Biaya SIM Brebes Serta Syarat & Tes Nya

SIM Brebes – SIM adalah salah satu kelengkapan surat berkendara yang harus dimiliki bagi setiap pengendara. Karena dengan memiliki SIM berarti pengendara tersebut telah memenuhi salah satu persyaratan tentang berkendara yang telah diatur di dalam Undang-Undang.

Advertisements

Berapa biaya pembuatan SIM di Brebes?

Biaya pembuatan SIM C (motor) Brebes adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM A (mobil) Brebes adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Satlantas Polres Brebes

Tempat pembuatan SIM di Kabupaten Brebes adalah di Satlantas Polres Brebes, alamatnya di Kaumanbaru, Brebes, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lokasi Satlantas Polres Brebes berjarak kurang lebih 1.7 km ke barat dari Polres Brebes.

Sebelum menuju ke Satlantas Polres Brebes, sebaiknya Anda ke puskesmas dulu untuk mengurus Surat Keterangan Sehat yang menjadi salah satu persyaratan untuk membuat SIM di Brebes.

Tes SIM Online Brebes

Penerbitan SIM bisa dilakukan jika Anda dinyatakan lulus dari beberapa tahapan tes yang diujikan. Salah satu tahap tes tersebut adalah ujian teori. Untuk bisa lulus ujian teori, Anda harus bisa mendapatkan skor minimal 70.

Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan cara banyak latihan mengerjakan soal ujian teori pembuatan SIM. Untuk lebih mudahnya, kami telah menyiapkan simulasi tes SIM online yang bisa Anda ikuti.

Simulasi tes SIM online ini berisi soal-soal tentang tata cara berkendara dan peraturan lalu lintas yang biasanya muncul saat ujian teori di Satlantas. Silahkan klik tombol di bawah ini untuk memulai simulasi tes SIM online tersebut.

Biaya SIM Brebes

Tarif pembuatan SIM dan perpanjangan SIM yang berlaku di Brebes adalah tarif resmi yang telah diatur oleh pemerintah.

Berikut adalah tarif PNBP SIM menurut Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 yang berlaku di Brebes.

Biaya Pembuatan SIM Baru Brebes

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Brebes

Biaya perpanjangan SIM motor Brebes adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Brebes adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani.

Syarat Pembuatan SIM Brebes

Beberapa persyaratan untuk membuat SIM di Brebes adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 17 tahun untuk SIM A dan SIM C
  • Fotocopy KTP
  • Pas Foto
  • Surat Sehat Jasmani & Rohani
Advertisements

Cara Pembuatan SIM Brebes

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat SIM di Brebes:

  1. Buat Surat Keterangan Sehat di Puskesmas atau Klinik terdekat.

    Pertama, datang ke puskesmas atau klinik untuk membuat Surat Keterangan Sehat dari dokter.

  2. Datang ke Polres Brebes & Serahkan berkas ke Petugas di Sebelah Kiri Pintu.

    Bawa seluruh berkas pembuatan SIM ke Polres Brebes. Kemudian serahkan berkas ke petugas yang ada di sebelah kiri pintu masuk. Setelah berkas lengkap, petugas akan memberi formulir beserta map kepada Anda. Isi formulir tersebut di meja pengisian formulit yang disediakan.

  3. Pergi ke Loket Pembayaran untuk bayar PNBP SIM.

    Setelah itu, serhakan berkas ke petugas Loket Pembayaran yang ada di sebelah kanan meja pengisian formulir. Setelah berkas lengkap, silahkan lakukan pembayaran PNBP SIM. Untuk pembayaran dilakukan dengan cara nontunai.

  4. Lakukan pendaftaran di Loket Pendaftaran.

    Kemudian bawa berkas ke Loket Pendaftaran. Serahkan berkas tersebut ke petugas Loket. Setelah itu, Anda akan diberi nomor antrian untuk menuju ke Loket berikutnya.

  5. Lakukan pengambilan foto, tanda tangan, & sidik jari di Ruang Pengambilan Foto.

    Setelah sampai pada nomor giliran Anda, silahkan menuju ke Ruang Pengambilan Foto. Selain pengambilan foto, di ruang tersebut, Anda juga akan melakukan tanda tangan dan sidik jari.

  6. Pergi ke Ruang Uji Teori Avis untuk mengikuti ujian teori.

    Kemudian,  sialhkan mengikuti ujian teori di Ruang Uji Teori Avis. Pengerjaan ujian teori tersebt berbasis audio visual. Setelah ujian, petugas akan mengumumkan hasil ujian. Jika dinyatakan lulus, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap tes selanjutnya.

  7. Pergi ke Lokasi Uji Praktik untuk melaksanakan ujian praktik SIM.

    Setelah itu, tunggu hingga petugas akan memanggil Anda untuk mengikuti ujian praktik di Lokasi Uji Praktik. Sebelum ujian, petugas akan menyampaikan prosedur untuk mengikuti ujian praktik.

  8. Tunggu hinggapetugas memanggil Anda untuk melakukan pengambilan SIM.

    Setelah lulus dari semua tahap ujian, tunggu beberapa saat hingga proses pencetakan SIM selesai. Jika SIM sudah jadi, nama Anda akan dipanggil oleh petugas untuk mengambil SIM.

Aplikasi SIM Online Brebes

Masyarakat Brebes kini tidak perlu datang ke Satlantas Polres Brebes untuk melakukan perpanjangan SIM. Karena Korlantas Pol telah meluncurkan sebuah aplikasi SIM online yang memiliki beberapa fitur untuk mempermudah masyarakat dalam menggunakan layanan SIM.

Selain perpanjangan SIM, ada juga layanan tes teori online. Sehingga pendaftaran dan tes teori bisa dilakukan di rumah, Anda tinggal memilih jadwal kedatangan ke Satlantas Polres Brebes untuk melakukan ujian praktik.

Silahkan download aplikasi SIM online dengan klik tombol berikut ini.