Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Cilacap Serta Syarat & Tes Nya

SIM Cilacap Ketika Anda hendak mengendarai kendaraan bermotor, maka Anda diwajibkan untuk memiliki SIM. Pembuatan SIM Cilacap dapat Anda lakukan di Polres Cilacap, untuk biaya dan cara pembuatanya bisa Anda ketahui melalui pembahasan artikel berikut.

Berapa biaya pembuatan SIM di Cilacap?

Biaya pembuatan SIM motor Cilacap adalah Rp. 100.000, dan biaya penerbitan SIM mobil Cilacap Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya tambahan, seperti cek kesehatan dan psikologi.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Satlantas Polres Cilacap

Untuk pembuatan SIM motor dan mobil baru di Cilacap, Anda dapat mendatangi Satlantas Polres Cilacap yang berada di Jl. Ir. H. Juanda, Gunungsimping, Kec, Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah, Kode Pos : 53224.

Proses pendaftaran dan penginputan pembuatan SIM Baru dilakukan di dalam Gedung Lantas yang berada di area Polres Cilacap. Namun, proses cek kesehatan  untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat Dokter dilakukan di Sentul Waterpark Cilacap.

Tes SIM Online Cilacap

Untuk mendapatkan SIM Cilacap, Anda harus mengikuti serangkaian ujian, antara lain ujian teori dan praktik.

Pada ujian teori, Anda akan diberikan 30 soal yang berisi cara berkendara. Pengerjakan ujian teori di Satlantas Polres Cilacap dilakukan menggunakan komputer. Untuk dapat mengikuti ujian selanjutnya (ujian praktik), Anda harus lulus dalam ujian teori.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri baik – baik, agar mendapatkan nilai yang cukup untuk lulus. Di bawah ini telah kami sediakan simulasi tes SIM online yang dapat Anda gunakan secara langsung untuk berlatih mengerjakan ujian teori pembuatan SIM baru.

Biaya SIM Cilacap

Tarif yang dikenakan untuk penerbitan SIM baru mobil dan motor berbeda, dimana harga pembuatan SIM A (mobil) lebih mahal, jika dibandingan dengan penerbitan SIM C (motor).

Berikut daftar biaya penerbitan dan perpanjangan SIM kendaraan bermotor di Cilacap.

Biaya Penerbitan SIM Motor dan Mobil Cilacap

Jenis PembayaranBiaya
Pembuatan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Pembuatan SIM C (Motor)Rp. 100.000

Biaya Perpanjangan SIM Motor dan Mobil Cilacap

Berbeda dengan biaya penerbitan SIM baru, perpanjangan SIM kendaraan bermotor di Cilacap lebih murah. Biaya perpanjangan SIM motor Cilacap adalah Rp. 75.000, sedangkan mobil senilai Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM A (Mobil)Rp. 80.000
Perpanjangan SIM C (Motor)Rp. 75.000

*Biaya di atas belum termasuk cek kesehatan, dan tes psikologi.

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Cilacap

Untuk dapat mmebuat SIM baru di Satlntas Polres Cilacap, ada beberapa berkas persyaratan yang harus dipersiapkan, yaitu :

  • KTP asli dan fotokopi
  • Surat Keterangan Kesehatan Fisik
  • Surat Keterangan Hasil Tes Psikologi 

Cara Pembuatan SIM Polres Cilacap

Berikut langkah – langkah pembuatan SIM di Satlantas Polres Cilacap.

  1. Silahkan datang menuju lokasi layanan cek kesehatan.

    Cek kesehatan fisik dan psikologiuntuk pembuatan SIM berada di Sentul Waterpark Cilacap. Untuk mendapatkan antrian awal, silahkan Anda datang di pagi hari dengan membawa dokumen persyaratan, fotokopi KTP sebanyak 4 lembar.

  2. Tunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil untuk masuk ke ruang cek kesehatan.

    Di ruang cek kesehatan akan dilakukan pemeriksaan tinggi badan, berat badan, golongan darah, dan mata. Biaya yang harus dikeluarkan untuk tes kesehatan sebesar Rp. 70.000.

  3. Selanjutnya, silahkan Anda menuju ke bagian layanan cek psikologi.

    Saat melakukan tes psikologi, Anda akan diminta untuk mengerjakan beberapa soal psikologi. Untuk mengikuti tes psikologi, Anda perlu membayar senilai Rp. 50.000. Setelah itu Anda akan mendapatkan Surat Hasil Cek Kesehatan Fisik dan Psikologi.

  4. Setelah itu, Silahkan Anda menuju ke Polres Cilacap.

    Tiba di Polres Cilacap, silahkan Anda masuk ke dalam Gedung Lantas dan ambil nomor antrian.

  5. Kemudian, silahkan langsung menuju loket 2 Pendaftaran.

    Berikan dokumen persyaratan yang diminta, dan petugas akan memberi Anda formulir pendaftaran yang harus diisi sesuai contoh yang tersedia di meja tempat menulis. Setelah itu, kumpulkan kembali formulir yang telah diisi ke petugas.

  6. Silahkan Anda menuju ke loket pembayaran BRI.

    Lakukan pembayaran pembuatan atau perpanjangan SIM sesuai PNBP di loket BRI yang tersedia dalam Satlantas Polres Cilacap.

  7. Tunggu hingga nomor antrian atau nama Anda dipanggil untuk masuk ke ruangan loket 3.

    Di ruangan loket 3, petugas akan melakukan pecocokan data, dan menginputkannya ke dalam sistem.

  8. Pergi loket 4 ruangan foto SIM untuk mengisi rekap foto, tanda tangan, dan sidik jari.

    Di dalam ruangan ini, Anda tidak hanya diminta untuk melakukan foto SIM, tetapi juga diminta untuk tanda tangan, dan  pengambilan sidik jari.

  9. Selanjutnya, ikuti ujian teori / Avis.

    Ujian teori yang diselenggarakan oleh Polres Cilacap telah menggunakan komputer, dan terdapat 30 soal yang harus dijawab.

  10. Setelah dinyatakan lulus ujian teori, Anda akan diarahkan untuk mengikuti ujian praktik.

    Ujian praktik dilakukan di area Polres Cilacap bagian luar. Dalam ujian praktik, usahakan kaki Anda tidak turun menyentuh aspal, dan menyenggol pembatas.

  11. Ambil SIM baru Anda di loket 5 “Pengambilan SIM”.

    Setelah mengikuti serangkaian ujian, dan dinyatakan lulus, serta telah melunasi pembayaran, Anda akan dipersilahkan untuk mengambil SIM baru di loket 5 “Pengambilan SIM”.

Advertisements

Aplikasi SIM Online Cilacap

Untuk proses perpanjang & pendaftaran SIM Cilacap, kini dapat dilakukan secara online melalui sebuah aplikasi. Melalui aplikasi tersebut, Anda akan lebih mudah untuk melakukan proses perpanjangan SIM. Aplikasi tersebut dapat Anda akses melalui smartphone dengan mendownloadnya melalui tombol di bawah ini.

Setelah berhasil mendownload dan menginstalnya di smartphone, lakukan pendaftaran dengan menginputkan nomor telepon aktif, dan data yang diperlukan.