Advertisements

Biaya SIM Jombang Serta Syarat & Tes Nya

SIM Jombang – Proses pembuatan SIM Jombang dapat dilakukan di Satlantas Jombang. Untuk mengetahui lokasi, biaya, dokumen persyaratan, serta caranya, silahkan simak artikel berikut.

Biaya penerbitan SIM Jombang adalah Rp. 120.000 untuk SIM A (mobil), dan Rp. 100.000 untuk SIM C (motor). Biaya tersebut belum termasuk pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

Daftar Isi :

Advertisements

Alamat Pembuatan SIM Jombang

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, pembuatan SIM Jombang dapat dilakukan secara langsung di Satuan Lalu Lintas Polres Jombang.

Satlantas Polres Jombang beralamat di Jl. Brigjen Kretarto No. 10, Weru, Mojongapit, Kec. Jombang, Kab. Jombang, Jawa Timur.

Lokasi Satlantas Polres Jombang berjarak sekitar 950 meter dari Stadion Merdeka Jombang. Apabila Anda menempuhnya menggunakan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Simulasi Tes SIM Jombang Online

Untuk mendapatkan SIM baru kendaraan bermotor di Jombang, Anda harus mengikuti dan lulus dalam ujian teori. Pelaksanaan ujian teori ini dilakukan sebelum melakukan ujian praktik, sehingga Anda dapat mengikuti ujian praktik Anda harus lulus terlebih dahulu pada ujian teori.

Dalam ujian teori, pertanyaan yang sering diujikan biasanya mengenai etika berkendara, keterampilan mengemudi, dsb. Saat mengerjakan ujian teori, usahakan untuk menjawab minimal pertanyaan dengan benar sebanyak 21 soal, agar dapat dinyatakan “Lulus”.

Di bawah ini kami menyediakan layanan “Simulasi Tes SIM Online” yang dapat diakses secara gratis untuk berlatih mengerjakan soal ujian teori.

Advertisements

Dalam simulasi tersebut terdapat 30 contoh soal ujian teori yang harus Anda kerjakan. Setiap soal pada Simulasi Tes SIM online terdapat 4 pilihan jawaban, dan setelah menjawab Anda dapat mengetahui salah atau benarnya secara langsung.

Biaya Penerbitan dan Perpanjang SIM Jombang

Untuk mengetahui biaya penerbitan dan perpanjangan SIM A dan C di Jombang, silahkan cek pada tabel di bawah ini.

Biaya Penerbitan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Tarif penerbitan dan perpanjangan SIM yang tertera belum termasuk tarif tambahan lainnya.

Biaya Perpanjang SIM

Tarif perpanjang SIM C dan SIM A berbeda. Biaya perpanjangan SIM C adalah Rp. 75.000, sedangkan biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjang SIM ARp. 80.000
Perpanjang SIM CRp. 75.000

*Tarif penerbitan dan perpanjangan SIM yang tertera belum termasuk tarif tambahan lainnya.

Advertisements

Dokumen Persyaratan Pembuatan SIM Jombang

Berikut dokumen persyaratan administrasi pembuatan SIM baru di Satlantas Polres Jombang.

  • Fotokopi KTP yang masih berlaku
  • Surat keterangan sehat jasmani (dari instansi yang ditunjuk Polri)
  • Surat keterangan sehat rohani / psikologi
  • Surat keterangan kursus mengemudi (khusus untuk pembuatan jenis SIM tertentu)
  • Surat klipeng (khusus untuk pembuatan jenis SIM tertentu)

Bagi Anda yang belum sempat melakukan fotokopi dokumen persyaratan, Anda dapat melakukannya di sekitar lokasi tes kesehatan.

Cara Pembuatan SIM Baru Jombang

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani (tes psikologi).

    Lokasi untuk pemeriksaan kesehatan jasmani dan tes psikologi berada di seberang Satlantas Polres Jombang. Jika bingung menemukan lokasi tes kesehatan, silahkan bertanya kepada petugas.

  2. Silahkan masuk ke area Gedung Satlantas.

    Ketika masuk ke area Gedung Satlantas, petugas akan memberi Anda sebuah formulir pendaftaran yang harus diisi.

  3. Bayar PNBP SIM di loket pembayaran BRI.

    Setelah mengisi formulir pendaftaran, silahkan untuk melakukan pembayaran PNBP SIM di loket BRI. Sebaiknya, lakukan pembayaran dengan uang pas.

  4. Silahkan menuju loket pendaftaran atau registrasi untuk penyerahan dokumen persyaratan.

    Berikan formulir yang telah Anda isi dan dokumen persyaratan sesuai yang diminta petugas pendaftaran untuk proses input data. Setelah itu, tunggu hingga Anda dipanggil untuk masuk ruang foto.

  5. Silahkan masuk ke ruang foto dan identifikasi/sidik jari untuk melengkapi identifikasi diri.

    Di dalam ruang foto atau identifikasi akan dilakukan proses pengambilan foto, tanda tangan, dan sidik jari. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk masuk ke ruang ujian teori.

  6. Silahkan masuk ke ruang ujian teori untuk mengikuti ujian teori.

    Salah satu cara untuk mendapatkan SIM baru, Anda harus lulus dalam ujian teori, sehingga dapat mengikuti ujian praktik. Kerjakan soal ujian teori dengan sungguh – sungguh sesuai dengan batas waktu yang diberikan.

  7. Ikuti ujian praktik berkendara di Lapangan Satlantas.

    Jika Anda “Lulus” pada ujian teori, Anda akan diarahkan untuk mengikuti ujian praktik berkendara. Untuk kendaraan yang digunakan tergantung dengan jenis SIM yang dibuat.

  8. Silahkan ambil SIM baru di loket pengambilan SIM.

    Jika Anda melengkapi semua syarat administrasi, dan lulus dalam ujian pembuatan SIM, Anda dapat mengambil SIM baru di loket pengambilan SIM.

Perpanjangan SIM Jombang Secara Online

Biasanya untuk memudahkan proses perpanjangan SIM, masyarakat memanfaatkan layanan SIM keliling. Namun, dikarenakan layanan tersebut hanya diselenggarakan di waktu tertentu saja, maka kini Korlantas Polri telah meluncurkan Aplikasi SIM Online.

Apa itu Aplikasi SIM Online?

Pada Aplikasi SIM Online terdapat layanan perpanjangan SIM secara online yang dapat diakses melalui smartphone.

Setelah melakukan pendaftaran melalui aplikasi tersebut, maka untuk pembayaran dapat Anda lakukan via transfer bank, dan SIM baru akan dikirimkan ke alamat Anda menggunakan jasa pengiriman yang telah dipilih.

Untuk dapat mengakses Aplikasi SIM Online, Anda dapat mendownloadnya secara gratis melalui tombol di bawah ini.