Biaya SIM Garut Serta Syarat & Tes Nya

Advertisements

SIM Garut – SIM merupakan salah satu kelengkapan surat yang harus dimiliki bagi pengendara kendaraan bermotor. Karena kepemilikan SIM menandakan bahwa pengendara tersebut telah memenuhi syarat dalam berkendara di jalan sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan SIM di Garut?

Biaya pembuatan SIM motor Garut adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Garut adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut masih belum termasuk biaya-biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Lokasi Polres Garut

Pembuatan SIM di Kabupaten Garut dilakukan di Satpas Polres Garut. Satpas Polres Garut ini merupakan tempat pelayanan SIM dari Polres Garut. Lokasinya ada di Jl. Jendral Sudirman No.204, Sucikaler, Kec. Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Untuk lebih jelasnya, rute menuju ke Satpas Polres Garut bisa Anda lihat pada maps berikut.

Tes SIM Online Garut

Salah satu tes pada saat pembuatan SIM di Garut adalah tes teori. Tes teori ini berisi soal-soal tentang cara berkendara dan peraturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Untuk lulus tes teori, Anda harus mendapatkan skor paling rendah 70.

Oleh sebab itu, kami telah menyediakan simulasi tes SIM online berisi 30 soal yang bisa Anda gunakan untuk latihan di rumah.

Untuk memulai simulasi tes SIM online, Anda bisa klik tombol di bawah ini

Biaya SIM Kendaraan Bermotor Garut

Tarif penerbitan SIM yang berlaku di Garut adalah tarif resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jadi tarif tersebut berlaku bagi seluruh masyarakat yang menggunakan layanan perpanjang atau pembuatan SIM di Garut.

Untuk detail biaya SIM Garut bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Garut adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Garut adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Syarat Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Garut

Untuk pembuatan SIM di Garut, Anda harus melampirkan beberapa kelengkapan berkas, antara lain:

  • KTP asli dan fotocopy
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani
  • Surat Keterangan Sehat Rohani (dari psikolog)

Untuk Surat Keterangan Sehat Jasmani bisa Anda peroleh di layanan kesehatan yang ada di Satpas Polres Garut, sedangkan untuk Surat Keterangan Sehat Rohani bisa Anda peroleh dari layanan tes psikolog di luat Satpas Polres Garut.

Cara Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Garut

Berikut adalah beberapa langkah untuk pembuatan SIM C dan SIM A di Satpas Polres Garut.

  1. Datang ke Satpas Polres Garut.

    Bawa semua berkas persyaratan yang diperlukan ke Satpas Polres Garut. Sebisa mungkin datang pagi hari agar antrian tidak panjang.

  2. Lakukan tes kesehatan.

    Silakan menuju ke bagian tes kesehatan yang sudah disediakan di Satpas Polres Garut. Sedangkan untuk tes kesehatan rohani, Anda bisa menggunakan layanan kesehatan di luar Satpas Polres Garut yang bisa Anda peroleh sebelum datang ke Satpas Polres Garut.

  3. Pergi ke Loket BRI untuk membayar PNBP SIM.

    Setelah itu, silahkan menuju ke Loket BRI untuk minta formulir dan melakukan pembayaran PNBP SIM. Setelah pembayaran selesai, Anda akan diberi resi bank. Jangan lupa isi formulir yang diberi petugas sesuai dengan instruksi.

  4. Lakukan pengecekan data persyaratan di Loket Pendaftaran.

    Bawa semua berkas Anda ke Loket Pendaftaran SIM Baru. Di loket tersebut, data Anda akan dicek kembali oleh petugas.

  5. Menuju ke Ruang Uji Teori Avis untuk melakukan tes teori SIM.

    Sertelah itu, silahkan masuk ke Ruang Uji Teori Avis yang ada di dalam Satpas Polres Garut untuk mengikuti ujian teori. Pada tes teori ini, Anda harus menjawab soal-soal yang ada pada komputer yang telah disediakan.

  6. Lakukan tes praktik di Lapangan Uji Praktik SIM.

    Setelah lulus dari tes teori, Anda akan diarahkan menuju ke lapangan Uji Praktik SIM. Untuk dinyatakan lulus, Anda tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun pada saat tes ujian praktik ini.

  7. Lakukan identifikasi data di Ruang foto.

    Setelah dinyatakan lulus dari semua tahapan tes, silahkan menuju ke Ruang Foto untuk proses identifikaasi data berupa foto, sidik jari, dan juga tanda tangan.

  8. Ambil SIM di Loket Penyerahan SIM.

    Setelah semua proses identifikasi selesai, tunggu beberapa saat hingga SIM Anda selesai dicetak dan bisa diambil di Loket Penyerahan SIM.

Aplikasi SIM Online Garut

Di era digital ini, Korlantas Polri kini memperluas layanan SIM dengan membuat sebuah aplikasi SIM online. Layanan aplikasi SIM online tersebut memiliki beberapa fitur seperti perpanjangan SIM online dan juga tes teori SIM online.

Jadi dengan adanya layanan SIM online tersebut, diharapkan masyarakat menjadi lebih mudah dalam melakukan perpanjangan SIM.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa didownload melalui ponsel Anda. Untuk menggunakan layanan SIM online tersebut, silahkan download aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini.