Advertisements

Biaya SIM Kebumen Serta Syarat & Tes Nya

SIM Kebumen – Sebelum melakukan pembuatan SIM Baru di wilayah Kebumen, Anda dapat mencari informasi mengenai biaya, lokasi, serta mekanisme pembuatan SIM Kebumen melalui artikel di bawah ini.

Berapa biaya penerbitan SIM Kebumen?

Biaya penerbitan SIM mobil Kebumen adalah Rp. 120,000, sedangkan biaya penerbitan SIM motor senilai Rp. 100.000. Biaya ini tidak termasuk pembuatan Surat Keterangan Sehat Dokter.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM Satlantas Polres Kebumen

Proses pembuatan SIM Kebumen dapat dilakukan di Satlantas Polres Kebumen yang beralamat di Jl. HM Sarbini, Mertokondo, Bumirejo, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah, Kode Pos : 54317.

Lokasi Kantor Satlantas Polresta Kebumen berjarak sekitar 260 meter dari Pasar Mertokondo.

Tes Online SIM Kendaraan Bermotor Kebumen

Ujian teori merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemohon baru. Pada ujian teori terdapat sejumlah pertanyaan yang harus dijawab. Apabila pada saat ujian teori Anda dinyatakan tidak lulus, maka Anda tidak dapat mengikuti ujian praktik.

Namun, Anda tidak perlu takut untuk menghadapi ujian teori, karena Anda dapat mempelajari beberapa contoh soal yang terdapat pada ujian teori pembuatan SIM melalui Simulasi Tes SIM Online yang dapat diakses melalui tombol di bawah ini.

Pada “Simulasi Tes SIM Online” terdapat 30 contoh pertanyaan dengan masing – masing 4 pilihan jawaban yang harus dikerjakan. Biasanya untuk dapat dinyatakan lulus dalam ujian teori, pemohon SIM minimal harus mendapatkan nilai 70 atau benar menjawab 21 pertanyaan.

Oleh karena itu, semoga dengan adanya Simulasi Tes SIM Online, Anda dapat belajar terlebih dahulu sebelum melakukan ujian teori.

Biaya SIM A dan SIM C Kebumen

Untuk melakukan pembuatan dan perpanjang SIM di Kebumen, ada sejumlah biaya yang perlu dibayarkan oleh pemohon SIM. Berikut daftar biaya penerbitan dan perpanjang SIM Kebumen.

Biaya Penerbitan SIM Baru Kebumen

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan Baru SIM ARp. 120.000
Penerbitan Baru SIM CRp. 100.000
Advertisements

Biaya Perpanjang SIM Kebumen

Selain membuat SIM (Surat Izin Mengemudi), pengendara kendaraan bermotor di wilayah Kebumen juga harus melakukan perpanjangan SIM setiap 5 tahun sekali.

Biaya perpanjangan SIM A adalah Rp. 80.000, sedangkan biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp. 75.000. Biaya ini dipungut berdasarkan PNBP.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjang SIM A (mobil)Rp. 80.000
Perpanjang SIM C (motor)Rp. 75.000

Keterangan : Tarif penerbitan dan perpanjangan SIM Kebumen di atas, belum termasuk Surat Keterangan Sehat Dokter.

Dokumen Persyaratan Penerbitan SIM Baru

Selain menyiapkan sejumlah biaya untuk membuat SIM baru, Anda juga harus mempersiapkan dokumen persyaratan. Berikut daftar dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan.

  • KTP asli dan fotokopi
  • Surat Keterangan Sehat Dokter
  • Hasil Tes Psikologi
Advertisements

Prosedur Pembuatan SIM Baru Kebumen

  1. Lakukan cek kesehatan di asrama polisi.

    Pada proses cek kesehatan akan dilakukan tes buta warna, dan penimbangan berat badan. Salh satu tujuan pemeriksaan kesehatan fisik dilakukan untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat Dokter.

  2. Lakukan tes psikologi di depan Apotek Budi Farma.

    Pada pelayanan tes psikologi, Anda akan diminta untuk mengerjakan soal dan jawab sesuai dengan kepribadian Anda. Untuk biaya yang dipungut pada saat test psikologi senilai Rp. 50.000, dan Anda menunggu hasil tes keluar. Proses tes psikologi dilakukan dalam waktu ± 10 menit.

  3. Lakukan pengisian formulir pendaftaran di Loket 1 & 2.

    Isi formulir pendaftaran sesuai data diri Anda di loket 1. Setelah itu, lakukan penyerahan berkas  kepada petugas loket 2 (penyerahan berkas).

  4. Lakukan pembayaran PNBP SIM.

    Berdasarkan informasi yang didapatkan, pembayaran PNBP SIM di Satlantas Polres Kebumen dilakukan secara cashless.

  5. Lakukan registrasi dan pendaftaran pembuatan SIM di Loket 3.

    Proses registrasi dilakukan di loket 3. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk melakukan proses pengambilan foto, dan identifikasi.

  6. Silahkan masuk ke ruang foto untuk rekam tanda tangan, sidik jari, & foto diri.

    Dalam ruang foto juga akan dilakukan pengambilan sidik jari, dan tanda tangan pemohon SIM. Jumlah pemohon SIM yang akan dipanggil untuk masuk ke ruang foto sebanyak 5 -6 orang secara bersamaan.

  7. Ikuti ujian teori pembuatan SIM baru.

    Sebagai salah satu syarat pembuatan SIM, Anda harus mengikuti ujian teori. Saat melakukan ujian teori, usahakan untuk mendapat nilai di atas batas minimal agar dinyatakan lulus, dan dapat mengikuti ujian praktik.

  8. Ikuti ujian praktik berkendara.

    Setelah dinyatakan lulus dalam ujian teori, maka Anda dapat melakukan ujian praktik SIM. Apabila pada percobaan pertama Anda dinyatakan gagal, maka Anda dapat mengulanginya setelah jangka waktu 7 hari.

  9. Ambil SIM baru di loket pengambilan SIM.

    Jika Anda telah lulus dalam ujian teori dan praktik, maka Anda tinggal menunggu proses pencetakan SIM, dan mengambilnya di loket pengambilan SIM.

Perpanjangan SIM Kebumen Via “Aplikasi SIM Online”

Melalui “Aplikasi SIM Online” kini pengendara bermotor dapat melakukan perpanjangan SIM secara online dan lebih efisien tanpa harus terlalu lama mengantri.

Apabila Anda melakukan proses perpanjangan SIM menggunakan aplikasi ini, maka proses pembayaran dapat dilakukan secara tranfer, dan pengambilan SIM dilakukan dengan metode pengiriman sesuai jasa kurir yang dipilih.

Bagi Anda yang ingin mengakses “Aplikasi SIM Online” pada smartphone, dan mengetahui bagaimana cara perpanjang SIM online, silahkan tekan tombol di bawah ini.