Advertisements

Biaya SIM Kota Denpasar Serta Syarat & Tes Nya

SIM Denpasar – Bagi masyarakat Denpasar yang ingin mengendarai kendaraan bermotor di jalanan harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Karena jika tidak memiliki SIM, maka pengendara bisa terkena sanksi administratif.

Lalu berapa biaya pembuatan SIM Denpasar?

Biaya pembuatan SIM motor Denpasar adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Denpasar adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain, seperti cek kesehatan dan biaya asuransi.

Berikut adalah pembahasan mengenai pembuatan dan perpanjangan SIM di Denpasar:

Advertisements

Lokasi Polresta Denpasar

Proses perpanjangan atau pembuatan SIM di Kota Depansar dilakukan di Polresta Denpasar, yang lokasinya berada di Jl. Gunung Sanghyang No.110, Padangsambian, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali.

Sebelum menuju ke Polres, jangan lupa untuk membawa seluruh kelengkapan berkas dan juga uang tunai yang cukup. Anda bisa melakukan fotocopy berkas di fotocopyan dekat Polres. Anda juga bisa mengambil tunai di ATM BCA yang ada di depan Polres.

Tes SIM Online Denpasar

Untuk mendapatkan SIM, Anda harus lulus beberapa tes, salah satunya adalah tes ujian teori. Pada tahapan tes ujian teori, Anda akan diminta untuk mengerjakan 30 soal dalam waktu 15 menit dan memperoleh skor minimal 70 untuk dinyatakan lulus.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa persiapan seperti banyak mengerjakan latihan soal tes SIM. Untuk itu, kami telah menyediakan simulasi tes sim online yang bisa Anda gunakan untuk latihan mengerjakan soal tes teori SIM.

Untuk memulai simulasi tes sim online, silahkan klik tombol di bawah ini

Advertisements

Biaya SIM Denpasar

Pembuatan maupun perpanjangan SIM di Denpasar akan dikanakan biaya. Untuk jumlah biaya perpanjang SIM dan biaya pembuatan SIM baru juga berbeda. Berikut ini rincian biaya SIM di Denpasar:

Biaya Pembuatan SIM Baru Denpasar

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

Biaya Perpanjangan SIM Denpasar

Biaya perpanjangan SIM motor Denpasar adalah Rp. 75.000, dan biaya perpanjangan SIM mobil Denpasar adalah Rp. 80.000. Berikut ini rincian biaya perpanjangan SIM di Denpasar: 

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya pengurusan surat kesehatan dan juga biaya asuransi.

Syarat Pengurusan SIM Denpasar

Syarat untuk perpanjangan SIM dan syarat untuk pembuatan SIM baru di wilayah Denpasar sedikit berbeda.

Syarat Pembuatan SIM Baru

Syarat pembuatan SIM baru di Polresta Denpasar, antara lain:

  • Usia minimal 17 tahun
  • KTP asli/fotocopy
  • Membawa Surat Keterangan Sehat Jasmani dari dokter
  • Membawa Surat Keterangan Sehat Rohani dari Psikolog
Advertisements

Syarat Perpanjangan SIM Baru

Syarat perpanjangan SIM di Polresta Denpasar, antara lain:

  • Fotocopy KTP yang masih berlaku
  • SIM asli yang dimiliki pemohon
  • Surat Keterangan Jasmani dari dokter
  • Surat Keterangan Rohani dari Psikolog
  • Mengisi formulir pendaftaran

Cara Pembuatan SIM Denpasar

  1. Lakukan tes kesehatan jasmani dan rohani

    Datang ke puskesmas atau faskes lain untuk mengurus surat keterangan sehat dari dokter dan dari psikolog. Untuk surat keterangan dari psikolog, Anda bisa mengurusnya di tempat tes psikolog yang ada di barat Polresta, lebih tepatnya di ruko yang kurang lebih 600 m dari Polres.

  2. Lakukan pendaftaran SIM

    Setelah itu, bawa semua berkas persyaratan ke Loket Pendaftaran SIM baru. Setelah berkas dinyatakan lengkap, Anda bisa mengikuti tahapan tes berikutnya.

  3. Lakukan ujian teori SIM

    Setelah itu, menuju ke ruang uji teori untuk mengikuti ujian teori. Sebelum ujian, Anda akan diberi arahan mengenai tata cara ujian serta skor minimal yang harus diperoleh agar bisa dinyatakan lulus.

  4. Lakukan ujian simulasi ketrampilan

    Setelah lulus ujian teori, ikuti simulasi ketrampilan mengemudi. Pada tahap tersebut, Anda akan simulasi bagaimana tata cara berkendara yang baik.

  5. Lakukan ujian praktik

    Setelah lulus simulasi ketrampilan mengemudi, silahkan menuju ke lokasi ujian praktik untuk mengikuti ujian praktik mengemudi. Di sana, Anda harus melewati marka jalan yang telah disediakan oleh petugas sambil mengendarai kendaraan.

  6. Lakukan pembayaran cetak SIM

    Setelah lulus dari semua tahap tes, silahkan bawa surat keterangan lulus ujian yang diberikan petugas kepolisian ke Loket Pembayaran untuk membayar biaya SIM.

  7. Lakukan Identifikasi data dan Foto SIM

    Setelah selesai pembayaran, masuk ke ruang identifikasi data untuk cap sidik jari dan foto SIM.

  8. Ambil SIM di Loket Produksi SIM

    Tunggu hingga SIM Anda selesai diproses dan nama Anda dipanggil di Loket Produksi SIM untuk mengambil SIM baru yang sudah jadi.

Aplikasi SIM Online Denpasar

Sekarang, ada cara yang lebih mudah yang bisa Anda gunakan dalam menggunakan layanan SIM, yang bisa di download secara gratis melalui smartphone Anda.

Pada aplikasi tersebut, terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan, seperti layanan pembuatan SIM online baik pembuatan baru ataupun perpanjangan.

Jika ingin daftar SIM online secara gratis, Anda bisa download aplikasinya melalui tombol download di bawah ini.