anda masuk ke Ruang identifikasi untuk melakukan foto, cap sidik jari, dan tanda tangan. Proses tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.

  5. Ikuti ujian teori di Ruang Uji Teori.

    Silahkan Anda menuju ke Ruang Ujian Teori untuk melaksanakan ujian teori. Ujian teori tersebut berisi 30 soal yang dikerjakan di komputer. Untuk lulus ujian teori, Anda harus mendapatkan skor terendah 70.

  6. Ikuti ujian praktik di Lokasi Ujian Praktik.

    Jika lulus ujian teori, silahkan ke lokasi ujian praktik sesuai dengan arahan petugas. Sebelum melaksanakan ujian, petugas akan memberikan petunjuk teknis pelaksanaan ujian praktik terlebih dahulu.

  7. Ambil SIM yang sudah jadi

    Setelah dinyatakan lulus dari semua ujian pembuatan SIM, Anda bisa mengambil SIM Anda di Loket Penyerahan SIM. Namun jika Anda gagal pada ujian praktik, Anda bisa mengambil uang Anda kembali di Loket Pembayaran tadi.

Aplikasi SIM Online Kulonprogo

Layanan SIM kini menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi SIM online yang dibuat oleh Korlantas Polri. Salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut adalah perpanjangan SIM online.

Dengan adanya layanan SIM online ini, masyarakat Kulonprogo kini tidak perlu antri di Satpas. Anda tinggal download aplikasinya dan proses perpanjangan SIM online pun sudah bisa dilakukan dimana saja.

Jika Anda ingin memanfaatkan layanan SIM online tersebut, silahkan download dulu aplikasinya di bawah ini.