Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Kabupaten Gianyar Serta Syarat dan Tes Nya

Biaya SIM Gianyar – Surat Izin Mengemudi wajib dimiliki oleh pengendara yang mengoperasikan kendaraannya di jalan. Pengendara bermotor yang memiliki SIM menunjukkan bahwa pengendara tersebut telah mengerti mengenai tata cara dan  rambu lalu lintas yang harus ditaati saat berkendara.

Untuk mendapatkan SIM di Kabupaten Gianyar, Anda akan dikenakan beberapa biaya. Biaya pembuatan SIM motor Gianyar adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Gianyar adalah Rp. 120.000. Biaya-biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan dan asuransi.

Untuk tata cara dan juga tahapan tes pembuatan SIM di Kabupaten Gianyar, Anda bisa membaca penjelasannya secara lengkap di bawah ini:

Advertisements

Lokasi Polres Gianyar

Masyarakat Kabupaten Gianyar bisa mengurus pembuatan SIM baru di Polres Gianyar yang alamatnya ada di Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi Polres Ginyar berada di sebelah selatan Kantor Bupati Gianyar.

Berikut ini Lokasi Polres Gianyar:

Tes SIM Online Gianyar

Anda baru bisa mendapatkan SIM setelah dinyatakan lulus dari semua ujian. Salah satu tahapan ujian yang harus Anda lalui adalah tes ujian teori. Pada ujian teori ini, Anda diminta untuk mengerjakan beberapa soal terkait tata cara dan rambu-rambu lalu lintas di Indonesia.

Ujian teori ini memang tidak sesulit ujian praktik, namun jika tidak memiliki persiapan yang cukup matang bisa jadi Anda akan gagal pada tahap tes ini.

Untuk itu, Anda harus mempelajari soal-soal tes ujian teori agar Anda bisa lulus sehingga tidak perlu mengulang lagi. Berikut ini kami siapkan contoh soal ujian teori pembuatan SIM. Untuk mulai simulasi tes SIM online tersebut, silahkan tekan tombol di bawah ini

Advertisements

Biaya SIM Kabupaten Gianyar

Pembuatan ataupun perpanjangan SIM di Gianyar membutuhkan sejumlah biaya. Biaya pembuatan atau perpanjangan SIM yang berlaku di Polres Gianyar sesuai dengan tarif yang ditetapkan oleh pemerintah. Berikut ini rincian biayanya:

Biaya Pembuatan SIM Baru Gianyar

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

Nb: Biaya di atas belum termasuk biaya surat keterangan sehat dan biaya asuransi.

Biaya Perpanjangan SIM Gianyar

Biaya perpanjangan SIM motor Gianyar adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan mobil Gianyar adalah Rp. 80.000.

Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM di Gianyar:

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

Nb: Biaya di atas belum termasuk biaya surat keterangan sehat dan asuransi.

Syarat Pembuatan SIM di Gianyar

Bagi Anda yang ingin membuat SIM baru di Polres Gianyar, ada beberapa berkas persyaratan yang harus dilengkapi.

Berkas persyaratan pembuatan SIM baru antara lain:

  • KTP asli dan fotocopy
  • Surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani dari dokter
Advertisements

Berkas persyaratan perpanjangan SIM di Polres Gianyar antara lain:

  • Fotocopy KTP
  • SIM asli yang dimiliki pemohon
  • Surat Keterangan Jasmani dan rohani
  • Mengisi formulir pendaftaran

Cara Pembuatan SIM di Gianyar

Berikut ini cara pembuatan SIM di Polres Gianyar.

  1. Datang ke Polres Gianyar.

    Bawa berkas persyaratan pembuatan SIM baru ke Polres Gianyar yang alamatnya di Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Datanglah pagi-pagi untuk menghindari antrian panjang.

  2. Lakukan cek kesehatan dan pasikologi.

    Pertama, Anda harus melakukan tes kesehatan jasmani dan rohani yang bisa Anda lakukan di tempat cek kesehatan yang berada di belakang gedung Polres Gianyar. Anda juga bisa melakukan cek kesehatan di puskesmas atau klinik terdekat.

  3. Lakukan pendaftaran pembuatan SIM baru

    Setelah itu, isi form permohonan pembuatan SIM baru ke Loket Pendaftaran. Serahkan juga semua berkas persyaratan ke petugas.

  4. Pergi ke Ruang Pencerahan

    Setelah itu, silahkan menuju ke Ruang Pencerahan. Di ruang tersebut, Anda akan diberikan penjelasan tentang ujian yang akan Anda lalui nanti.

  5. Lakukan ujian teori manual/Avis

    Langkah selanjutnya adalah pengerjaan ujian teori di ruang ujian. Di dalam ruang tersebut Anda akan diberi beberapa soal yang harus Anda kerjakan sesuai dengan intruksi yang diberikan petugas.

  6. Lakukan ujian ketrampilan melalui simulator

    Pada tahap tes ini, Anda akan diminta untuk melakukan simulasi ujian ketrampilan mengemudi. Jika tidak lulus, maka dapat mengulang paling banyak 3x pada setiap jenis materi yang diujikan.

  7. Lakukan ujian praktik

    Setelah dinyatakan lulus dari tahap tes sebelumnya, selanjutnya Anda akan mengikuti ujian praktik berkendara di lokasi ujian praktik. Setelah dinyatakan lulus dari ujian praktik, maka Anda bisa mendapatkan SIM.

  8. Lakukan pembayaran administrasi SIM

    Setelah berkas lengkap dan ujian SIM dinyatakan berhasil, Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran di Loket Teller BRI.

  9. Verifikasi dan identifikasi data diri Anda.

    Setelah lulus semua tahap ujian, Anda akan diarahkan untuk melakukan foto dan verifikasi data Sim.

  10. Ambil SIM baru di Loket Penerbitan

    Silahkan tunggu beberapa menit hingga nama Anda dipanggil untuk mengambil SIM baru.

Aplikasi SIM Online Gianyar

Di era perkembangannya, sekarang ini masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan layanan SIM hanya menggunakan smartphone saja. Karena Korlantas Polri kini telah membuat aplikasi bernama Digital Korlantas Polri untuk mempermudah memberikan layanan kepada masyarakat.

Pada aplikasi Digital Korlantas Polri tersebut, terdapat banyak layanan yang tersedia seperti pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM.

Untuk bisa menggunakan layanan Aplikasi SIM Online, Anda dapat menekan tombol di bawah ini.