Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Kendal Serta Syarat & Tes Nya

SIM Kendal ~ Sebagai warga Indonesia yang taat aturan, saat berkendara diwajibkan untuk memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Untuk itu, pada artikel berikut telah kami jelaskan bagaimana prosedur pembuatan SIM Kendal, biaya, serta terdapat simulasi tes SIM online.

Berapa biaya penerbitan SIM Kendal ?

Biaya penerbitan SIM A Kendal adalah Rp. 120.000, sedangkan biaya SIM C senilai Rp. 100.000. Tarif ini belum termasuk pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM Polres Kendal

Bagi Anda pengendara kendaraan bermotor wilayah Kendal yang hendak melakukan pembuatan & perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi), silahkan kunjungi Polres Kendal.

Lokasi : Polres Kendal, Jl. Raya Soekarno – Hatta No. 158, Srendeng, Karang Sari, Kec. Kendal, Kab. Kendal, Jawa Tengah, Kode Pos : 51318.

Lokasi Polres Kendal terletak sekitar 400 m dari Samsat Kendal. Apabila Anda hendak memfotokopi dokumen persyaratan, Anda dapat melakukannya di tempat fotokopi dekat Polres Kendal.

Tes SIM Online Kendaraan Bermotor Kendal

Ujian teori menjadi salah satu hal yang harus dilewati oleh pemohon SIM. Dalam ujian teori Anda harus mengerjakan sejumlah soal yang biasanya berisi tentang cara berkendara.

Saat mengerjakan ujian teori, pastikan Anda berusaha untuk menjawab dengan sungguh – sungguh agar mendapatkan score di atas minimal yang telah ditetapkan, sehingga dapat dinyatakan lulus.

Oleh karena itu, sebelum mengikuti ujian teori sebaiknya Anda belajar dan berlatih terlebih dahulu. Berikut layanan Simulasi Tes Online yang telah kami siapkan untuk berlatih mengerjakan soal ujian teori pembuatan SIM.

Dalam “Simulasi Tes SIM Online” terdapat 30 contoh soal yang biasa keluar dalam ujian teori pembuatan SIM. Di setiap contoh soal dalam “Simulasi Tes SIM Online” terdapat 4 pilihan jawaban.

Biaya Penerbitan & Perpanjangan SIM Baru Polres Kendal

Di bawah ini daftar biaya penerbitan dan perpanjangan SIM wilayah Kendal.

Biaya Penerbitan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Biaya penerbitan dan perpanjangan di atas belum termasuk pembuatan Surat Keterangan Kesehatan Dokter dan Tes Psikologi.

Advertisements

Biaya Perpanjang SIM Baru

Setiap 5 tahun sekali, pengendara yang telah memiliki SIM, harus melakukan perpanjangan sesuai waktu yang telah ditentukan oleh petugas.

Biaya perpanjangan SIM mobil adalah Rp. 80.000, sedangkan biaya perpanjangan SIM motor senilai Rp. 75.000.

Jenis PembayaramBiaya
Perpanjang SIM A (Mobil)Rp. 80.000
Perpanjang SIM C (Motor)Rp. 75.000

*Biaya penerbitan dan perpanjangan di atas belum termasuk pembuatan Surat Keterangan Kesehatan Dokter dan Tes Psikologi.

Syarat Dokumen Pembuatan SIM Baru Polres Kendal

Dalam proses pembuatan SIM, ada beberapa dokume persyaratan yang harus dipersiapkan, antara lain :

  • KTP asli dan fotokopi yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Kesehatan Dokter
  • Surat Keterangan Kesehatan Rohani (Psikologi)

Perlu Anda ketahui bahwa dalam pembuatan SIM tidak hanya melengkapi dokumen persyaratan, tetapi juga terdapat batas usia yang berlaku, yaitu :

Batas UsiaGolongan SIM
16 TahunSIM C
17 TahunSIM A
Advertisements

Cara Pembuataan SIM Baru Kendal

  1. Lakukan pemeriksaan cek kesehatan di Klinik Kesehatan.

    Pelayanan pemeriksaan kesehatan berada di Klinik Kesehatan luar area Polres Kendal. Letaknya berada sekitar 50 meter dari Polres Kendal.

  2. Silahkan ikuti tes psikologi di Dokter Psikolog.

    Setelah mendapatkan Surat Keterangan Sehat Dokter, silahkan untuk mengikuti tes psikologi. Untuk lokasi tes psikologi berada di luar area Polres Kendal.
    Apabila Anda bingung, silahkan untuk bertanya kepada petugas jaga pos depan mengenai lokasi tes psikologi, dan cek kesehatan.

  3. Lakukan pendaftaran SIM di loket pendaftaran.

    Saat di loket pendaftaran, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran, dan mengumpulkan dokumen persyaratan. Kemudian, berkas akan dikembalikan kepada Anda, dan diarahkan untuk melakukan pembayaran.

  4. Lakukan pembayaran di loket pembayaran BRI.

    Berikan seluruh berkas yang Anda terima dari loket pendaftaran kepada petugas loket pembayaran.

  5. Kemudian, antri ke ruang foto SIM untuk melengkapi identifikasi diri.

    Di dalam ruang foto akan dilakukan proses identifikasi, meliputi pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan pemohon SIM.

  6. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk masuk ke ruang uji AVIS untuk melakukan ujian teori.

    Di ruang uji AVIS, Anda harus mengikuti ujian teori sebagai salah satu syarat untuk dapat membuat SIM baru. Setelah dinyatakan lulus ujian teori, baru Anda dapat mengikuti ujian praktik.

  7. Ikuti ujian praktik berkendara di Lapangan Luar Ruangan.

    Setelah Anda dinyatakan lulus pada ujian teori, silahkan menuju bagian luar ruangan untuk mengikuti ujian praktik mengemudi untuk proses pembuatan  SIM A dan C.

  8. Ambil SIM baru di Loket Pengambilan SIM

    Setelah Anda dinyatakan lulus pada ujian praktik, maka Anda akandiarahkan untuk mengambil SIM baru di loket pengambilan SIM.

Perpanjangan SIM Kendal Via “Aplikasi SIM Online”

Kartu SIM yang dimiliki oleh setiap pengendara bermotor, baik roda 2 atau lebih harus melakukan perpanjangan setiap 5 tahun sekali. Untuk wilayah Kendal, Anda dapat mengurusnya di Polres Kendal.

Namun, kini perpanjangan SIM dapat dilakukan secara online via “Aplikasi SIM Online”. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda lebih cepat tanpa harus mengantri secara langsung, karena dapat diakses melalui smartphone.

Lalu, bagaimana dengan cara pembayaran dan pengambilan SIM yang telah diperpanjang?

Untuk cara pembayaran dapat Anda lakukan melalui metode transfer sesuai bank pilihan. Sedangkan, pengambilan kartu SIM yang telah diperpanjang dapat dilakukan menggunakan jasa pengiriman ke alamat Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara memperpanjang SIM secara online dan mendownload “Aplikasi SIM Online”, silahkan tekan tombol di berikut

Apabila Anda menggunakan Aplikasi SIM Online sebagai sarana memperpanjang SIM online, sebisa mungkin pastikan smartphone Anda memiliki koneksi internet yang baik untuk menghindari kendala jaringan.