Biaya SIM Cianjur Serta Syarat & Tes Nya

SIM  Cianjur – SIM harus dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan baik sepeda motor, mobil, angkutan umum, dan jenis kendaraan umum lainnya. Dengan memiliki SIM, berarti Anda telah memiliki pemahaman dan ketrampilan berlalu lintas yang baik.

Advertisements

Berapa biaya pembuatan SIM di Cianjur?

Biaya pembuatan SIM motor Cianjur adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Cianjur adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya-biaya lainnya seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Berikut ini akan kami bahas mengenai beberapa hal tentang SIM di Cianjur.

Advertisements

Lokasi Polres Cianjur

Bagi Anda yang ingin membuat SIM baru, bisa langung datang ke Polres Cianjur yang berada di Jl. KH Abdullah Bin Nuh, Nagrak, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jika Anda dari arah utara, letak Polres Cianjur ini kurang lebih 500 m ke selatan dari Kantor DPRD Kabupaten Cianjur.

Untuk lebih tepat, Anda bisa klik maps berikut ini.

Tes SIM Online Cianjur

Agar bisa mendapatkan SIM di Cianjur, Anda harus dinyatakan lulus dari beberapa tes ujian yang dilaksanakan di Polres. Beberapa tes yang dilakukan pada saat pembuatan SIM antara lain tes teori dan tes ujian praktik.

Agar lulus dari kedua tahap tes tersebut, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Untuk lulus tes teori SIM, Anda bisa mencoba untuk mengerjakan berbagai macam soal ataupun mengikuti simulasi tes SIM online seperti yang sudah kami sediakan ini.

Pada tes SIM online kami ini, terdapat 30 soal yang sering muncul pada saat ujian teori pembuatan SIM. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk belajar.

Jika Anda ingin mengikuti simulasi tes SIM online tersebut, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Kendaraan Bermotor Cianjur

Biaya pembuatan serta perpanjangan SIM di Wilayah Cianjur hanya terdiri dari biaya pencetakan SIM yang tarifnya telah ditentukan oleh pemerintah.

Tarif pembuatan dan perpanjangan SIM berbeda antara mobil dan motor. Berikut penjelasannya.

Biaya Pembuatan SIM Baru Cianjur

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Biaya Perpanjangan SIM Cianjur

Biaya perpanjangan SIM motor Cianjur adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Cianjur adalah Rp. 80.000. Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM motor dan mobil di Cianjur.              

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat keterangan kesehatan dari dokter.

Syarat Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Cianjur

Syarat administrasi untuk perpanjangan SIM di Cianjur, antara lain:

  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Fotocopy KTP 2 lembar
Advertisements

Untuk surat keterangan sehat dari dokter, Anda bisa mengurusnya di layanan pemeriksaan kesehatan yang ada di Polres. Namun terkadang terlalu banyak orang yang juga mengurus SIM di sana, sehingga antrian menjadi panjang.

Anda bisa meminta surat keterangan sehat di puskesmas ataupun layanan kesehatan lainnya yang ada di Polres.

Cara Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Cianjur

  1. Datang ke Polres Cianjur.

    Langkah pertama adalah silahkan bawa semua berkas yang diperlukan untuk pembuatan SIM ke Polres Cianjur. Untuk lokasi pembuatan SIM ada di Satpas Polres Cianjur yang berada satu area dengan Polres Cianjur.

  2. Minta surat keterangan kesehatan dari dokter.

    Setelah itu, silahkan menuju ke layanan kesehatan yang ada di Polres Cianjur untuk minta surat keterangan kesehatan dari dokter. Atau Anda juga bisa meminta surat keterengan kesehatan dari layanan cek kesehatan yang ada di luar Polres Cianjur.

  3. Lakukan pendaftaran pembuatan SIM baru.

    Setelah itu, bawa surat keterangan kesehatan dan fotocopy KTP ke Loket Pendaftaran untuk daftar SIM baru. Setelah berkas dinyatakan memenuhi syarat, silahkan isi formulir pendaftaran yang diberikan oleh petugas.

  4. Ikuti ujian teori di Ruang Uji Teori Avis.

    Setelah itu, silahkan menuju ke ruang uji teori untuk mengikuti tes teori pembuatan SIM. Tes teori tersebut berupa soal tentang lalu lintas yang harus Anda kerjakan. Skor terendah yang harus Anda peroleh agar lulus pada tahap ini adalah 70.

  5. Ikuti ujian simulasi di Ruang Simulator.

    Setelah lulus ujian teori, selanjutnya menuju ke Ruang Simulator untuk mengikuti ujian Simulasi ketrampilan mengemudi. Anda harus mendapatkan surat lulus dari ujian Simulasi ini untuk bisa lanjut ke tahap ujian praktik.

  6. Ikuti ujian praktik di Lapangan Ujian Praktik.

    Setela lulus Simulator, silahkan ikuti tes ujian praktik di lapangan ujian praktik yang ada di depan gedung Satpas Polres CIanjur. Pada ujian praktik tersebut, Anda harus melewati beberapa rintangan yang diujikan tanpa kesalahan apapun.

  7. Lakukan verifikasi data diri di Loket.

    Setelah lulus dari semua tes yang diujikan, silahkan menuju ke Loket Verifikasi dan Entri Data untuk melakukan verifikasi data diri Anda.

  8. Lakukan identifikasi data.

    Setelah verifikasi data selesai, silahkan menuju ke Loket Identifikasi Data yang ada di sebelah kanan Loket Verifikasi dan Entri Data dan serahkan berkas yang Anda dapat dari loket sebelumnya.

  9. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI.

    Lakukan pembayaran untuk penerbitan SIM di Loket BRI yang berada di sebelah kanan Loket Identifikasi Data.

  10. Lakukan foto SIM di Ruang Foto.

    Setelah semua input data selesai, silahkan menuju ke ruang foto untuk melakukan foto SIM, sidik jari, dan juga tanda tangan untuk data pada SIM Anda.

  11. Pergi ke Loket Penyerahan untuk mengambil SIM baru.

    Setelah itu, silahkan menuju ke Loket Penyerahan untuk mengambil SIM Anda yang sudah dicetak.

Aplikasi SIM Online Cianjur

Bagi Anda masyarakat Cianjur yang tidak bisa datang ke Polres Cianjur untuk memperpanjang SIM, kini tidak perlu khawatir. Karena Korlantas Polri kini telah menyediakan layanan perpanjangan SIM online melalui sebuah aplikasi.

Aplikasi tersebut sangat mudah digunakan dan bisa didownload melalui ponsel Anda. Selain menyediakan layanan perpanjangan SIM online, aplikasi ini juga menyediakan layanan ujian teori SIM online. Jadi Anda tinggal memilih kapan waktu datang ke Satpas Polres Cianjur untuk melakukan ujian praktik.

Untuk menggunakan layanan SIM online di Cianjur, silahkan download aplikasinya melalui link di bawah ini.