Biaya SIM Cilegon Serta Syarat & Tes Nya

SIM Cilegon – Surat Izin Mengemudi merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki bagi pengendara kendaraan bermotor. Karena jika tidak memiliki SIM, maka pengendara tersebut bisa saja terkena tilang oleh petugas kepolisian.

Advertisements

Pembuatan SIM di Kota Cilegon memerlukan biaya. Biaya pembuatan SIM motor Cilegon adalah Rp. 100.000, sedangkan biaya pembuatan SIM mobil Cilegon adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polres Cilegon

Lokasi pembuatan dan perpanjangan SIM di Kota Cilegon adalah di Polres Kota Cilegon, alamatnya ada di Jl. Jenderal Sudirman No.1, Ramanuju, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, Banten. Lokasinya berada di sebelah utara Landmark Kota Cilegon kurang lebih 350 meter.

Untuk lokasi Polres Kota Cilegon lebih tepatnya, Anda bisa melihat pada maps berikut ini.

Jam pelayanan Polres Kota Cilegon adalah pukul 08.00 – 16.00. Namun untuk pembuatan SIM baru, sebaiknya Anda datang pagi hari untuk menghindari antrian yang panjang.

Tes SIM Online Cilegon

Pada saat membuat SIM, ada beberapa ujian yang harus Anda lalui, salah satunya adalah tes ujian teori. Ujian teori tersebut memang tidak begitu sulit bagi Anda yang sudah memahami tentang lalu lintas, namun meski begitu masih banyak orang yang gagal pada tahapan tes ini.

Oleh sebab itu, Anda perlu mencari beberapa contoh soal tes ujian teori sim yang bisa digunakan untuk belajar. Berikut ini kami telah menyiapkan contoh soal tes ujian teori online sebagai simulasi Anda sebelum mengikuti ujian teori di Polres.

Untuk memulai simulasi tes online, silahkan klik tombol di bawah ini.

Biaya SIM Cilegon

Biaya SIM di Kota Cilegon telah ditetapkan secara resmi sesuai dengan peraturan pemerintah, sehingga biaya yang Anda keluarkan adalah sesuai tarif resmi yang berlaku.

Untuk rincian biaya pembuatan dan perpanjangan SIM di Kota Cilegon, silahkan lihat pada tabel di bawah ini.

Biaya Pembuatan SIM Baru Cilegon

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000
Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Cilegon

Biaya perpanjangan SIM motor Cilegon adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan mobil Cilegon adalah Rp. 80.000. Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM di Cilegon:

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

Biaya pembuatan dan perpanjangan SIM di atas belum termasuk dengan biaya-biaya yang lainnya seperti asuransi dan juga tes kesehatan.

Syarat Pembuatan SIM Cilegon

Agar dapat memperoleh SIM, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, antara lain:

  • Umur minimal 17 tahun (SIM A dan SIM C)
  • KTP
  • Mengisi formulir permohonan
  • Surat keterangan sehat jasmani (dari dokter)
  • Surat keterangan sehat rohani (dari psikolog)
  • Lulus ujian teori, simulator, dan praktik
Advertisements

Cara Pembuatan SIM Cilegon

Cara membuat SIM di Polres Cilegon adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan tes kesehatan oleh dokter dan psikolog.

    Anda bisa mengurus surat keterangan kesehatan di Layanan  Tes Kesehatan yang berada di samping Polres. Sedangkan untuk surat keterangan dari psikolog, Anda bisa mengurusnya di Layanan Uji Psikolog yang ada di seberang Polres Cilegon.

  2. Pergi ke Polres Cilegon.

    Setelah mendapatkan surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, silahkan langsung menuju ke Polres Cilegon. Jangan lupa membawa semua berkas persyaratan yang sudah dimasukkan ke dalam sebuah map.

  3. Isi formulir pendaftaran di Loket BRI.

    Minta formulir permohonan pembuatan SIM baru di Loket BRI. Setelah formulir diisi dengan benar, Anda akan diminta untuk membayar biaya SIM di loket tersebut.

  4. Verifikasi data dan foto.

    Setelah mengisi formulir, Anda akan diarahkan menuju ruang verifikasi untuk verifikasi data dan foto SIM.

  5. Ikuti ujian teori di Ruang Uji Teori.

    Setelah itu, silahkan silahkan menuju ke Ruang Uji Teori untuk mengikuti ujian teori. Di sana Anda akan diminta untuk mengerjakan soal tentang lalu lintas. Skor minimal yang harus Anda peroleh untuk lulus tes teori adalah 70.

  6. Ikuti ujian simulator.

    Setelah lulus ujian teori, selanjutnya adalah ujian simulator. Ujian simulasi ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Anda dalam berkendara nantinya.

  7. Ikuti ujian praktik.

    Selanjutnya, silahkan menuju ke lokasi ujian praktik yang ada di belakang Gedung Polres. Pada ujian praktik ini, Anda akan diminta untuk mengendarai motor atau mobil pada marka atau garis-garis putih di jalan yang digunakan sebagai ujian praktik.

  8. Ambil SIM di Loket Penyerahan SIM.

    Setelah lulus dari semua tahapan tes, Anda bisa langsung ke Loket Penyerahan SIM untuk menerima SIM Anda.

Aplikasi SIM Online Cilegon

Di era digital ini, Korlantas Polri telah mengembangkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah masyarakat Cilegon dalam menggunakan layanan SIM. Aplikasi tersebut bisa dengan mudah didownload melalui smartphone .

Banyak layanan SIM yang tersedia pada aplikasi tersebut salah satunya adalah perpanjangan SIM A dan SIM C. Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda tidak perlu datang ke Polres untuk mengurus perpanjangan SIM. SIM yang sudah jadipun bisa langsung dikirim ke rumah Anda.

Jika Anda tertarik untuk perpanjang SIM online, silahkan download aplikasinya di bawah ini.