Biaya SIM Jakarta Utara Serta Syarat dan Tes Nya

SIM Jakarta Utara – Membuat SIM (Surat Izin Mengemudi) dapat dilakukan di Pelayanan Satpas SIM Jakarta Utara. Adapun persyaratan, biaya, dan lokasinya bagi Anda yang hendak mengurus SIM bisa menyimak artikel berikut.

Advertisements

Berapa biaya pembuatan SIM Jakarta Utara?

Untuk membuat SIM C (motor) Jakarta Utara, biaya yang di tanggung adalah sebesar Rp 100.000 dan untuk SIM A (mobil) adalah Rp 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan, asuransi, dan psikotes.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Kantor Pelayanan Satpas SIM Jakarta Utara

Letak Kantor Pelayanan Satpas tidak jauh dari taman Gorontalo. Kantor Pelayanan Satpas beralamat di Jl. Gorontalo Raya No.80, RT.2/RW.1, Sungai Bambu, Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14330.

Agar lebih jelasnya Anda bisa melihat denah lokasi dari google map di bawah ini.

Datangi Kantor Pelayanan Satpas pada jam kerja berikut :

HariJam Operasional
Senin s/d Kamis08.00 – 13.30
Jum`at12.30 – 13.00
Sabtu08.00 – 12.00

Simulasi Tes SIM Online Jakarta Utara

Persyaratan utama supaya memperoleh SIM adalah dengan mengikuti ujian teori dan praktik. Ujian teori berupa 30 pertanyaan mengenai etika berkendara, pengetahuan akan peraturan lalu lintas, dan jaringan jalan. Anda harus bisa menjawab pertanyaan hingga benar 21 dari 30 (karena untuk lulus, minimal Anda mendapat nilai 70).

Oleh sebab itu, disini kami sajikan simulasi tes SIM online yang 95% sering keluar pada saat ujian teori nanti. Anda dapat berlatih mengerjakan soal-soal pada simulasi ini dengan bebas. Kemudian hasil tes simulasi bisa Anda lihat setelah selesai mengerjakan.

Langsung saja klik tombol di bawah ini dan mulailah mengerjakan simulasi tes SIM Online.

Advertisements

Tarif Pembuatan dan Perpanjangan SIM Jakarta Utara

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat SIM Jakarta Utara sudah diatur oleh pemerintah, yang sifatnya wajib sebagai PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

Rincian biaya tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut ini. Biaya yang tertulis di bawah ini belum terhitung untuk asuransi, tes kesehatan, dan tes psikologi.

Biaya Pembuatan SIM Baru      

Biaya Pembuatan SIM A (mobil) adalah Rp 100.000 dan untuk SIM C (motor) adalah Rp 120.000. Anda dapat membuat smart SIM untuk wilayah Jakarta Utara dengan biaya serupa.

Jenis PembayaranBiaya
Pembuatan SIM ARp 120.000
Pembuatan SIM CRp 100.000

Biaya Perpanjangan SIM

Besarnya biaya perpanjangan SIM Jakarta Utara sbb : SIM A (mobil) Rp 80.000 dan SIM C (motor) Rp 75.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM ARp 80.000
Perpanjangan SIM CRp 75.000

Syarat Pembuatan dan Perpanjangan SIM Jakarta Utara

  • Surat Permohonan Diri
  • Lembar Fotocopy dan KTP asli
  • SKD (Surat Keterangan Dokter)
  • Hasil Tes Psikologi
  • SIM lama (untuk perpanjangan SIM)
Advertisements

Tata Cara Memperoleh SIM Baru Jakarta Utara

  1. Datanglah ke Pelayanan Satpas SIM Jakarta Utara.

    Usahakan Anda tiba di lokasi sebelum pukul 08.00 WIB karena petugas sudah ada disana. Untuk diketahui bangunan gedung Satpas berwarna biru (agar Anda tidak keliru masuk).

  2. Masuk ke Ruang Pelayanan SIM dan Isilah Formulir di Loket 3.

    Masuk saja lewat pintu utama ke sebelah kiri. Lalu mendaftar diri di loket 3 dan ambil nomor antrean. Persiapkan Fotocopy KTP dan Bolpoin (untuk mengisi formulir).

  3. Lengkapi Persyaratan Surat SKD dan Psikotes.

    Kemudian menuju ruang kesehatan (dikarenakan lokasinya ada di luar gedung, bawalah payung agar tidak terkena panas matahari).

  4. Kemudian Persiapkan Diri Anda untuk Mengerjakan Ujian Teori.

    Durasi ujian teori hanya 15 menit. Untuk mencapai tingkat kelulusan yang baik, setidaknya anda perlu mengerjakan soal dengan benar hingga 21 butir dari 30 butir soal. Jika ujian teori Anda lulus, dipastikan bisa mengikuti ujian praktik selanjutnya.

  5. Selanjutnya, Ikuti Ujian Praktik yang Dilaksanakan di Lapangan Satpas.

    Sebagai pemohon baru, petugas akan memberikan gambaran tantangan dari pengujian berkendara. Seperti jalan melingkar, bridge, slalon dan zig-zag.

  6. Berikut Lakukan Pembayaran PNBP SIM  di Loket BRI.

    Apabila pada ujian praktik Anda lolos, bias langsung masuk ke Loket BRI yang berada di sebelah kiri loket 3 (untuk membayar cetak SIM).

  7. Lalu Masuklah ke Ruang Foto untuk Identifikasi Data.

    Ikuti pengambilan foto,sidik jari dan tanda tangan di Ruang Foto. Lalu kembali ke loket 3 untuk menyerahkan semua berkas pada petugas.

  8. Setelah itu Anda Tinggal Menunggu SIM Dicetak.

    Proses pencetak SIM kurang lebih selama 120 menit. Anda dapat mengambil SIM di loket 3 (Produksi).

Perpanjangan SIM Online Jakarta Utara

Layanan perpanjangan SIM semakin mudah dengan adanya aplikasi perpanjangan SIM yang telah diluncukan oleh kepolisian.

Anda cukup melakukan registrasi data dan memilih metode pembayaran, perpanjangan SIM Anda langsung jadi dan siap diantar ke rumah oleh Go-Jek atau diambil sendiri ke lokasi Satpas.

Aplikasi ini dapat Anda akses dengan mendownload nya pada android yang Anda miliki. Berikut tombol download yang mengarah langsung pada Aplikasi SIM Online.