Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Cimahi Serta Syarat & Tes Nya

SIM Cimahi – SIM menjadi salah satu kelengkapan surat yang harus dibawa pada saat berkendara. Dengan memiliki SIM, berarti Anda telah dinyatakan memenuhi persyaratan berkendara yang sesuai dengan undang-undang lalu lintas yang berlaku.

Biaya pembuatan SIM di Cimahi telah ditetapkan oleh pemerintah.

Biaya pembuatan SIM motor Cimahi adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Cimahi adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polres Cimahi

Untuk membuat SIM di Kota Cimahi, silahkan Anda menuju ke Polres Cimahi yang terletak di Jl. Jend. H. Amir Machmud No.333, Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Untuk pelayanan SIM ada di gedung SIM Satpas Polres Cimahi yang berada satu lokasi dengan Polres Cimahi. Letaknya ada di sebelah barat Gedung Polres Cimahi

Tes SIM Online Cimahi

Untuk bisa mendapatkan SIM di Cimahi, Anda diharuskan untuk melewati beberapa ujian pembuatan SIM. Salah satu tahap ujian tersebut adalah ujian teori. Ujian teori ini berupa soal-soal tentang lalu lintas berjumlah 30 yang pengerjaannya melalui komputer.

Untuk bisa lulus dari tahapan tersebut, Anda harus memperoleh nilai paling rendah 70. Untuk itu, kami telah menyediakan simulasi tes SIM online yang bisa Anda gunakan untuk latihan.

Anda bisa mulai simulasi tes SIM online tersebut dengan klik tombol ini.

Advertisements

Biaya SIM Cimahi

Pembuatan SIM baru ataupun perpanjangan di Kota Cimahi ini akan memerlukan biaya. Namun biaya yang harus Anda keluarkan tersebut merupakan tarif resmi yang telah ditentukan oleh pemerintah untuk penerbitan SIM.

Biaya Pembuatan SIM Baru Cimahi

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Biaya Perpanjangan SIM Cimahi

Biaya perpanjangan SIM motor Cimahi adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Cimahi adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter.

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Cimahi

Beberapa persyaratan untuk pembuatan SIM di Cimahi antara lain:

  • KTP asli dan fotocopy sebanyak 2 lembar
  • Surat Keterangan Sehat

Lengkapi semua berkas tersebut sebelum menuju ke Polres. Fotocopy berkas sebaiknya dilakukan di dekat Polres agar lebih mudah menyusun berkas-berkasnya.

Cara Pembuatan SIM Cimahi

Berikut ini langkah-langkah dalam pemembuatan SIM di Cimahi:

  1. Pergi ke Polres Cimahi.

    Silahkan Anda menuju ke Polres Cimahi sesuai dengan jam pelayanan. Setelah sampai Polres, parkirkan dulu kendaraan Anda di parkiran yang tersedia.

  2. Buat Surat Keterangan Sehat Dokter di Layanan Cek Kesehatan Polres.

    Lakukan cek kesehatan di Layanan Cek Kesehatan yang berada di sebelah Polres. Anda bisa melewati gang kecil di sebelah masjid untuk menuju ke sana. Atau Anda bisa cari Surat Keterangan Sehat di Puskesmas terdekat rumah Anda.

  3. Isi Formulir Pendaftaran di Bagian Pendaftaran.

    Setelah itu, serahkan semua berkas ke Bagian Pendaftaran yang ada di ruangan depan Gedung Satpas Polres Cimahi. Berkas yang telah lengkap akan distempel oleh petugas dan dikembalikan kepada Anda. Setelah itu, isi formulir di meja yang sudah disediakan.

  4. Lakukan regristrasi dan pembayaran PNBP SIM di Loket Pembayaran.

    Setelah itu, silahkan menuju ke regristrasi untuk melakukan regristrasi. Serahkan formulir yang sudah Anda isi ke petugas. Kemudian Anda akan diarahkan ke Loket Pembayaran yang sudah disediakan untuk melakukan pembayaran SIM.

  5. Pergi ke Loket 1 untuk input data.

    Setelah melakukan pembayaran, Anda menuju ke Loket 1 untuk penginputan data Anda oleh petugas ke dalam sistem.

  6. Pergi ke Loket 2 untuk foto, tanda tangan, dan sidik jari.

    Setelah itu, sillahkan ke Loket 2 untuk melakukan foto SIM, perkeman sidik jari, dan tanda tangan SIM Anda.

  7. Lakukan ujian teori di Ruang Ujian Teori.

    Kemudian, silahkan menuju ke Ruang Uji Teori untuk mengikuti ujian teorI SIM avis. Ujian teori ini berbasis komputer dan audio visual, sehingga Anda tinggal klik jawaban yang menurut Anda benar.

  8. Lakukan ujian praktik di Lapangan Ujian Praktik.

    Setelah lulus ujian praktik, Anda akan diarhkan ke Lapangan Uji Praktik SIM untuk mengikuti ujian praktik. Sebelum ujian, petugas akan memberikan arahan tentang langkah-langkah ujain praktik tersebut.

  9. Cetak SIM di Bagian Pencetakan SIM.

    Setelah melewati semua ujian pembuatan SIM dan dinyatakan lulus, Anda bisa menuju ke Bagian Pencetakan SIM untuk mengambil SIM baru Anda.

Aplikasi SIM Online Cimahi

Membuat SIM online kini sudah bisa dilakukan oleh masyarakat Kota Cimahi berkat adanya aplikasi SIM online dari Korlantas Polri. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti perpanjangan SIM online dan juga tes teori SIM online.

Jadi masyarakat Cimahi kini tidak perlu datang ke Satpas Polres Cimahi, cukup download aplikasi SIM online tersebut maka perpanjangan SIM online bisa dilakukan di rumah. Untuk pembayaran SIM bisa dilakukan melalui transfer bank.

Untuk menggunakan layanan SIM online Cimahi tersebut, download aplikasinya melalui tombol di bawah ini.