Biaya SIM Jakarta Timur Serta Syarat & Tes Nya

SIM Jakarta Timur ~ Dalam proses pembuatan SIM Jakarta Timur, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pemohon SIM, antara lain biaya, syarat, serta prosedur. Untuk itu, silahkan simak artikel berikut untuk mengetahuinya.

Advertisements

Biaya penerbitan SIM Jakarta Timur adalah Rp. 100.000 untuk SIM C (motor), dan Rp. 120.000 untuk SIIM A (mobil). Biaya ini belum termasuk fotocopy, cek kesehatan, dsb.

Daftar Isi :

Advertisements

Alamat Pembuatan dan Perpanjangan SIM Jakarta Timur

Berdasarkan informasi yang telah kami dapatkan, proses pembuatan SIM baru di Jakarta Timur berada di Satpas Daan Mogot.

Sedangkan, lokasi untuk perpanjangan SIM Jakarta Timur dapat dilakukan secara langsung di Satpas Jakarta Timur yang beralamat Jl. DI. Panjaitan No. 10, RT. 12/ RW. 06, Cipinang Besar Selatan, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

Tes SIM Jakarta Timur Online

Pemohon SIM baru akan dinyatakan “Lulus” pada ujian teori, apabila nilai yang diperoleh melebihi batas minimal. Biasanya batas nilai yang ditetapkan dalan ujian teori pembuatan SIM adalah 70 atau terdapat 21 soal yang terjawab dengan benar.

Untuk mendapatkan score yang tinggi, sebaiknya Anda belajar dan berlatih terlebih dahulu mengerjakan soal ujian teori sebelum waktu ujian tiba. Proses belajar mengerjakan soal ujian teori dapat Anda lakukan secara online melalui layanna SImulasi Tes SIM Online yang telah kami siapkan di bawah ini.

Dalam layanan Simulasi Tes SIM Online, Anda dapat mengerjakan beberapa contoh soal yang biasa keluar pada ujian teori. Setiap pertanyaan pada layanna tersebut terdapat 4 pilihan jawaban pertanyaan yang dapat Anda pilih salah satu, dan secara langsung Anda akan mengetahui salah tau benarnya.

Biaya Penerbitan dan Perpanjangan SIM Jakarta Timur

Selain penerbitan SIM baru Jakarta Timur, perpanjangan SIM A & C juga memerlukan biaya. Berikut daftar tarif penerbitan dan perpanjangan SIM Jakarta Timur.

Biaya Penerbitan SIM

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000
Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya yang diperlukan untuk perpanjangan SIM A dan SIM C berbeda. Tarif perpanjangan SIM Jakarta Timur adalah Rp. 80.000 untuk SIM A, sedangkan Rp. 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM ARp. 80.000
Perpanjangan SIM CRp. 75.000

Keterangan : Tarif di atas tidak termasuk biaya mengikuti tes psikotes, cek kesehatan, dsb.

Dokumen Persyaratan Penerbitan SIM Baru Jakarta Timur

Berikut dokumen persyaratan yang perlu dipersiapkan untuk penerbitan SIM baru di Jaktim.

  • KTP asli dan fotokopi
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani Dokter
  • Surat Keterangan Sehat Rohani / Tes Psikologi
  • SIM A dilengkapi hasil uji simulator

Cara Pembuatan SIM Baru Jakarta Timur

  1. Langsung cek kesehatan jasmani dan rohani

    Sebelum melakukan cek kesehatan, silahkan untuk mengambil nomor antrian dan dokumen persyaratan (fotokopi KTP). Lokasi cek kesehatan terletak di samping gedung Satpas. Sedangkan, pengecekan kesehatan rohani dilakukan dengan mengikuti tes psikotes.

  2. Silahkan masuk ke Satpas Jakarta Timur untuk mengambil formulir pendaftaran

    Apabila seluruh dokumen persyaratan telah siap, silahkan masukkan ke dalam satu map. Kemudian tunjukka kepada petugas, dan Anda akan diberi formulir pendaftaran.

  3. Isi formulir pendaftaran pembuatan SIM baru

    Formulir pendaftaran diisi sesuai dengan data diri Anda, dan untuk cara pengisiannya Anda dapat melihat contoh yang telah disediakan petugas.

  4. Kemudian, bayar PNBP SIM di loket BRI

    Proses pembayaran PNBP SIM dilakukan melalui loket BRI yang berada di dekat ruang pendaftaran.

  5. Silahkan menuju loket registrasi untuk pengumpulan berkas dan input data

    Kumpulkan berkas persyaratan kepada petugas registrasi untuk dilakukan input data. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk proses identifikasi.

  6. Silahkan masuk ke ruang foto untuk proses identifikasi

    Saat di ruang foto, petugas akan melakukan pengambilan foto, rekam sidik jari, dan tanda tangan pemohon SIM.

  7. Selanjutnya, kerjakan ujian teori di ruangan ujian teori

    Setelah proses identifikasi selesai, Anda akan diarahkan petugas untuk mengikuti ujian teori. Biasanya soal pada ujian teori yang dikerjakan mengenai cara berkendara dan menghadapiu situasi lalu lintas.

  8. Silahkan menuju lapangan ujian praktik berkendara di lapangan

    Untuk ujian praktik berkendara, pemohon SIM baru akan diarahkan ke lapangan, dan diminta untuk melewati lintasan yang telah dipersiapkan dengan mengendarai kendaraan bermotor sesuai jenis SIM.

  9. Silahkan ambil SIM di loket penyerahan SIM

    Bagi pemohon SIM baru yang telah dinyatakan “Lulus” dalam ujian praktik berkendara, dapat mengambil SIM yang telah dicetak ke bagian loket penyerahan SIM.

Advertisements

Perpanjangan SIM Jakarta Timur Secara Online

Proses perpanjangan SIM Jakarta Timur kini dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi SIM Online. Tahukah Anda, apa itu Aplikas SIM Online?

Aplikasi SIM Online merupakan suatu aplikasi yang menyediakan layanan perpanjang SIM secara online, sehingga Anda tidak perlu mengantri langsung di kantor Satpas.

Apabila Anda melakukan proses perpanjangan SIM secara online melalui layanan aplikasi tersebut, untuk proses pembayaran dapat Anda lakukan via transfer bank, dan SIM yang telah diperpanjang akan dikirimkan melalui jasa kurir ke alamat Anda.

Bagi pemohon perpanjangan SIM Jakarta Timur yang hendalk mencoba Aplikasi SIM Online, Anda dapat menginstallnya di smartphone dengfan menekan tombol di bawah ini.