Biaya SIM Cirebon Serta Syarat & Tes Nya

SIM Cirebon – Salah satu kelengkapan surat yang harus dibawa pada saat berkendara adalah Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika tidak memiliki SIM, Maka pengendara tersebut bisa saja di tilang oleh Polisi karena dianggap masih belum dinyatakan memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan di jalanan.

Advertisements

Untuk membuat SIM, ada beberapa biaya yang dikenakan. Biaya pembuatan SIM motor Cirebon adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Cirebon adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut masih belum termasuk biaya-biaya lain, seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polres Cirebon

Proses pembuatan atau perpanjangan SIM di Cirebon bisa Anda lakukan di Polres Kota Cirebon. Alamatnya ada di Jl. R. Dewi Sartika No.1, Tukmudal, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Lokasi Polres Kota Cirebon ini terletak di sebelah utara KPU Cirebon. Disekitar Polres pun juga ada ATM BRI dan tempat fotocopyan.

Rute menuju ke Polres Kota Cirebon jelasnya, bisa Anda lihat pada maps berikut ini.

Tes SIM Online Cirebon

Anda baru bisa mendapatkan SIM jika lulus dari beberapa tes yang diujikan. Tes pembuatan SIM tersebut terdiri dari beberapa tahap, salah satunya adalah tes ujian teori. Untuk bisa lulus ujian teori, Anda harus mendapatkan nilai minimal 70.

Untuk itu, Anda perlu banyak mengerjakan latihan soal agar pengerjaan tes teori tersebut bisa maksimal. Latihan mengerjakan soal untuk tes teori bisa Anda lakukan dengan mengikuti simulasi tes SIM online yang sudah kami sediakan berikut ini.

Biaya SIM Kendaraan Bermotor Cirebon

Membuat SIM baik baru ataupun perpanjangan di Cirebon tentu ada tarifnya tersendiri. Tarif pembuatan dan perpanjang SIM yang berlaku di Cirebon sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk mengetahui rincian biaya SIM di Cirebon, silahkan lihat pada tabel di bawah ini.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Cirebon adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Cirebon adalah Rp. 80.000.                                                                                     

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Syarat Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Cirebon

Syarat membuat SIM di Polres Cirebon, antara lain:

  • KTP asli yang sah dan fotocopynya
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani
  • Surat Keterangan Sehat Rohani
  • Lulus ujian teori, ujian simulator, dan ujian praktik.

Pembuatan Surat Keterangan Kesehatan Jasmani dan Rohani bisa dilakukan di puskesmas atau fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Advertisements

Cara Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Cirebon

Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk pembuatan SIM di Cirebon

  1. Datang ke Polres Cirebon.

    Pertama, silakan datang ke Polres Cirebon dengan membawa seluruh kelengkapan berkas yang dibutuhkan.

  2. Minta Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani.

    Silahkan menuju ke layanan kesehatan polres untuk meminta surat keterangan sehat. Anda juga bisa menggunakaan layanan dari fasilitas kesehatan lain, seperti puskesmas ataupun klinik untuk mengurus surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

  3. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI.

    Kemudian, silahkan Anda menuju ke Loket BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM. Di loket tersebut, Anda juga akan diberi formulir permohonan untuk pengajuan SIM baru.

  4. Pergi ke Loket Pendaftaran untuk pengumpulan berkas persyaratan.

    Setelah itu, berikan berkas Anda ke Loket Pendaftaran. Tunggu beberapa saat hingga petugas selesai untuk menginput data Anda ke data base.

  5. Lakukan regristrasi data SIM berupa foto, sidik jari, dan tanda tangan.

    Setelah regristrasi selesai, Anda akan diarahkan untuk menuju ke ruang foto untuk regristrasi data SIM berupa sidik jari, tanda tangan, dan juga foto.

  6. Ikuti ujian teori di ruang ujian.

    Setelah itu, silahkan ikuti ujian teori di ruang ujian teori. Ujian teori tersebut adalah berupa soal-soal yang dikerjakan melalui komputer yang sudah disediakan.

  7. Ikuti ujian praktik di lapangan.

    Setelah lulus dari ujian teori, silahkan Anda menuju ke lapangan untuk mengikuti ujian praktik. Pada tahap tes ini, Anda harus bisa melewati beberapa rintangan yang ada pada lokasi ujian praktik tanpa mengalami kesalahan sedikitpun.

  8. Ambil SIM di Loket Penyerahan SIM.

    Setelah selesai melewati semua tahapan tes dan dinyatakan lulus, silahkan Anda ambil SIM baru Anda yang sudah dicetak di Loket Penyerahan SIM.

Aplikasi SIM Online Cirebon

Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa datang ke Polres untuk melakukan perpanjangan SIM. Karena Korlantas Polri kini telah meluncurkan aplikasi SIM online untuk mempermudah layanan SIM bagi masyarakat.

Selain perpanjangan SIM online, fitur yang terdapat dalam aplikasi SIM online tersebut adalah ujian teori SIM online. Melalui layanan tersebut, Anda bisa melakukan ujian tes teori di rumah tanpa harus datang ke Polres.

Jika ingin memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi SIM online, silahkan download terlebih dahulu aplikasinya melalui tombol berikut ini.