Biaya SIM Jakarta Serta Syarat & Tes Nya

SIM Jakarta ~ Proses pembuatan SIM Jakarta dapat dilakukan di Kantor Pelayanan SIM yang berada di area Jakarta. Namun, perlu Anda ketahui dalam proses pembuatan SIM, Anda harus menyiapkan dokumen persyaratan, biaya, serta mengetahui prosedurnya yang akan kami bahas pada artikel berikut.

Advertisements

Biaya penerbitan SIM A Jakarta adalah Rp. 120.000, dan penerbitan SIM C Jakarta adalah Rp. 100.000. Tarif ini tidak termasuk cek kesehatan dan tes psikotes.

Daftar Isi :

Advertisements

Alamat Pembuatan SIM DKI Jakarta

Proses pembuatan SIM di wilayah DKI Jakarta dapat dilakukan secara langsung di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat.

Namun, apabila Satpas atau Satlantas di beberapa daerah DKI Jakarta telah melayani proses pembuatan SIM baru, silahkan untuk memprosesnya disana.

Berikut beberapa alamat Satpas atau Satlantas yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Nama TempatLokasi
Satlantas Wilayah Jakarta Timur (Perpanjangan SIM)Jl. DI.Panjaitan No. 10, RT.12/ RW.06, Cipinang Besar Selatan, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur.
Satpas Daan MogotJl. Daan Mogot KM. 11 No. 03, Kedaung Kali Angke, Kec. Cengkareng, Kota Jakarta Barat.
Satpas SIM Polres JakselJl. Dharma Wangsa No. 07, RT.02/ RW.01, Pulo, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.
Satpas SIM Jakarta UtaraJl. Gorontalo Raya No. 80, RT.02/ RW.01, Sungai Bambu, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara.
Satpas SIM Jakarta PusatJl. Landasan Pacu Selatan Ruas A5 No. 01, Kebon Kosong, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat.

Untuk mengetahui lokasi tepatnya pelayanan SIM A & SIM C Jakarta, silahkan cek melalui google secara langsung, dan silahkan datang pada hari kerja.

Layanan Tes SIM Jakarta Online

Selain ujian praktik, pemohon SIM baru akan diminta untuk mengikuti ujian teori yang biasanya dilakukan di dalam salah satu ruang kantor pelayanan SIM. Ujian teori akan Anda lakukan setelah proses pendaftaran dan identifikasi selesai.

Apabila dalam ujian teori Anda tidak mendapatkan score yang cukup untuk dinyatakan “Lulus”, maka Anda belum dapat mengikuti ujian praktik berkendara.

Oleh karena itu, bagi Anda yang hendak mengikuti ujian teori, sebaiknya berlatih mengerjakan contoh – contoh soal ujian teori terlebih dahulu melalui Simulasi Tes SIM Online di bawah ini.

Dengan mengakses Simulasi Tes SIM Online Anda dapat mengerjakan 30 contoh pertanyaan ujian teori secara langsung.

Advertisements

Biaya Penerbitan & Perpanjang SIM Jakarta

Berikut daftar penerbitan dan perpanjang SIM Jakarta.

Biaya Penerbitan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

Biaya Perpanjangan SIM

Pada proses perpanjangan SIM, Anda akan dikenakan sejumlah biaya. Tarif perpanjangan SIM Jakarta  adalah Rp. 80.000 untuk perpanjangan SIM A, sedangkan biaya perpanjangan SIM C senilai Rp. 75.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM ARp. 80.000
Perpanjangan SIM CRp. 75.000

Keterangan : Biaya yang tertera pada tabel di atas, belum termasuk proses pembuatan surat keterangan sehat dan tes psikotes.

Syarat Dokumen Pembuatan SIM Jakarta

Berikut persyaratan dokumen yang diperlukan untuk proses penerbitan SIM Jakarta.

  • E-KTP dan fotocopy
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani
  • Surat Keterangan Sehat Rohani / Tes psikotes

Sedangkan, apabila Anda hendak melakukan perpanjangan, Anda juga harus membawa SIM lama. Namun, Anda tidak perlu lagi mengikuti ujian teori, dan praktik.

Advertisements

Cara Penerbitan SIM Jakarta

  1. Silahkan Anda melakukan cek kesehatan

    Untuk cek kesehatan dilakukan di dokter yang telah ditunjuk pihak kepolisian. Lokasi cek kesehatan biasanya berada di sekitar kantor pelayanan SIM. Apabila Anda kebingungan mencari lokasi cek kesehatan, silahkan bertanya kepada petugas.

  2. Silahkan ikuti tes psikotes untuk mendapatkan surat keterangan sehat rohani

    Setelah Anda mengikuti pemeriksaan kesehatan fisik, silahkan menuju ruang psikotes yang biasanya berdekatan dengan lokasi ruang cek kesehatan.

  3. Lakukan pembayaran asuransi

    Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, Anda akan diminta untuk membayar asuransi. Biaya asuransi yang perlu Anda bayarkan sekitar Rp. 30.000.

  4. Silahkan Anda masuk ke Kantor Satpas SIM untuk mendapatkan formulir pendaftaran

    Saat Anda masuk ke dalam kantor Satpas SIM, Anda akan mendapatkan kalung visitor, dan petugas akan memberi Anda formulir pendaftaran.

  5. Bayar PNBP pembuatan SIM baru di loket pembayaran

    Setelah mengisi formulir pendaftaran, silahkan Anda melakukan pembayaran PNBP SIM. Apabila proses pembayarannya menggunakan tunai, silahkan persiapkan uang pas.
     

  6. Kumpulkan berkas persyaratan ke petugas registrasi

    Dokumen persyaratan yang telah lengkap masukkan ke dalam map, dan kumpulkan ke bagian petugas registrasi untuk input data.

  7. Masuk ke tempat foto untuk proses identifikasi

    Tunggu antrian untuk masuk ke ruang foto. Di dalam ruang foto, juga akan dilakukan proses rekam sidik jari, dan tanda tangan.

  8. Lanjutkan untuk mengikuti ujian teori

    Sebelum pelaksanaan ujian praktik, Anda harus dinyatakan lulus terlebih dahulu saat mengikuti ujian teori.

  9. Kemudian, silahkan menuju lapangan area ujian praktik

    Apabila pada ujian teori Anda dinyatakan lulus, maka petugas akan mengarahkan Anda untuk mengikuti ujian praktik berkendara. Kendaraan bermotor yang digunakan akan disesuaikan dengan jenis SIM yang dibuat.

  10. Silahkan mengambil SIM di loket penyerahan SIM

    Pemohon SIM yang telah dinyatakan “Lulus” ujian praktik akan diarahkan petugas untuk mengambil SIM di loket penyerahan SIM.

Perpanjangan SIM Jakarta Via Online

Perpanjangan SIM Jakarta dapat Anda lakukan secara online melalui “Aplikasi SIM Online”. Dengan mengakses aplikasi ini, Anda dapat melakukan pendaftaran poerpanjangan SIM Jakarta menggunakan smartphone.

Sedangkan, untuk proses pembayaran, Anda dapat melakukannya melalui transfer bank, dan SIM yang baru (telah diperpanjang) akan dikirimkan ke alamat Anda melalui kurir yang dipilih melalui Aplikasi SIM Online.

Aplikasi SIM Online dapat Anda download dan secara gratis dengan menekan tombol berikut.