Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Kediri Serta Syarat dan Tes Nya

SIM Kediri –SIM adalah dokumen berharga bagi pengemudi kendaraan bermotor yang telah berusia 17 tahun ke atas.

Apabila Anda baru menguasai teknik berkendara dan ingin membuat SIM, perhatikan penjelasan berikut dengan seksama untuk info lokasi, persyaratan dan biaya penerbitan SIM.

Berapa biaya penerbitan SIM Kediri?

Biaya penerbitan SIM C (motor) Kediri adalah Rp 100.000, sedangkan biaya penerbitan SIM A (mobil) senilai Rp 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya psikotes & tes kesehatan.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Polres Kota dan Kabupaten Kediri

Penerbitan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) Kediri bisa Anda lakukan di Polres Kota Kediri (untuk wilayah kota) dan Polisi Resort Kediri (untuk wilayah kabupaten). Anda dapat mengikuti alamat pembuatan SIM yang kami sajikan pada tabel berikut :

TempatAlamat
Polres Kota KediriJl. KDP Slamet No.2, Bandar Lor, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114
Satlantas Polres Kediri  KotaJl. Brawijaya No.25, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur 64216
Polisi Resort KediriJl. PB. Soedirman No. 56, Pare, Kediri, Plongko, Pare, Kec. Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64144

Simulasi Tes SIM Online Kediri

Untuk memperoleh SIM sesegera mungkin, Anda pasti dihadapkan pada ujian teori dan ujian praktik. Ujian teori dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pemahaman Anda terhadap rambu lalu lintas, tata cara membawa barang atau orang dan pengetahuan dasar dalam berkendara.

Di bawah ini kami berikan simulasi “Tes SIM Online” untuk Anda, yang mana bisa Anda kerjakan secara langsung sehingga pada saat ujian teori nanti Anda sudah mengerti gambaran soalnya.

Mari mulai kerjakan Simulasi Tes SIM Online berikut yang mana hasilnya bisa dipakai untuk evaluasi diri, dengan menekan tombol berikut.

Advertisements

Simulasi Tes SIM Online berisi 30 soal pilihan ganda dengan durasi pengerjaan maksimal 20 menit. Apabila Anda mampu mengerjakan minimal 21 soal dengan benar, artinya Anda sudah memiliki kecakapan dasar yang mumpuni sebelum ujian teori yang sesungguhnya.

Biaya Penerbitan dan Perpanjangan SIM Kediri

Biaya Penerbitan SIM Baru        

Berdasarkan kepada PP No.31 Tahun 2004, tentang besarnya biaya yang dikeluarkan untuk menerbitkan SIM senilai Rp 100.000 untuk SIM C (motor) dan SIM A (mobil) sejumlah Rp 120.000.

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM ARp 120.000
Penerbitan SIM CRp 100.000

*Nominal yang dicantumkan tidak termasuk biaya psikotes dan tes kesehatan fisik.

Biaya Perpanjangan SIM Kediri

Besarnya biaya perpanjangan SIM Kediri sebagai berikut : SIM C (motor) senilai Rp 75.000 dan SIM A (mobil) Rp 80.000.

Jenis PembayaramBiaya
Perpanjangan SIM ARp 80.000
Perpanjangan SIM CRp 75.000

*Nominal yang tertera belum mencakup biaya untuk tes kesehatan fisik dan psikotes.

Advertisements

Persyaratan Pembuatan dan Perpanjangan SIM Kediri

  • Surat Permohonan
  • KTP asli dan Fotocopy
  • Surat Keterangan Sehat dan Psikotes
  • Lulus Ujian Teori dan Ujian Praktik
  • SIM lama (hanya untuk perpanjangan SIM)

Prosedur Membuat SIM Baru Kediri

Untuk Anda yang ingin membuat SIM Baru Kediri di Polres Kota Kediri, kami persilahkan untuk mengikuti prosedur berikut :

  1. Datanglah ke Polres Kota Kediri.

    Dokumen yang wajib Anda bawa adalah KTP asli dan Fotocopy. Sertakan surat permohonan yang sudah di print ke dalam lembar A4. Bangunan Polres bersebelahan dengan sungai Brantas (sebelah barat) dan dekat pasar bandar serta kantor kecamatan Mojoroto.

  2. Ambil Formulir Pendaftaran di Loket Utama.

    Anda bisa langsung mengisi formulir yang tersedia di loket pendaftaran dan serahkan dokumen yang sudah Anda bawa kepada petugas Data Entry. Jika petugas sudah selesai melakukan registrasi data, Anda akan diberikan nomor antrian untuk ujian teori.

  3. Silahkan Mengikuti Psikotes dan Tes Kesehatan.

    Sebelum melaksanakan ujian teori, lakukan terdahulu tes kesehatan fisik dan psikotes yang terletak di seberang jalan menuju ke utara (tidak jauh dari lokasi Polres Kota Kediri). Biaya yang dipatok untuk tes kesehatan fisik sebesar Rp 25.000 dan untuk psikotes Rp 50.000.

  4. Selanjutnya Laksanakan Ujian Teori di Ruang Ujian Teori.

    Ujian teori pada umumnya berlangsung selama 15 menit. Soal yang disajikan berupa pilihan ganda dengan jumlah pertanyaan mencapai 30 butir. Standar kelulusan tes yaitu dengan nilai minimal 70 atau betul 21 soal. Jika Anda dinyatakan lulus pada ujian teori ini maka Anda akan diarahkan untuk mengikuti ujian praktik selanjutnya.

  5. Kemudian Lakukan Ujian Praktik di Lapangan Polres.

    Keterampilan teknis dan pengetahuan Anda dalam berkendara diuji pada sesi ini. Kegiatan ini biasa dilakukan di tempat yang terbuka dan telah memenuhi persyaratan standard fasilitas ujian praktik.

  6. Pada Tahap Akhir, Ikuti Prosedur Verifikasi Data di Ruang Foto.

    Verifikasi data dalam pembuatan SIM terdiri dari foto, rekam sidik jari, & tanda tangan digital. Anda dapat melakukannya di Ruang Foto.

  7. Lakukan pembayaran PNBP di loket BRI.

    Setelah itu Anda bisa langsung melakukan pembayaran PNBP SIM di loket BRI yang letaknya tidak jauh dengan loket pendaftaran.

  8. Kembali ke Loket Pendaftaran untuk Konfirmasi berkas.

    Setelah kesekian proses, kembalilah ke loket pendaftaran untuk konfirmasi berkas persyaratan dan tunjukkan struk pembayaran Anda dari loket BRI tadi.

  9. Tunggu pencetakan SIM Anda selesai.

    Petugas akan mencetak kartu Anda dalam waktu 2-3 jam (tergantung panjangnya antrean SIM). Selesai, SIM Anda sudah jadi.

Aplikasi Perpanjangan SIM Online Kediri

Guna memperluas akses pelayanan terhadap perpanjangan SIM di wilayah kabupaten dan kota Kediri, pemerintah menghadirkan Aplikasi SIM Online yang sudah dirilis sejak 2021.

Anda cukup melakukan verifikasi data pada Aplikasi Perpanjangan SIM Online dan membayar biaya SIM C & SIM A secara langsung dengan transfer via bank. Perpanjangan kartu yang sudah jadi bisa dikirimkan ke rumah Anda oleh grab terdekat atau Anda dapat mengambilnya di Polres.