Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Ciamis Serta Syarat & Tes Nya

SIM Ciamis – Saat mengendarai kendaraan di jalan raya, pengendara tersebut harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Kepemilikan SIM menunjukkan bahwa pengendara tersebut telah memiliki kemampuan untuk berkendara di jalan yang sesuai dengan undang-undang lalu lintas di Indonesia.

Lalu berapakah biaya pembuatan SIM di Kabupaten Ciamis?

Biaya pembuatan SIM motor Ciamis adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Ciamis adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya-biaya lainnya seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang SIM di Ciamis.

Advertisements

Lokasi Satpas Polres Ciamis

Tempat perpanjang SIM dan pembuatan SIM baru untuk wilayah Kabupaten Ciamis dilakukan di Polres Ciamis. Lokasinya berada di Jl. Jend. Sudirman No.271, Sindangrasa, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Letak Polres Ciamis ini kurang lebih sekitar 650 meter ke barat dari Samsat Ciamis. Untuk lebih jelas mengenai lokasi tepatnya, silahkan lihat peta di bawah ini.

Tes SIM Online Ciamis

Salah satu tes yang akan Anda ikuti pada saat pembuatan SIM adalah tes ujian teori. Ujian teori pembuatan SIM berisi 30 soal tentang tata cara berkendara dan juga aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia.

Untuk lulus tes teori ini, Anda harus mengerjakan beberapa contoh soal, agar Anda bisa memperoleh setidaknya skor minimum, yaitu 70.

Untuk itu, Anda bisa mencoba mengerjakan tes simulasi online yang telah kami siapkan. Simulasi tes sim online ini cukup mudah, Anda hanya klik jawaban yang menurut Anda benar dan skor pun akan muncul pada akhir tes nanti.

Segera ikuti simulasi tes sim online tersebut dengan klik tombol berikut ini.

Advertisements

Biaya SIM Kendaraan Ciamis

Biaya yang dikeluarkan pada saat pembuatan dan perpanjangan SIM di Kabupaten Ciamis telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 2016 tentang PNB SIM.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat tes kesehatan

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Ciamis adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Ciamis adalah Rp. 80.000. Berikut tabel tarif perpanjangan SIM motor dan mobil di Ciamis.

Jenis PembayaramBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat tes kesehatan

Syarat Pembuatan SIM Kendaraan Ciamis

Berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan SIM di Polres Ciamis, antara lain:

  • Memiliki KTP
  • Mengisi formulir permohonan
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  • Usia minimal 17 tahun untuk SIM C dan SIM A
  • Berpenampilan rapi dan bersepatu (tidak boleh memakai sandal)
Advertisements

Cara Pembuatan SIM Kendaraan Ciamis

Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan SIM di Polres Ciamis:

  1. Lakukan tes kesehatan di puskesmas atau klinik terdekat.

    Pertama, datang ke puskesmas ataupun klinik terdekat untuk membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

  2. Datang ke Polres Ciamis

    Bawa semua berkas ke Polres Ciamis seperti KTP dan juga surat keterengan sehat yang Anda peroleh dari dokter.

  3. Pergi ke Loket Pendaftaran untuk menyerahkan semua berkas persyaratan.

    Serahkan semua berkas ke petugas Loket Pendaftaran untuk dicek. Setelah itu, isi formulir permohonan untuk pembuatan SIM. Kemudian, tunggu hingga petugas selesai memasukkan data Anda ke komputer.

  4. Lakukan identifikasi data di Ruang Foto.

    Setelah itu, silahkan lakukan proses identifikasi data berupa foto, sidik jari, dan juga tanda tangan oleh petugas.

  5. Lakukan tes teori di Ruang Uji Teori.

    Silahkan menuju ke Ruang Uji Teori untuk mengikuti tes teori pembuatan SIM. Tes teori tersebut berupa soal yang pengerjaannya dilakukan di komputer. Untuk lulus tes teori, Anda harus mendapat skor paling rendah 70.

  6. Lakukan tes simulasi ketrampilan berkendara.

    Setelah ujian teori lulus, Anda akan diminta untuk mengikuti ujian simulasi. Ujian simulasi ini dilakukan untuk menilai kesiapan dan pemahaman Anda dalam berkendara sebelum terjun langsung ke lapangan.

  7. Lakukan tes praktik.

    Bagi Anda yang lolos ujian simulasi, Anda akan diarahkan ke lokasi ujian praktik yang ada di belakang Polres. Ujian praktik ini dilakukan dengan cara mengendarai kendaraan untuk melewati rintangan-rintangan yang ada pada lokasi ujian praktik tersebut.

  8. Ambil SIM di Loket Penyerahan.

    Setelah lulus dari ujian praktilk tanpa kesalahan apapun, Anda bisa menuju ke Loket Penyerahan untuk menerima SIM Anda yang sudah dicetak.

Aplikasi SIM Online Ciamis

Bagi Anda yang sudah memasuki jatuh tempo perpanjangan SIM namun tidak bisa mengurusnya, Anda tidak perlu khawatir. Karena sekarang ini Anda bisa melakukan perpanjangan SIM online melalui aplikasi dari Korlantas Polri.

Aplikasi SIM online tersebut memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan terutama bagi orang yang memiliki kesibukan sehingga tidak bisa datang ke Polres.

Todak hanya perpanjangan SIM, aplikasi ini juga menyediakan pendaftaran SIM dan pelaksanaan tes teori SIM secara online.

Agar bisa menggunakan aplikasi SIM online tersebut, Anda harus download dulu aplikasinya dengan cara klik tombol di bawah ini.