Advertisements

Biaya SIM Indramayu Serta Syarat & Tes Nya

SIM Indramayu – Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh pengendara kendaraan bermotor adalah memiliki SIM. Untuk memperoleh SIM, pengendara harus lulus ujian teori dan ujian praktik. Selain itu, biaya yang sudah ditetapkan untuk memperoleh SIM motor dan SIM mobil juga berbeda.

Advertisements

Lalu berapa biaya penerbitan SIM di Indramayu?

Biaya pembuatan SIM motor Indramayu adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Indramayu adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lainnya, seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Untuk persyaratan dan juga cara untuk membuat SIM di Indramayu, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Advertisements

Lokasi Satpas Polres Indramayu

Lokasi untuk membuat SIM di Kabupaten Indramayu adalah di Satpas Polres Indramayu, yang beralamatkan di Margadadi, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Jika dari arah timur, gedung Satpas Polres Indramayu berjarak 160 m ke barat dari Bundaran Adipura Indramayu.

Jam pelayanan Satpas Polres Indramayu adalah Senin – Sabtu pukul 08.00 – 14.00, namun khusus hari Sabtu, pelayanan Satpas Polres Indramayu hanya sampai pukul 11.00. Jadi datanglah sesuai dengan jam pelayanan Satpas.

Tes SIM Online Indramayu

Untuk bisa memperoleh SIM, Anda harus lulus dari beberapa tes yang diujikan. Salah satu tes yang akan Anda lakukan untuk memperoleh SIM adalah tes teori. Untuk lulus dari tes teori, Anda harus mendapatkan nilai terendah 70 atau memperoleh 21 jawaban yang benar.

Oleh sebab itu, untuk mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti tes teori SIM, kami telah menyiapkan simulasi tes SIM online. Dengan mengikuti simulasi ini, Anda akan mengetahui seperti apa soal-soal yang akan keluar pada saat ujian teori nanti.

Untuk memulai simulasi tes SIM online, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Kendaraan Indramayu

Tarif pembuatan SIM di Indramayu merupakan tarif yang telah ditetapkan oleh pemerintah tentang PNBP (Penghasilan Negara Bukan Pajak). Jadi, tarif penerbitan SIM ini berlaku bagi seluruh masyarakat Indramayu yang ingin membuat atau memperpanjang SIM.

Untuk rincian biaya SIM Indramayu bisa Anda baca pada tabel di bawah ini.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Indramayu adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Indramayu adalah Rp. 80.000. Berikut tabel biaya perpanjangan SIM A & C di Indramayu:

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Kendaraan Indramayu

Persyaratan untuk memiliki SIM di Satpas Polres Indramayu adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 17 tahun untuk SIM A dan SIM C
  • Surat Keterangan Dokter yang ditunjuk Kepolisian Republik Indonesia
  • E-KTP
  • Mengisi formulir pengajuan SIM
  • Lulus ujian teori dan ujian praktik

Cara Pembuatan SIM Kendaraan Indramayu

Langkah-langkah pembuatan SIM A dan SIM C di Indramayu adalah sebagai berikut:

  1. Buat Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

    Lokasi pembuatan Surat Keterangan Sehat dari Dokter ada di sebelah timur Satpas Polres Indramayu, lebih tepatnya ada di dekat lampu merah.

  2. Datang ke Polres Indramayu.

    Bawa Surat Keterangan Sehat dari Dokter dan persyaratan lainnya ke Polres Indramayu. Datanglah sesuai dengan jam pelayanan Satpas.

  3. Lakukan pendaftaran SIM baru di Loket 1.

    Setelah itu, silahkan ambil form permohonan SIM baru di Loket 1. Isi formulir tersebut dan serahkan ke petugas Loket. Pada loket tersebut, Anda juga akan diminta untuk melakukan pembayaran PNBP SIM. Setelah itu, Anda akan diberikan nomor antrian.

  4. Lakukan proses identifikasi data SIM di Loket Foto.

    Setelah sampai pada nomor antrian Anda, silahkan menuju ke Loket Foto untuk melakukan identifikasi data berupa foto SIM, sidik jari, dan juga tanda tangan.

  5. Menuju ke Ruang Pencerahan untuk mengetahui penjelasan mengenai tes SIM.

    Setelah identifikasi data selesai, Anda akan diarahkan untuk menuju ke Ruang Pencerahan sebelum mengikuti proses ujian pembuatan SIM. Di Ruang Pencerahan tersebut, petugas akan menjelaskan tentang proses dan tata cara dalam mengikuti ujian nantinya.

  6. Ikuti pelaksanaan ujian teori.

    Setelah penjelasan dari petugas selesai, Anda langsung menuju ke Ruang Uji Teori untuk mengikuti ujian teori pembuatan SIM. Anda harus dinyatakan lulus dari ujian teori ini agar bisa lanjut ke tahap tes selanjutnya.

  7. Ikuti uji praktik di Lapangan Uji Praktik.

    Setelah itu, Anda bisa menuju ke Lapangan Uji Praktik untuk mengikuti ujian praktik. Di lapangan tersebut, Anda harus melewati rintangan melalui rute yang sudah ditentukan. Sebelumnya ujian praktik mulai, petugas akan memberikan contoh terlebih dahulu tentang tata cara ujian praktik.

  8. Pergi ke Loket Penyerahan SIM untuk mengambil SIM Anda.

    Jika Anda telah lulus dari semua tahapan tes, silahkan ke Loket Penyerahan SIM untuk mengambil SIM Anda yang telah dicetak.

Aplikasi SIM Online Indramayu

Masyarakat Indramayu kini tidak perlu khawatir jika tidak bisa datang ke Satpas untuk perpanjangan SIM. Karena, Korlantas Polri kini telah meluncurkan sebuah aplikasi perpanjang SIM online sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Pada aplikasi tersebut, selain terdapat fitur perpanjangan SIM, ada juga fitur lain yaitu tes teori online. Sehingga masyarakat yang ingin mengikuti tes teori  tidak perlu lagi datang ke Satpas dan cukup dilakukan di rumah saja.

Jadi dengan menggunakan aplikasi tersebut, masyarakat akan lebih mudah dalam menggunakan layanan SIM yang disediakan.

Layanan aplikasi SIM online tersebut bisa Anda gunakan setelah download aplikasinya melalui tombol di bawah ini.