Biaya SIM Jember Serta Syarat & Tes Nya

SIM Jember – Seseorang yang mengendarai kendaraannya di jalan harus mempunyai SIM dulu. Karena SIM menjadi bukti bahwa seseorang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia.

Advertisements

Lalu berapakah biaya buat SIM Jember?

Biaya pembuatan SIM C (motor) Jember adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM A (mobil) Jember adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan jasmani dan rohani.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Satlantas Polres Jember

Masyarakat yang ingin membuat SIM di Jember, silahkan menuju ke Satlantas Polres Jember yang beralamatkan di Jl. Letjen Panjaitan No.46, Lingkungan Sumberdand, Kebonsari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Untuk metode pembayaran pembuatan SIM bisa dilakukan secara tunai atau non tunai. Namun jika Anda ingin membayar secara tunai, Anda bisa pergi ke ATM terdekat dulu agar uang yang Anda bawa cukup.

atm BRI di dekat polres Jember

Tes SIM Online Jember

Pembuatan SIM bisa dilakukan jika Anda mampu lulu dari tahapan tes yang diujikan. Salah satu tahapan tes tersebut adalah tes teori. Tes teori yang dilaksanakan di Polres berisi soal-soal tentan cara berlalu lintas yang baik dan benar.

Agar memiliki persiapan diri yang baik, Anda bisa mencoba mengerjakan simulasi tes SIM online yang kami sediakan ini. Agar bisa lulus dari simulasi ini, Anda harus bisa menjawab monimal 21 soal dengan benar.

Untuk mulai simulasi tes SIM online, Anda bisa klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Jember

Berikut adalah rincian biaya untuk pembuatan serta perpanjangan SIM A untukmobil dan SIM C untuk motor di wilayah Jember.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum biaya cek kesehatan oleh dokter dan psikolog.

Biaya Perpanjangan SIM Jember

Biaya perpanjangan SIM motor Jember adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Jember adalah Rp. 80.000.

Jenis Pembayaran Biaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan oleh dokter dan psikolog.

Syarat Pembuatan SIM Jember

Beberapa berkas yang harus disiapkan pada saat pembuatan SIM di Polres Jember, antara lain:

  • E-KTP
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter atau puskesmas
  • Hasil tes psikologi
Advertisements

Untuk pembuatan Surat Keterangan Sehat dari dokter, Anda bisa lakukan tes kesehatan di sebelah barat Satlantas dengan biaya Rp. 25.000.

Sedangkan untuk tes psikolog, lokasinya berada sedikit jauh dari Satlantas Polres Kediri. Lebih tepatnya dari lampu merah, Anda lurus ke timur kurang lebih 200 meter. Tempatnya berada di kanan jalan. Untuk tes psikologi ini biayanya adalah Rp. 50.000

Cara Pembuatan SIM Jember

Berikut ini prosedur yang harus Anda lalui untuk membuat SIM di Jember.

  1. Datang ke Satlantas Polres Jember.

    Lengkapi dulu semua persyaratan yang dibutuhkan termasuk Surat Keterangan Sehat dan Hasil Tes Psikotes. Masukkan semua berkas ke dalam map. Untuk fotocopy berkas dan pembelian map bisa dilakukan di fotocopyan yang berada di halaman parkir Satlantas.

  2. Menuju ke Ruang Pelayanan SIM Satpas Polres Jember.

    Setelah itu, bawa berkas menuju ke Ruang Pelayanan SIM. Di sebelah pintu masuk akan ada petugas yang mengecek kelengkapan berkas Anda.

  3. Isi formulir pendaftaran di meja pengisian formulir.

    Kemudian, petugas akan mengarahkan Anda untuk mengisi formulir di meja pengisian formulir yang berada di sebelah kanan pintu masuk. Setelah selesai mengisi formulir, silahkan ambil nomor antrian untuk melakukan regristrasi pendaftaran.

  4. Serahkan formulir pendaftaran di Loket Pendaftaran

    Berikan formulir dan berkas Anda ke Loket Pendaftaran. Setelah itu, petugas akan melakukan scan KTP dan memberikan nomor registrasi ujian dan juga barcode kepada Anda.

  5. Menuju ke Unit Identifikasi untuk melengkapi sidik jari & foto.

    Setelah itu, Anda harus melakukan proses identifikasi berupa pengambilan sidik jari, tanda tangan digital, dan pengambilan foto.

  6. Laksanakan uji teori di Ruang Uji Teori.

    Setelah itu, laksanakan ujian teori di Ruang Uji Teori. Ujian ini dikerjakan melalui komputer dan skor yang Anda peroleh akan langsung muncul.

  7. Laksanakan uji praktik di Lapangan Satpas.

    Setelah dinyatakan lolos dari ujian teori, Anda bisa meneruskan ke tahap ujian yang selanjutnya yaitu ujian praktik. Pada lapangan ujian praktik tersebut sudah terdapat garis-garis dan juga rintangan yang harus Anda lewati.

  8. Lakukan pembayaran biaya PNBP SIM di Loket BRI.

    Setelah lulus ujian praktik, silahkan lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI yang berada di sebelah kanan Loket Pendaftaran tadi. Pembayaran bisa dilakukan secara non tunai menggunakan aplikasi Ovo, link aja, atau Go Pay.

  9. Ambil SIM di Loket Penyerahan.

    Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga SIM Anda selesai dicetak dan bisan diambil di Loket Penyerahan.

Aplikasi SIM Online Jember

Di era digital ini, Korlantas Polri telah memperluas layanannya dengan membuat sebuah aplikasi perpanjangan SIM online. Aplikasi ini bisa didownload melalui smartphone Anda.

Dengan menggunakan layanan perpanjangan SIM online, Anda tidak perlu antri lagi di Satlantas. Semua proses bisa dilakukan di rumah mulai dari regristrasi hingga pembayaran. Untuk SIM yang sudah jadi pun bisa langsung dikirim ke rumah Anda.

Jika Anda ingin melakukan perpanjangan SIM online, silahkan Anda download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini.